Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 20, 2014

cerita dibalik kisah journey to the west


Kota Xi’an adalah kota yang tidak boleh dilupakan ketika berwisata ke Cina. Perpaduan antara masa lalu dan masa kini. Selain ada Kampung Muslim dan Terracotta Warrior, kota ini mempunyai pagoda yang luar biasa megah yaitu Giant Wild Goose Pagoda.

Pagoda ini menjadi sangat special karena Xuan Zang ( Tong Sam Chong ) belajar menjadi seorang biksu di tempat ini. Kalau ada kisahnya mengenai perjalanan ke Barat ( India ), pada dasarnya kejadian itu memang betul-betul terjadi tapi tanpa bantuan Sun Go Kong dan juga Ti Pat Kay ataupun Sah Cheng.


Menyimak kisah aslinya ternyata sangat menarik untuk dibaca. Xuan Zang pergi ke Barat karena tidak lengkapnya kitab-kitab yang ada di Tiongkok, tidak tersedianya kitab-kitab penting aliran tertentu dalam bahasa Cina maupun terjemahan yang tidak akurat ditambah lagi masing-masing penerjemah memiliki pengertian yang berbeda atas kitab aslinya. 

Akhir ceritanya, Xuan Zang berhasil mendapatkan yang ia inginkan dan kembali ke Tiongkok dengan selamat setelah memakan waktu selama 16 tahun mengembara. Gelar yang diterimanya di India ketika menguasai seluruh kitab suci agama Buddha beserta setiap artinya  yaitu  “San Zang” ( Tripitaka ). Gelar ini diberikan ketika seseorang berhasil menguasai sedikitnya 50 kitab Buddhis.


Kali itu, gue sama sekali gak masuk ke pagodanya, hanya sempat mengabadikan moment tersebut didepannya saja. Prioritas tour waktu itu lebih ke Terracotta Warrior. Yah lumayan lah daripada gak mampir sama sekali.

2 komentar:

  1. Halo saya egritha. Mau nanya cara ke zhengzhou dari xi'an gimana ya?
    Saya tiba di xi'an dari Medan-Indonesia jam 11 malam. Masih bisakah dapat train?
    Satu lagi amankah naik taksi di xi'an ke train station di tengah malam?

    BalasHapus
  2. berikut link nya : http://www.chinatrainguide.com/stntostn.php

    kalau saya lihat schedule nya, paling malam ada jadwal hampir jam 12 malam, jadi masih bisa, tapi apa gak mepet ? itu harus di kroscek lagi.

    pengalaman saya naik high speed railway rutenya dr beijing ke zhengzhou lalu dari luoyang ke xi an jadi gak langsung dari zhengzhou ke xi an atau sebaliknya.

    Dan waktu keberangkatannya itu tepat, jadi pastikan waktunya gak terlalu mepet, bisa2 malah ketinggalan kereta.

    untuk taxi saya belom pernah coba, tapi saya pikir aman-aman saja kalau tidak ada kendala bahasa. semoga membantu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...