Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 06, 2015

pengalaman menginap di old penang guesthouse

Seminggu sebelum berangkat ke Penang, akomodasi masih belum dibooking. Masih nyari yang murah tapi pandangan pertama udah suka sama Old Penang Guesthouse yang berada di Love Lane-Georgetown.


Cuman untuk kamar private di tanggal segitu yang available hanya kamar twin bed yang otomatis gue musti bayar untuk 2 orang padahal kali itu gue sendiri. Gue pikir lagi ya sudahlah, bangunannya antik dan gue suka banget. Selain itu gue baru pertama kalinya solo traveling, masih meraba-raba, belom berani nginep di dorm yang campur sama penghuni laen. Parno takut kenapa-napa dan takut gak bisa tidur juga. Singkat cerita jadilah gue booking guesthouse-nya.

Hari-H, gue udah standby peta dan petunjuk ke guesthouse-nya dari bandara di Penang. Tunggu punya tunggu, bis yang direkomendasiin kagak ada. Bingung dong, mau keluar bandara aja gak ngerti gimana. Sampe akhirnya beberapa supir bis bilang kalo petunjuknya salah dan suruh naek bis yang ada aja menuju Komtar. Dari situ baru lanjut lagi ke guesthouse-nya. Okelah daripada kelamaan di bandara.


Sambil naik bis, sambil argumen dong sama supirnya, masa iya sih guesthouse-nya salah kasih petunjuk. Pada akhirnya gue dikasih free naik bis-nya. Entahlah, siapa yang salah.

Perjalanan menuju Komtar ± 1 jam. Bayangin tuh kalo bengong di bandara, mau nyampe kapan atau mencoba naik taksi mau berapa duit?

Sampe Komtar, bingung juga mau naik bis yang mana, semua bis yang gue coba mau naikin pada bilang enggak melulu, padahal dari tulisannya mengarah ke sana. Kesel banget dah, ini gimana? Mana perut udah laper. Sampe ada yang kasih tahu kalo bis menuju Georgetown, antrinya di depan terminal sambil ditunjukin.


Ngantrilah gue sambil bengong, mana nih bis-nya gak ada yang lewat. Setelah lihat yang laen juga pada antri, akhirnya gue rada tenang sedikit, berarti mereka juga menuju arah yang sama. Bis datang, ternyata bis-nya tuh hop on hop off free, naek gratis bisa turun dimanapun di area Georgetown. Kebingungan masih berlanjut, turun di mana ini?

Nanyak supir, kagak digubris, masa dia asik aja pacaran. Mampus gak tuh orang? Sambil ngira-ngira aja, akhirnya turun entah di mana. Terus nanya-nanya orang yang ada di jalan, pada gak ngerti guesthouse yang gue maksud. Parah gak sih? Padahal itu daerahnya mereka dan dia juga tinggal di situ.


Ada kali nanyak 5 orang dan bengong. Okelah, cari sendiri aja, gue yakin udah deket kok. Nemu beberapa objek yang emang bakal gue explore besok. Ah, senangnya..Penang, here I am. Petualangan baru akan dimulai tapi sebelom itu penginapan harus nemu dulu.

Akhirnya ketemu jalan Love Lane tapi masih gak lihat guesthouse-nya. Gue udah mau gila aja. Apa peta-nya salah apa gimana? Sampe penghujung jalan masih gak nemu juga. Akhirnya gue ngerti, pasti ujung jalan satunya lagi dan bener. Omaigat...gini kali ya kalo solo traveling, seru-seru gimana gitu.


Gue lihat juga 7 Eleven dari kejauhan, ah nyampe juga nih tapi di pinggir jalan banyak orang jualan jadi gue makan malam dulu aja daripada bolak-balik lagi. Gue tertarik dengan Mie Wonton dan pesan minumnya Es Tebu. Beres makan nemu martabak, beli juga buat dimakan di guesthouse. Tinggal jalan dua tiga ratus meter, ketemu 7 Eleven terus belok kanan dan Old Penang Guesthouse di depan mata. Muka lusuh ngantuk tapi mulut takjub dan tangan udah pegang kamera aja.

Foto-foto dong depan guesthouse. Hampir aja orang yang jaga guesthouse-nya ngusir gue gara-gara foto bangunannya. Orang India. Untungnya gue keburu masuk. Dalam hati, begitu amat ya. Cek in lah gue sambil diminta passport buat difotokopi sama dia, bayar pelunasannya dan dia ngoceh password wifi dan peraturan guesthouse. Terus dia nanya, kenapa gue booking kamar twin padahal gue sendiri dengan muka curiga gitu? Gue balikin aja nanya, emangnya ada kamar single yang available? Kalo ada, gue mau. Dia bilang gak ada dan dijelasin takutnya gue malem-malem bawa pengunjung gelap. Gue tiba-tiba ilfil sama si India ini. Gak sopan banget sih nih orang. Sampe begitu amat...


Beres cek in, gue masuk dan jalan ke arah tangga dan buka sepatu. Pilih sandal yang disediakan dan naik ke lantai 2.  Peraturannya lantai 2 harus steril dari sepatu.


Masuk kamar, baru bisa bernafas lega. Nyoba-nyoba wifi konek dan akhirnya mandi deh. Kamarnya sih luas cuman pengap soalnya gak pake jendela. Beres mandi langsung tidur, siap-siap buat besok explore Penang. Oya, kamar mandinya di luar banyak berjajar gitu.


Paginya, gue sarapan roti tawar dengan jam plus nge-teh. Sebelom check out, gue sempet beli tiket bis menuju KL. Guesthouse-nya ada kerjasama sama travel, jadi tengah malam dijemput di guesthouse gak pake telat. Beberapa hal teknis, gue tanya sama si India ini, dia jawab semua yang menjadi pertanyaan gue tapi ya itu mukanya gak ramah, gak ngerti kenapa. Gak lupa gue minta dibalikin uang deposit. Ya, nginep di sini diminta deposit, pas check out baru dibalikin. Rada lebay juga sih, hotel bintang aja gak selalu pake deposit kan?

Setelah titip bekpek, gue langsung ngebolang Georgetown in shoestring. Pokoknya seru lah, secara cuman modal jalan kaki doang.


Sekitar jam 10 malem udah sampe di guesthouse lagi dan receptionist-nya beda orang, ini lebih gak ramah, gue bilang mau tunggu bis menuju KL, nanti katanya dijemput di sini. Langsung dong dia bentak-bentak, what kind of bus, I don’t know bla bla bla…

Orang mah, tanya dulu kali yang bener, udah maen gak mau tahu aja. Akhirnya gue jelasin, tadi malam gue nginep di sini, bekpek juga gue titip di sini dan tadi pagi gue beli tiket bis ke KL di sini juga sambil kasih lihat tanda terima pembayarannya. Baru dia bilang, ok-ok, masuk aja ke dalam. Dooh...spaneng...


Pengennya gue juga mandi dulu, beberes bekpek tapi lihat dia begitu, bikin ilfil. Ntar ditagih biaya mandi lagi. Sambil dia asik nonton acara India di TV, gue akhirnya memberanikan diri untuk mandi. Abis udah seharian di jalan, badan rasanya gak enak. Ada kali mandi 2 menitan plus keramas pula dan buru-buru duduk lagi di ruang tamu. Dia aja lihat-lihat ke belakang mulu, geli banget. Lumayan lah, badan kena air, tinggal tunggu dijemput aja deh.  


Pengalaman nginep di hostel yang punya penilaian yang baik dari Tripadvisor ternyata gak jaminan walau rata-rata punya komen yang baik. Selain itu, segala sesuatu yang udah punya nama, biasanya harganya lebih mahal. Kebersihan memang baik, pagi-pagi karyawannya udah ngepel tapi kemaren sempet ngecek di Tripadvisor, ada tamu yang bentol-bentol digigit bedbug ( ada fotonya ). Jadi bersihnya sebatas apa? Di lantai 2, alasnya pake kayu, kalo malam ada orang lalu lalang itu berisik dan pastinya kedengeran dari kamar. Hospitality? Zero. Value for money? Banyak hostel yang lebih murah di daerah Love Lane dengan bangunan tua yang antik juga. Recommended engganya, tergantung masing-masing orang tapi kalo gue, sepertinya mending enggak.


How to get Georgetown from Airport :
1. Bus apa pun jurusan Komtar.
2. Sampai di Komtar, naik hop on hop off bus, free of charge. 

What to do in Penang :
1. Coba kuliner food streetnya seperti Asam Laksa & Mie Wonton. 
2. Menyusuri temple, gereja dan museum dengan bangunannya yang antik dengan berjalan kaki. Hampir semua objek berada pada jarak yang berdekatan.
3. Kalau capek jalan kaki ada becak hias, hanya saja sebelum naik harus menawar dulu.
4. Beberapa heritage mengharuskan pengunjung membeli tiket masuk seperti Blue Mansion, Museum Peranakan, Leong San Tong Khoo Kongsi dan Kek Lok Si Temple tapi itu semua worth it.
5. Ngopi-ngopi cantik di café sore harinya.
6. Waktu seharian mengunjungi Penang sudah lebih dari cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...