Akhir-akhir ini gue sering
menemukan, katakanlah tempat makan entah itu kedai, gerobak, restaurant atau
apapun itu namanya yang mempunyai pelayanan sangat buruk. Biasanya, orang
cenderung untuk gak balik lagi ketika ada suatu hal yang tidak menyenangkan yang
terjadi pada saat makan atau sesaat sebelum makan. Bahkan kita bisa
mengurungkan niat untuk makan ketika dari mula ada sesuatu yang gak sreg.
Ngulik dari acara Detektif Rasa
yang ada di TV, i’m not the biggest fans of the show. Sering nonton iya, sambil
mantengin acara lain yang lebih ok. Sesekali kalo lagi iklan baru gue pindahin
ke channel ini. Formatnya sih standart dan agak terlalu lebay dengan
kualifikasi penilaian dari tempat, penampilan, harga & rasanya. Nah,
seringnya udah icip-icip sambil merem melek makan enak, score untuk rasanya
cuman 7. Nah, kalo yang puntennya 9 gimana? Udah ngejengkang kali dari kursi.
Memang betul, point-point tadi
bisa menjadi tolak ukur dalam menilai suatu tempat makan tapi gak terlalu jaminan
juga. Adapun penilaian gue untuk makan dari yang paling krusial adalah sbb :
1. Service
2. Cita
rasa
3. Atmosphere
4. Harga
5. Promosi
Service adalah segalanya. Bukan
merasa sok artis tapi masa iya kalah sama pelayanan Indomaret dengan Sapa,
Salam, dan tawaran isi pulsanya?
Cita rasa tentu saja penting.
Rasa gak enak atau ala kadarnya ya jangan terlalu berharap datang lagi. Atau
rasanya biasa aja tapi murah? Bisa jadi pertimbangan.
Suasana lumayan penting, terlalu
sepi juga bikin males datang kan, dengan curigation gak laku nih. Terlalu rame sampe waiting list? Tergantung.
Biasanya gue males antri, mending cari yang bisa buat cepet makan apalagi kalo
udah kelaparan tingkat dewa. Dalam kondisi gak terlalu lapar dan tempat
makannya worth it, gue rela antri, tapi jarang gue lakukan.
Mengenai harga, kalo ada duit gak
pernah mikir untuk urusan makanan. Kalo gak enak atau kurang dari ekspektasi ya
besok-besok gak lagi, kalo mahal tapi enak, sesekali gak apa-apa.
Promosi sih bagus kalo ada, kalo
gak ada ya udahlah.
Kemarin banget nih, gue iseng pengen
makan pisang goreng di pinggir jalan. Bikinnya cuman pisang diiris tipis-tipis,
digoreng lalu dimasukin ke box terus dikasih topping standart. Sepertinya baru
beberapa hari jualan. Gue datang lihat-lihat, gak ada sapaan sopan atau senyum,
ibaratnya lo mau beli sukur, enggak ya udah. Dalam hati udah males deh, pengen
banget gak jadi beli. Ya seengganya lah tanya mau yang rasa apa? Berapa box?
Ini asik aja bikinin buat pelanggan yang laen.
Sampe akhirnya gue bilang mau
yang rasa A, satu box, baru deh dia bergeming. Ampun dah. Terus, pesanan 2 box orang
lain udah selesai, pas orangnya bayar, dia gak ada kembalian. Jadilah yang
beli, cari-cari duit kecil dulu entah ke mana.
Giliran gue lagi dibikinin, pas
mau bayar sama juga gak ada kembaliannya dengan muka kesel gitu karena yang
bayar pakai duit gede semua. Langsung aja gue tinggalin tanpa pengen gue
cari-cari duit kecil. Udah jutek, gak mau ngembaliin dan taruh box pisang
gorengnya gak kasih ke tangan gue. Ditaruh aja di mejanya dia. Gak niat jualan
banget.
Lagian kalo gue itung, hasil
penjualan dari 2 box sebelumnya ditambah 1 lembar lima ribuan bisa jadi
kembaliannya. Lah masa jualan gak nyimpen uang kecil buat modal kembalian.
Pernah juga beli nasi kuning
langganan, entah kenapa sambil kasih nasinya sambil bilang, “Nih…” Dari situ
gak pernah beli lagi walaupun rasanya ngangenin.
Itu baru yang di gerobak aja loh,
udah pada songong. Buset…
Kue cubit yang dijual di pinggir
jalan adalah kue favorit gue sepanjang masa, ketika dijual di mal, harganya selain
meningkat drastis, rasanya kadang sama aja tapi terkadang suka beli juga karena
pengen tahu rasanya kayak apa. Nah, deket tempat tinggal gue yang sekarang, ada
jual kue cubit ala-ala Jepang gitu, namanya Taiyaki. Ya, gue pengen coba dong.
Baru masuk kedainya, dia langsung bacot, “Maap, ini buat pesenan, untuk jual
eceran belom buka.” Maksudnya apa coba? Ya, kan bisa bikinin satu buat gue.
Aneh gak sih? Gak pernah ke situ lagi.
Ada kedai vegetarian, gue
sesekali nyobain. Pas ke sana, mbaknya lagi nyapu, gue pesen dong, minta
dibungkus. Eh, diem aja. Gue panggil lagi dong, disautin,”Iya, bentar kenapa.”
Sinting gak sih, nyaut enggak, tau-tau udah ngedumel. Apa yang kayak begini
dijadiin langganan?
Pernah makan mie ayam
engko-engko, kali itu nyobain pakai baso dan pangsit. Pas, gue bayar mendadak
aneh, kok harganya gak sesuai. Setelah ditanya, mau tahu jawabnya apa? Ya, itu
kan basonya kelebihan jadi harus bayar. Lah, emang siapa yang minta baso lebih?
Kalo satu porsi basonya harus 2 ya kasih 2 aja. satu porsi harganya sekian ya
harus sama. Betul kita harus makan sesuai yang kita makan tapi kan gak gitu
juga.
Masih berurusan dengan kedai mie
tapi beda tempat, gue udah langganan dari jaman kedainya masih kecil sampai
pindah tempat lebih gedean. Karena pindah tempat, menunya ganti. Sekarang ada
mie ukuran S, M dan L kek ukuran baju. Waktu itu gue pesen ukuran S karena
masih agak kenyang dan cuman kangen aja pengen makan mie ini. Pesanan datang,
kok lumayan banyak ya? Dalam hati, wah ini baru kedai mie, beberapa tahun
berlalu rasanya gak berubah. Bencana datang pas mau bayar. Gue dicharge untuk
mie ukuran M yang tentunya pasti lebih mahal. Gue protes dong, trus jawaban
mbak waitressnya dong menohok hati, “Ya, kalo cowo makan yang ukuran S gak
bakalan kenyang jadi saya pesenin yang ukuran M.” Gue gak tahu deh, mbak ini
apa emang IQ-nya di atas rata-rata ya? Kayak kasus cerita sebelumnya banget.
Sebagai pelanggan yang makanannya sudah habis dimakan ya harus bayar. Apa ini
penipuan jenis baru gitu, biar omzet naik? Mau kesel juga gimana toh makanannya
udah di perut. Maunya ya pesen A, datang A, bayar A. Gue gak mau pesen A,
datang B, bayar B. Kejadian kek gini pernah terjadi di beberapa tempat makan
lain. Gimana kalo terjadi sama elo? Mau marah? Aneh lagi, kesannya kita udah
makan gak mau bayar.
Ok, memang itu skalanya rumahan,
what do you expect. Tapi gue sering makan restaurant yang ada di mal, yang
beberapa gue posting di blog ini. Ketika melihat sesuatu yang gak sreg, gue
yakin gak lama lagi bakalan tutup dan akhirnya mereka tutup beneran. Bukan
nyumpahin tapi yang lain pun merasakan hal yang menyebabkan gak bakalan makan
di situ lagi dan pengunjung pun akhirnya sepi. Gak berarti semua yang gue
review jelek bakalan sepi juga sih, banyak faktor.
Usaha makanan memang
gampang-gampang susah. Nah, buat yang mau punya usaha makanan, harus bisa
maintain deh. Dari lokasi, rasa, harga dan pelayanan harus paripurna. Soalnya
kalo orang udah kecewa, gak bakalan datang lagi, lha wong tempat makan banyak
banget. Gak suka, simple, tinggal cari yang lain.
Dan yang gak kalah penting, bumbu masakannya jangan pake sianida ya! Hahaha...
Dan yang gak kalah penting, bumbu masakannya jangan pake sianida ya! Hahaha...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar