Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 26, 2011

hah MLM? no thx


Sejak jaman gue kuliah, udah banyak temen-temen yang sering ngajakin MLM. Semakin diajak semakin gue nolak. Gak tau ya, males aja dengan skema-skema yang makin ke bawah makin beranak pinak.

Kalo mau jujur sih tertarik-tertarik juga sih sama benefit yang kita dapat, reward yang nanti bakal dicapai. Macem time freedom gituan deh...tapi musti rekrut orang, ketemu orang...m a l e s.

Yang paling ngeselin waktu itu janjian ama temen kuliah, katanya di tempat kerja dia ada lowongan. Oh, ya udah ketemuan...sekalian ngobrolin. Ok deh akhirnya ketemu di mal...

Jenjreng...dia dateng sama 2 temennya yang gue gak kenal. Gue pikir ya udah lah, masih positif nih otak. Trus bangkunya ada 4, di sebelah gue duduklah temennya itu. Posisi gue di sebelah dalem. Dan temen gue & satu temennya lagi duduk di seberang gue. Gue kejepit dong? Dari posisinya aja udah ga nyaman, trus tiba-tiba nanyak ini itu. Apaan sih?

Dan langsung keluarin kertas & mulai presentasi. Saat itu gue masi sadar dan gak ngikutin banget-banget. Dalem ati sialan nih temen gue, kok ngejebak gue kayak ginian. Bukannya mau nawarin kerja? Gue udah gondok aje. Mau keluar juga gak bisa, mau ditinggalin juga gak enak. Serba salah...

Temen gue tanpa berdosa malah ngikutin sepenuh hati presentasinya. Mau gak mau jadi perhatiin deh sambil ga konsen juga. Sial...

Ujung-ujungnya, mereka tanya tertarik gak? Mau ikutan gak? Untuk MLM yang ini bukan cuman ratusan ribu, tapi udah jutaan loh. Gue bilang aja gak ada duit, yah bisa jual-jual barang kan? seenak udel aja ngomongnya. Temen gue juga cuek aja gitu, malahan dari sorot matanya ngarep gue ikutan.

Akhirnya sih gue teteup nolak dan mereka akhirnya nyerah. Dan temen gue minta CV gue untuk dikasih bos nya tapi gak pernah ada panggilan, bahkan dari saat itu gue belom pernah ketemu lagi sama temen gue itu. What a wasting time...

MLM ini walaupun mahal tapi booming juga, banyak yang ikutan. Sodara gue juga ikut. Dan skalanya udah Nasional, apa Internasional ya? karena CEO nya orang luar semua.

Setelah bertahun-tahun, tanpa pernah diduga, pacar gue yang sekarang udah jadi mantan, ikutan dengan MLM yang sama. Bener-bener bikin jantungan. Pertamanya gue juga gak ngerti, tahu-tahu udah ada di satu pertemuan besar dengan orang-orang yang katanya sukses. Tepuk tangan gak berenti-berenti sewaktu mendengar kisah sukses mereka. Dan sewaktu di pertemuan kecil pun, mereka langsung nge push gue suruh join. Kapan lagi, ayo sukses bareng! Udah jangan tunda-tunda nanti ketinggalan jauh loh! Apa sih masalahnya, uang segitu gak ada artinya lah demi masa depan, anggap aja modal usaha...dahsyat deh dahsyat. Paling gak demen dalam situasi kayak gini, mana yang ngajak pacar juga kan waktu itu.

Akhirnya gue kabur dari pertemuan itu & ngambeg sama doi tapi dia malah gigih ikutan ngepush gue suruh ikutan, dengan iming-iming bakal sering ketemuan & juga sukses bareng.

Yah setelah dipikirin, walaupun berat banget akhirnya join juga gue. Ternyata kata-kata, "Bakal sering ketemuan" berhasil membius gue dengan sukses. *Menghela nafas

Karena udah join ya bener-bener fokus & semangat. Fokus mau dapet duitnya & semangat ketemu terus sama doi. Yeah...

Apalagi pas temen-temen deket gue, berhasil direkrut satu persatu. Gak gampang memang, tapi semakin pasti dan PD. Gak nyangka aja gue yang gak doyan ngomong jadi rajin bacot & tebel muka. Kadang merasa bukan gue, tapi cukup nikmatin juga.

Presentasi lancar...jagonya deh, langsung to the point bikin bagan cashflow quadrant-nya Robert T. Kiyosaki. Giliran nge push paling gue demen, sambil berkata dalam hati "Mampus lo, gue kerjain...pusing-pusing deh sono, awas aja lo kagak join" Hahaha...

Pengalaman paling memorable itu pas ajak ketemuan temennya temen gue, padahl baru ketemu sekali. Dan gue minta no telp nya sama temen gue. Dikasih dan langsung hubungin, ketemuan, presentasi dan saat itu juga join tanpa mikir-mikir. Langsung bayar...woah gila banget sepanjang sore itu senyum-senyum terus. Gak nyangka dan seneng aja.

Ada harga yang harus dibayar, well...kata mereka sih harus ada yang dikorbankan. Dari pulsa telpon, biaya nongkrong di cafe/ resto selama presentasi, waktu tidur & transportasi.

Capek banget memang, kadang nyampe rumah jam 01.00 pagi dan jam 08.00 udah mesti ngantor. Gak tiap hari memang, tapi badan berasa rontok.

Jangan pikir gara-gara ikutan ini, gue gak ribut sama pacar gue. Namanya juga MLM, kadang ada saatnya capek ngurusin down line. Mau sukses bareng, duitnya mau, usahanya enggak.

Dan gak selamanya indah juga, pernah juga di satu pertemuan kecil...up line-nya kita orang kumpul bareng dan marah-marah. Ngomong gini, "Kalian serius gak? Kenapa semua slow? Mau sukses bareng gak?" Yang gue gak ngerti kenapa dia marah-marah? Berasa budaknya dia jadinya. Kayak dewa aja nyuruh-nyuruh dan perintah-perintah. Kok gue ngerasa semakin gue menghasilkan, mereka juga dapet ya. Eh, pake acara marah-marah lagi. *Ada yang aneh perasaan.

Dari situ mulai eneq, dan up line-up line yang lain juga suka marah-marah, banyak kasus, banyak pertemuan, banyak ribut, banyak aturan, banyak yang quit termasuk down line gue. Semuanya juga proses, gak bisa maksa. Eh doi juga udah mulai males-malesan, gak kayak waktu pertama ngajak. Semua lesu, semua males... dan tiba-tiba down line musuhin gue.

Jenuh

Jenuh

Pengen sendiri dan balik lagi ke masa dulu sebelum join, mungkin bakal beda ceritanya.

Ya mana bisa, yang ada dijalanin aja kan. Tapi yang berasa males juga bukan cuman gue & doi. Up line juga udah jarang telpon. Udah jarang ada info-info terkini, padahal biasa gencar banget dan gak berenti-berenti tuh info. Ya udah dinikmatin aja. Anggap aja bulan-bulan tenang, sampe satu kali...

Ada desas desus

Desas

Desus

Dan berakhir di pertemuan dengan up line yang akhirnya menjelaskan kalo Perusahaan udah gak komit lagi kayak di awal, dan pimpinan tertinggi kita memutuskan untuk quit dari sini, tapi tenang aja bakal ada usaha lain yang bakal ngebawa kita lebih sukses dari yang sekarang karena kita juga gak tinggal diam. *Hah?

Sebelom ini terjadi juga udah nebak, dan gak kaget. Dan gak bakal ngerubah apa-apa. Down line juga udah gak mau tau. Jadi ya udah telen sendiri aja, gak capek musti koar-koar. Sedih? Enggak. Seneng? Biasa aja.

Bengong

Diam

Mencerna semuanya

Mencoba lapang dada

Sampai up line kembali ingin bertemu membawa MLM baru yang katanya bakal sukses *Skeptis.

Dateng aja *Sambil memicingkan mata. Liat, Denger, Oh. MLM dengan produk pembalut wanita yang harganya teteup pake juta-jutaan. Ayo join aja, tar langsung di bawah aku loh, udah pasti sukses. *Ok d. Join? no way hahahaha.

Semenjak MLM itu bubar, Cafe/ Resto tempat anak-anak nongkrong untuk 1 on 1 yang biasanya full presentasi langsung sepi. Bukan sepi pengunjung tapi udah gak ada yang presentasi lagi. Boro-boro ada si tukang nasi uduk yang bombastis yang katanya sukses, apalagi Nci-nci yang sukses yang down line langsung dari pimpinan tertinggi yang kemana-mana pake tas postman LV dengan suara nyaring mengarah ke jerit-jerit di waktu presentasi. Gak ada. Semua mati. Silent. Damai.

Pastinya sekarang sih anti banget sama MLM, dan kayaknya udah jarang orang ikut begituan. Gak diskriminatif juga. Banyak yang katanya sukses juga toh di bisnis ini. *Katanya.

Dengan biaya-biaya yang udah dikeluarin sama rewardnya sebanding? Belom tentu juga kan? Bisa jadi break even doang. Kalo ada produknya malahan bisa stokish kan. Nah kalo barangnya laku, kalo enggak, pake sendiri? Apa gak rugi? Barang yang ada dipasaran sama yang di begituan kan bedanya langit dan bumi.

Well, pikir bener-bener deh kalo mau ikutan. Apalagi dengan yang harganya jutaan. Banyak oknum yang jahat juga. Kalo enggak up line-nya yang gelo, ya perusahaannya yang tiba-tiba tutup.

Buat gue sih pembelajaran aja. Positif-nya gue jadi kuat dengan cibiran orang, lebih menghargai diri sendiri dan belajar karakter orang. Gak nyangka kan gue yang dulu dipresentasiin temennya temen gue, malah balik presentasiin temen-temen gue sendiri. Bener-bener gak nyangka. Dan gue jadi tau, gak gampang jadi seorang MLM sejati yang tahan banting karena akhirnya gue menyerah juga. Dan itu pilihan.

Sampe satu waktu, lama setelah dari peristiwa itu, gue nongkrong di cafe. Brand cafe-nya memang yang biasa waktu dulu kami presentasi, tapi daerahnya beda. Pas lagi makan kok denger suara jeritan yang familiar ya. Mau nengok tapi kok ragu. Kayaknya gak salah deh, yang punya suara itu mmhhh si penyandang tas postman LV...sambil nguping, dengerin dia jualin apa ya emhhhh ternyata produk pembalut wanita...hahahahhaha....Masih sanggup jalanin Nci?

Sampe sekarang gak kedengeran lagi tuh, gak pernah lihat & gak pernah diajak *Heh sotoy, emang kalo diajak mau lu...! Enggak siy, kapok bo!

Eh Nci, sukses ya...muachhhhh...

1 komentar:

  1. astaga.. ceritanya mendebarkan sekali.. hihihi *you are not alone..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...