Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 19, 2014

kenapa sih dengan merk-merk ini?


The Spaghetti House
Jaman gue kuliah, gue sering maen ke Citraland, Jakarta. Dan gara-gara temen gue doyan makan jadi tahu tempat makan enak. Waktu itu bisa makan McD atau A&W adalah suatu kesenangan dan juga kebanggaan. Apalagi bisa makan all you can eat adalah pesta bagi anak kost. Terus denger kabar kalo Spaghetti House (SH) lagi promo makan sepuasnya, ya udahlah, abis-abisan kita rongrong sampe titik darah penghabisan.

Dua, tiga kali datang, masih asik. Makanannya masih banyak yang bisa di order. Pas makan sama gank cowo-cowo, kita makannya gila-gilaan. Puas banget emang sampe dipelototin waiter-nya. Lah salah kita apa? Kita makan dan bayar kok. Kita mikirnya kalo gak mau promo all you can eat, ya udah jangan promo, kita gak bakal dateng. Simple.

Terakhir dateng, menu yang gak boleh di order buat all you can eat makin banyak. Mati deh. Udah gak asik nih dan akhirnya gak pernah ke situ lagi.

Gue gak pernah nyangka kalo akhirnya gue kerja di salah satu sister company-nya yang ownernya sama dengan yang punya SH. Satu demi satu gerai SH mulai tutup termasuk yang ada di Citraland. Menyisakan satu yang ada di Plaza Senayan. Dan setelah penantian cukup lama, yang di PS pun ikutan tutup.

Gue sih berani bilang, management-nya gak beres. Dan orang yang kerja di posisi top management ini gak bagus. Udah gitu orang ini punya usaha sendiri dan dia lebih mengutamakan bisnisnya dibanding pekerjaannya di SH. Habislah sudah. Padahal menu makanannya enak loh, dulu. Setelah gak all you can eat sempet makan juga tapi udah gak terlalu enak. Sayang ya kalo usaha bisnis udah puluhan tahun musti tutup gitu aja. Eh, apa biaya franchise-nya kemahalan ya? Bisa jadi...


Hartz Chicken Buffet.
Satu bulan sekali, 1 kost-an pergi naek taxi ke Taman Anggrek (TA) cuma buat makan Hartz Chicken (HC). Harga all you can eat-nya cuman ada di angka 40 ribuan dan untuk harga makan sepuasnya sih lumayan murah. Dateng pagi pas TA baru buka dan pulang ketika hampir mau tutup. Kita bisa makan 4-5 jam di restaurant-nya. Makan sambil ngobrol tapi teteup gila banget dah kalo dipikirin sekarang sih. Sisanya ngiter-ngiter mal sampe kaki capek. Waktu itu kayaknya asik aja.

Untuk makanan all you can eat sih enak ya. Main menu-nya ayam tapi banyak kok makanan yang laen. Pokoknya kalo belom kenyang banget gak bakalan pulang. Selaen makan sama temen kost, pernah makan sama temen kuliah dan sodara. Terakhir-terakhir rasanya udah gak enak tapi karena promo dari provider telepon, sempet-sempetin makan deh. Buy 1 get 1 sih…

Udahnya, sepi dan satu persatu restaurant-nya mulai tutup. Sempet lihat yang di Pasar Festival Kuningan. Dan itu bener-bener gak ada yang makan. Gila banget, padahal dulu kalo mau makan ngantrinya kalo gak panjang bukan HC dah.

Kalo menurut gue, HC merugi bukan karena all you can eat-nya tapi karena rasanya yang berubah. Udah mahal gak enak pula. Sudahlah...


Popeyes
Untuk produk ini gue cinta mati, awalnya. Gue sering banget makan sama sepupu gue yang cewe. Udah ayamnya gede-gede, French fries-nya enak banget. Terus lama-lama ada cajun rice dan calamari. Aduh sumpah, gue gak bakalan bosen menu yang itu. Dressing sauce-nya yang berupa mayonnaise juga  mantep, belom lagi sambelnya tuh heaven deh.

Lama-lama entah gimana rasanya berubah. Emang menunya tambah banyak tapi rasanya jauh dari rasa awal. Gak enak dan mahal. Sempet makan di PIM untuk mengulang sensasi waktu dulu. Tapi rasanya gak pernah sama. Sayang banget ya. Gue rasa, semua restaurant-nya udah pada tutup. Ini makanan siap saji favorit gue loh. It was. Sedih ya.


Chowking
Dulu, waktu jamannya gue getol MLM, tempat ini menjadi perhentian utama untuk presentasi one on one. Menu favorit gue spring roll karena enak dan murah. Gak pernah sekali pun bosen, selaen tempatnya nyaman trus bisa berlama-lama juga.

Gue gak tahu, tiba-tiba aja restoran-nya yang di Citraland tutup. Restorannya yang berada di lokasi lain gak tahu masih buka atau enggak. Bener-bener misteri dalam idup gue yang gak pernah tahu alasannya. Dari segi harga dan rasa gak pernah berubah deh perasaan. Kangen Chowking huhuhu...


California Fried Chicken
Gue suka brand ini udah lama. Dari jaman iklannya pake AB Three dan pas keluar menu barunya Cal Blend Float.

Menu andalan gue paket 7 yang isinya nasi, 3 potong chicken strips, sop jagung ayam dan segelas coke. Gue tergila-gila sama chicken strips-nya. Enak banget karena selalu disajikan fresh dan masih panas. Tempat favorit gue di Slipi Jaya, karena deket. Terus kalo niat suka makan di daerah Gajah Mada, di situ mereka punya restaurant sendiri yang gak gabung sama mal.

Udah gitu yang di deket GM tutup. Sedih deh. Lupa yang di Slipi Jaya masih ada atau enggak.

Terus pindah kerja ke kota kelahiran gue. Dan setelah tanya-tanya ternyata ada CFC. Aduh senengnya. Gue kadang menyempatkan diri untuk makan malam sepulang dari kantor padahal lumayan jauh tempatnya.

Satu sore, pas mau makan, ternyata restaurant-nya udah kosong. Kaget deh. Emang sih selama gue sering makan di situ gak pernah rame. Seringnya gue makan sendirian aja tanpa pengunjung lain.

Gak berapa lama CFC nya diganti dengan brand lain yang belom pernah gue denger sebelomnya. Parah.

Terakhir makan CFC di Bandung tapi waiternya pelit banget masa cuman kasih sambelnya satu doang? Dia bilang jatahnya emang segitu. Nista banget. Jadi males mau makan di sana lagi.

Sekarang gue lagi di Bali, gue pun nyari CFC dan ada loh di Mal Bali Galleria. Sempet makan 1x dan besok-besoknya tutup. Gila nih, whats wrong coba? Kata soul mate gue sih yang suka CFC cuman gue doang, yang laen mah kagak makanya pada tutup. Emang iya?

Gue sebel, makanan-makanan yang menemani gue tumbuh menua, tambah lama pada berkurang aja bahkan habis. Dunia makanan kejam, yang gak mampu bertahan akhirnya bakalan menghilang. Dunia fashion juga sama, kejam. Jadi apa yang gak kejam? Semua kejam.

Sepertinya emang harus buka restoran sendiri biar puas. Restoran yang gak akan tutup tapi berkembang dan terus expand. Semoga malahan bisa franchise ke luar negri. Impian gue emang dahsyat, sedahsyat mimpi gue tadi malem punya resto 5 lantai yang tiap lantainya berkapasitas 100 orang dengan  jenis resto dan design interior yang berbeda tiap lantainya. Pengennya sih gue extend mimpinya, apa daya gue early morning shift. Hihihi...Dapur Jo ooh Dapur Jo...

5 komentar:

  1. baru tau spaghetti house ada all u can eat..seumur hidup cuma sekali kesana yg di plaza indo pas ultah temen ..
    dulu di citraland ada jollibee inget ga.. dgn badut maskotnya ygbbentuk lebah... blkgn baru tau itu dari pilipin.. sama kyk chowking.. dan sampe skrg di pilipin msh ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya citraland dulu banget pernah ada jolibee tapi gak pernah nyobain...harus ke philippine dulu ya sekarang hehehe...

      Hapus
    2. Spaghetti House yg di Plaza Senayan enak lho trus juga ada promo buy 1 get 1 free

      Hapus
  2. Di Singapore ada lho Jolibee yg dibawah, Lucky Plaza....lom prnah nyobain jg wkwkwkw. Oh jd Heartz Chicken udh ga ada ya sama sekali...hiks

    BalasHapus
  3. Spaghetti House yg di Plaza Senayan itu makanannya enak dan juga ada promosi Buy 1 Get 1 Free.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...