Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 02, 2014

balada ngekost


Hampir 1 bulan lamanya gue berada di Pulau Dewata demi menunaikan tugas dari kampus. Dan hampir 1 bulan juga gue ngekost. Jadi inget dulu-dulu, karena ini bukan pertama kalinya ngekost.

Tiga tahun terakhir, gue ada di Sukabumi, di rumah sendiri yang gak takut kehilangan barang atau barang gue dipake orang. Palingan celana jeans gue suka ketuker ada di lemari baju babeh gue yang mana gak ilang deh. Atau paling enggak mom suka asal naro yang barangnya kalo mau dicari bisa ketemu kok.

Belasan taun gue kost di Jakarta, sempet pindah beberapa kali sesuai kebutuhannya. Daerah kemanggisan deket Binus menjadi tempat favorit karena banyak makanan murah dan enak. Bayar kostnya juga cuman 300 ribuan udah termasuk cuci setrika. Terakhir-terakhir, gue baru tau kalo ongkos nyuci si mbak ternyata cuman 15 ribu untuk ongkos nyuci selama 1 bulan. Gak nyangka banget, mana si mbak yang gendut ini cucinya bersih dan kalo setrika rapi. Ibu kota emang kejam apa ibu kostnya yang kejam ya?

Terus berhubung kerja di Kemang Raya, gue kost di Jalan Bangka. Dari kost-an ke kantor gak jauh. Bisa naek angkot terus jalan dikit atau langsung naek bajaj. Gue masih inget ama tukang bajaj-nya, terakhir-terakhir gue nolak naek bajaj buat neken budget ahahah… *Maap

Jalan Bangka ini permukiman warga dan bukan daerah elite. Kost gue juga seadanya cuman ada kasur dan lemari kecil. Keuntungannya banyak tukang makanan di depan jalan. Dan ada wc umum seadanya buat warga sekitar didepan kost yang cuman ditutupin seng doang. Gue gak tau apa ini termasuk keuntungan juga karena gue bisa ngintipin orang mandi dari lantai 2 ahhaha…

Kost di jalan Bangka cuman ada 4 kamar, 1 diisi keluarga dengan anaknya yang autis, 1 lagi ama sepasang pasutri dan 1 lagi diisi keponakannya yang punya kost.

Ibu si keluarga yang punya anak autis ini bawel banget. Kalo gue lagi jemur baju, dia pengen gue peres bajunya kuat-kuat biar airnya gak netes ke lantai 1 karena di bawah itu gank buat tempat orang lewat. Namanya juga nyuci pake tangan bukan pake mesin cuci yang bisa dikeringin. Bawel banget tu orang.

Solusinya akhirnya gue nyuci di kantor. Electrolux 1 pintu loh yang cuman masukin baju trus masukin sabun akhirnya dia bilas dan keringin sendiri. Cuman modal sabun sendiri dan tinggal jemur di lantai 3. Chef gue sempet nanyak emang gak malu ya nyuci di kantor? Gue jawab aja enggak, gue anggep itu sebagai fasilitas dari kantor yang harus digunakan. Sore mau pulang kantor tinggal angkat dan nyampe kost udah tinggal setrika tanpa ada yang ngoceh-ngoceh. Lama-lama karena yang nyuci juga banyak dan karena pemakaian yang kurang terawat, mesin cucinya rusak. Dan gue balik nyuci di kost-an ( lagi ). Damn it…

Kalo yang pasutri, si Ibu-nya suka ngintipin gue lagi ngapain di kamar mentang-mentang gordennya tipis. Jijik banget emang, pikirnya gue gak tau keles. Gue pernah masuk wc tapi gak dikonci cuman ditutup aja, eh dia ikutan masuk…jelas2 dia liat gue baru masuk wc…sakit jiwa tu orang.

Kalo ponakannya yang punya kost demen banget nonton bokep. Kalo pas gue mau ke wc harus lewatin kamar dia dulu kan, dia buru-buru tutupin tv pake badannya. Kata temen-temennya udah ajakin aja sih tapi dianya gak mau karena dia merasa gue anak baik-baik. Cieee….

Terus gue pindah kerja di Muara Karang dan gue pindah kost-an lagi di Susilo, Grogol. Kost di Grogol juga pindah 3x deh, ada yang pindah karena banjir, ada yang karena tante kost-nya cerewet dan terakhir mbaknya yang cerewet plus emang mau pindah kerja di luar kota.

Daerah Grogol tuh strategis, yang jual makanan dimana-mana dan kebanyakan enak terus kalo mau kemana-mana juga gampang. Waktu kost di Muwardi, Grogol, yang kuliah dan kerja tuh sebanding. Yang kuliah untungnya gak terlalu berisik dan rese. Pengalaman yang mengerikan sih mbak tukang cucinya meninggal gara2 makan kambing terus masuk angin dan dikerokin. Udahnya kita2 pada ngelayat di rumah sakit. Temen kost malah berani ngeliat mayatnya. Hiyyy enggak deh. Udahnya itu kost kebanjiran mana kamar gue di lantai bawah. Aduh, bener-bener pengalaman parah seumur idup gue. Udahnya gue pindah kost karena males lah banjir gitu.

Masih di Grogol cuman di Susilo. Kamarnya baru, gak pernah banjir tapi yang punya kost-nya demen ngomongin orang. Dan pernah omelin gue, gue gak suka ya keluar aja. Lagian rese pake deposit segala, giliran mau keluar dan tagih deposit lama banget sampe udah keluar sebulan baru dibayar.

Terakhir, masih di Susilo, gank yang sama dan lebih murah harga kost-nya cuman kamarnya kecil. Pertamanya sih suka karena mas tukang cuci setrika-nya tuh tau masing2 baju kita. Setelah disetrika ditaruh di lemari kek penitipan barang yang ada di supermarket. Jadi kita tinggal ambil aja. Tapi semenjak dia gak kerja lagi, baju-bajunya jadi amburadul, naruhnya asal jadi musti cari lagi. Dan kadang-kadang malah jadi ilang. Sehari aja gak ngecek, udah raib aja. Selama kost di situ, gue udah ilang topi, sepatu pantofel, baju, celana dalam, kaus kaki. Sampe akhirnya gue cuci sendiri celana dalem dan gue jemur di kamar takut ilang. Ngekost itu bikin stress kalo udah ilang-ilangan. Akhirnya karena berenti kerja dan mau ke Sukabumi akhirnya gue gak kost lagi.

Dan sekarang gue ngekost lagi di Bali dan terjadi lagi hal yang sama kayak dulu-dulu. Sandal Penshoppe gue ilang. Aduh, tuh maling sadar merk juga ternyata. Bête banget. Sandal orang laen bisa geletakan dimana-mana dan gak ilang, giliran sandal bagus ilang. Aduh keselnya…

Belom lagi sekarang yang kost ada ibu-ibu. Gue benci deh kalo yang kost ibu-ibu. Sepengalaman gue, mulutnya nyinyir dan kepo. Ini juga gitu, mau tau aja gue lagi ngapain, dan merasa khawatir kalo gue gak keluar-keluar kamar. Sampe gedor-gedor pintu kamar. Gila gak sih. Apa urusannya coba. Jadwal kerja gue ganti2 shift mulu, belom kalo jumping, plis dong kasi ruang privacy. Gue mau tidur kek, mau ngapain kek serah gue dong. Kek anaknya aja. Emang gue musti cerita gitu? Dia tuh jualan jamu, pulang ke kost sekitar jam 1 dinihari dan langsung sahur sama anak dan kakaknya. Berisiknya minta ampun dan ngomongin gue gak keluar-keluar kamarlah.

Sandal ilang juga perasaan dia yang heboh, diomongin mulu. Dia pikir gue gak ngerti Bahasa Jawa kali. Suka gak ngerti kalo ada orang yang model gitu. Maunya tuh gue ngobrol mulu kali ama dia. Hell to the no, madam…mind your own business. Gue sih kalo udah gak suka ama orang udah blacklist aja.

Belom lagi, di depan kost tuh ada salon. Si mbak salon ini jadi orang yang ngenalin kost-an gue sekarang. Pas gue tanya ada kost-kostan gak? Dia mau bantuin dan langsung cari-cari yang punya. Cuman gitu doang sih. Setelah akrab, dia minta no telp dan pin bb gue. Kirain mau apa, gak dikasih juga gak enak toh masih satu lingkungan. Eh, udahnya malah mau pinjem duit. Hare gene pinjem-pinjem duit enggak deh. Kalo bayarnya lama atau gak bayar-bayar malah gue yang rugi. Kurang duit ya minta suaminya aja dong.

Hadeuh, aneh-aneh aja ya. Dan gue harus dapet kost-an baru sebelom tanggal 5 biar bisa langsung pindah. Enek gue ketemu orang-orang kek gitu. Apa mereka pada naksir gue gituh? Kek mbak kost tukang cuci waktu di Binus? Gue sakit ampe berani-beraninya nyium jidat gue. Grrrrr….

Nasib ngekost ada aja ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...