Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 14, 2014

i'm a hotelier



Kayaknya semua orang pada pernah nginep di hotel dong ya. Gue juga lumayan sering nginep di hotel. Dari hostel sampai bintang 5 udah pernah gue rasain. Tapi, apa yang dilihat dari kacamata guest jelas berbeda dengan kacamata dari seorang hotelier yang nota bene kerja di hotel.

Sebagai seorang guest, gue mau dilayani bak seorang pangeran tanpa cacat cela. Gue mau semua staff, senyum sama gue dimanapun gue berada. Gue juga mau disapa dengan ucapan selamat pagi atau malam dengan tatapan tulus.

Lebih dari itu, gue mau pake semua fasilitas hotel yang disediakan. Minum welcome drink, nge-teh di afternoon tea dan besok harinya makan buffet breakfast-nya sampe kenyang. Ada masalah? Enggak dong. Gue udah bayar dan ingat, gue loh yang bayar gaji kalian.

Sekarang, semua berubah. Pangeran yang tampan itu berubah menjadi jongos elite. Ok, hotelier deh bahasa kerennya. Tapi tetep aja jongos. Jongos yang melayani para tamu. Gak tau gue mesti sorak-sorai bergembira apa meratapi nasib yang malang ini.

Tugas mulia itu telah dimulai. Tepatnya 6 minggu yang lalu, gue memulai sesuatu yang gue anggap baru dalam hidup gue. Pertamanya, gue merasa tertantang dan butuh ilmunya. Dan berharap suatu saat nanti bisa menjadi pegangan.

Secapek apapun gue harus selalu tersenyum. itu sih gue masih bisa, gampang. Smizing, gue jagonya deh. Gue juga bisa melempar senyum palsu yang terkesan tulus. Gak ada yang tau. Bahkan tamunya aja thank you-thank you an ama gue. Gue emang jagonya akting.

Ya gimana dong? Kan gak selalu suasana hati itu selalu bagus sedangkan sebagai seorang hotelier dituntut harus memberikan yang terbaik buat tamu. Kalo harus dengan akting ya apa boleh buat, cuman gak sesering itu juga kok. Gimanapun juga yang dari hati tetep beda. Itu gue sadar banget.

Jangan pikir gue orang yang bertopeng. Kalo lagi eling, gue juga bisa baik hati kok. Pernah ada nenek-nenek ngeluh, dia mau ke pantai tapi semua orang yang ditanya cuman bilang over here, over there, gak ada yang bener-bener nunjukin jalannya. Ya udah, sambil pegangin tangannya gue ajakin ngobrol dan ketawa-ketawa sambil gue guide menuju ke pantai sampe akhirnya dia mengingat-ngingat nama yang ada di name tag gue sebagai ucapan rasa terima-kasihnya. Gue gak dapet tips memang tapi gue hepi dan puas. Sepuas nenek tadi.

Pernah ada suami istri dari Jakarta, makan dan minum di lounge. Sebenernya gue gak ngelayanin mereka secara berlebihan sih. Tapi mereka suka dan malah bilang “Wah, good recommend nih.” Sampe akhirnya gue diajak ngobrol segala. Intinya sih tulus ya dan jangan berpikir untuk mendapatkan imbalan. Gak ada yang susah selama kita mau belajar. Yah, saat ini gue lagi belajar menjadi seorang hotelier. Belajar. Tanpa disadari ternyata kepuasan mereka menjadi kepuasan bagi diri sendiri. Dan ternyata gue bisa. Gak ada yang terlalu susah untuk dipelajari selama kita mau.

The best part-nya, gue pernah support banquet dan itu capek banget, tapi pas lagi santai-santai di bar nungguin orderan, ada tamu bule yang mungkin liat gue capek, dia order 2 white wine dan ternyata 1 gelasnya buat gue. Kita bersulang dan minum bareng. Amazing...gue gak inget bulenya cakep apa enggak, yang gue inget, gue berasa seneng aja. Bule emang tau caranya light up the night. Dari situ gue jadi suka white wine. tapi menurut gue emang rasanya lebih enak sih daripada red wine.

Tapi bukan berarti kerjaan gue perfect-perfect aja. Gue pernah numpahin Mojito waktu mau serving, untung gak kena tamu cuman jatoh di tray doang. Gue-nya santai, tamunya yang malahan shock.

Pernah lagi polish gelas, eh gelasnya licin dan jatoh pecah. Waktu itu pintu pantry lagi dibuka lagi, pastinya kedengeran. Senior gue ampe masuk dan ketawa-ketawa, “Ada apa ini?” lagi-lagi gue mah santai aja,”Ini ada kucing, Bu.”

Yah, gak ada yang mesti diributin dong, tinggal sapu aja dan pecahannya bawa ke kotak lost & breakage.

Giliran gue lagi waras, tamunya yang geblek. Ditawarin minum malah jawabnya,” I just wanna sit down.” Emang boleh-boleh aja kok dia mau duduk, mau baca atau mau goleran selama gak tidur. Tapi kan enek aja dengernya.

Atau kalo enggak, pas gue sapa tamu karena dia masuk ke daerah kekuasaan gue, tamunya boro-boro bales sapaan gue, malah pura-pura gak liat dan maen nyelonong aja. Ternyata dia mau cari jalan. Dia pikir lounge-nya bisa nembus ke pantai kali. Udahnya dia balik lagi sambil masih aja pura-pura gak liat keberadaan gue. Ah, gak apa. Gue yang malah ketawa ngakak sambil mikir kalo tamu itu kelakuannya gue banget. Hahaha…

Dunia baru gue ini sangat berwarna. Dan sepertinya gue menyukainya. Sepertinya loh….karena dibelakang layarnya begitu banyak perjuangan. Dan untuk sampai ke garis finish bakalan banyak pengorbanan yang harus gue lakukan. Gue harap hasilnya sebanding.  
Selain itu gue belajar menjadi pribadi yang berbeda dari diri gue yang sebelomnya. Gue pingin menjadi seorang yang tulus, penyabar dan lebih dari itu adalah menjadi seorang yang rendah hati. Emang gak gampang man. Tapi dari disiplin ilmu yang udah gue pelajari dan semangat untuk meraih kesuksesan, gue harap semua akan indah pada waktunya.

Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...