Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 24, 2013

solo backpacker ke danau toba

Medan Johor - Sei Rampah - Tebing Tinggi - Jorlang Hataran
Gak pernah nyangka kalau gue bakalan traveling ke Medan. Gara-garanya ada postingan anak BPI ( Backpacker Indonesia ) yang pengen ke Aceh tapi dari Medan. So, kenapa enggak explore Medan sekalian aja...Jadilah gue beli tiket pp ke Medan.

Danau Toba jadi list wajib dong pastinya, walaupun banyak yang bilang udah kotor dan gak sebagus dulu lagi. Well, gue mau buktiin aja...

Dua bulan sebelum keberangkatan, gue udah browsing blog-blog yang memuat cerita Danau Toba, rasanya sampe hapal luar kepala. Dan ternyata banyak banget dari warga Malaysia yang udah ke sana, mungkin karena deket ya. Tuh, masa kalah ama negara tetangga? Bayangin coba...

Nah, seudah dari Gereja Velangkanni, gue naek angkot yang ternyata langsung ke Terminal Amplas. Wahh, kebetulan yang menyenangkan, emang tujuannya mau ke situ kan. Sekitar 1 jam-an akhirnya nyampe juga tanpa pake macet. Di Terminal, gue nanyak sana-sini, oper sana-sini dan akhirnya dapet info kalo mau ke Parapat katanya naek PO Sejahtera. Cari yang AC gak ada, adanya yang reguler. Gimana ya, apa nunggu yang AC aja gitu? Akhirnya bis AC ada juga tapi pas bis yang reguler mau berangkat. Sambil bingung-bingung, akhirnya gue tetep pilih yang reguler aja daripada nunggu kelamaan.

Yang menyebalkan dari bis PO Sejahtera ini adalah musiknya yang kenceng gak ketulungan dan non stop pula. Mana speakernya ada di atas kepala lagi. Asalnya mau pindah tempat duduk tapi udah gak ada space tersisa, mau pindah ke belakang malah ada sarang laba-labanya lagi di antara bangkunya. Emangnya tuh bis jarang dipake atau gimana sih?

Buat gue, moda transportasi apapun lebih suka duduk di window, bukan di isle. Gak masalah kena panas matahari atau gak ada gorden sekalipun di window-nya, yang penting gue bisa lihat view di luar.

Lagu yang diputer tuh sebenernya enak-enak khas daerah Batak. Tau sendiri dong orang Batak itu kebanyakan suaranya bagus. Dan gue baru sadar, orang Batak tuh demen nyanyi....ahahhaha....

Yang gue inget banget itu, ada yang lyricnya "Lamak Rasonyo....." emang lama banget di bis....untung ada yang jualan sepanjang perjalanan walaupun rasanya standar banget tapi untuk ganjel perut mah ok-ok aja.

Iseng-iseng gue nanyak sama yang duduk di sebelah, katanya kalo ke Parapat sampe 8 jam. What? Gila....mau bunuh gue apa? setahu gue, maksimal 5 jam deh. Gue sih GPS terus aja udah sampe mana, jadi bisa dikira-kira nyampe jam berapa nanti di Parapat.

Jalan menuju Parapat itu berkelok-kelok, tapi pas kelokan yang view Danau Toba pertama kali....wow rasanya ecstasy banget. Speechless...

First Shoot at Danau Toba
Hotel-hotel yang sempet gue search di Agoda, bisa gue lihat secara real. Yeah, sampe juga di Danau Toba.....horeeee....

Total dari Amplas ke Parapat ya, itu tadi sesuai prediksi 5 jam tanpa macet. Bis PO Sejahtera berangkat  jam 9 pagi nyampe jam 2 siang.

Untuk nyebrang ke Tomok, gue turun di Parapat depan tugu yang berbentuk seperti Tugu Selamat Datang. ( Ingat  jangan turun di terminal bis Parapat kalo mau ke Danau Toba ). Nah, di sebelah Tugu tersebut ada pos polisi. Dari situ tinggal naek angkot ke Pelabuhan TigaRaja.

Di angkot ditanya pemuda situ,"Mau ke mana, bang?" gue jawab aja mau ke Tomok. Bareng aja katanya lagi, kebetulan saya memang orang situ, nanti kita ke pelabuhan Ajibata aja. Tapi gue malah balik nanya, "Kalo mau lihat batu gantung, di pelabuhan mana?" Dijawab, "TigaRaja." Jadi akhirnya gak bareng dia deh. Sepertinya dia mau nawarin rumahnya buat stay, sayangnya gue emang gak ada rencana untuk nginep di Parapat ataupun Samosir demi mengejar target ke objek yang laen. But, anyway thx ya for your hospitality.

I love it very much
Banyak blog yang bilang best view Danau Toba di Parapat itu waktu melewati Jalan Sipora-pora. Dan memang bener, kalo kita naek angkot menuju pelabuhan, pasti lewat situ kok. Di sini banyak penginapan murah loh, so, FYI Untuk backpacker-an sepertinya gak perlu sampe booking penginapan jauh-jauh hari. Pas dateng tinggal cari aja sesuai budget, mau nginep di Parapat ok, di Samosir juga boleh. Atau biar fix ya boleh juga sih booking kamar tapi yang gak perlu pake down payment seperti Carolina Cottage di Tuk-tuk, Samosir.

Ternyata gak susah kalo mau solo backpacking ke Danau Toba. Cuman modal senyum, berani nanyak sama orang-orang di perjalanan dan biaya yang relatif murah tanpa pake rental mobil. Believe me it's worth it enough walaupun kuping gue congek dikit dengerin lagu Batak sepanjang perjalanan....Lamak Rasonyo.....wkwkwkkw......

Finally i've made it....

Sunset is coming
Berikut perincian harga menuju ke Danau Toba ( Lebaran 2013 ) :

Angkot ke Terminal Amplas : IDR 6.000,-
PO Sejahtera ke Parapat : IDR 32.000,-
Angkot ke Pelabuhan TigaRaja : IDR 3.000,-

Lanjut ke To Samosir with Love

13 komentar:

  1. https://www.facebook.com/divesumatera

    BalasHapus
  2. Hi, salam kenal. :)
    Mau nanya, tugu itu sebelum terminal bis ato selepas terminal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi rin,

      sebelom terminal akhir ya...tugu itu adanya di pinggir jalan sebelah kanan...bilang kondektur bis-nya mau turun di pos polisi mau ke samosir...ok...

      Hapus
    2. Oh, okay! Mksh.. :)

      Hapus
  3. mas waktu itu nginap dmn? dan brapa per malam??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue nginepnya di Siantar, gak nginep di Toba. Losmen Bali, Jl Merdeka no 56-58. Tarif menginap semalam cuman IDR 75.000,- ( Harga 2013 )

      Hapus
  4. Rental mobil Mulai dari Rp. 350.000
    Klik www.medanstarrentacar.com
    The best rental cars in Medan
    Medan Star Car Rental|Rent Cars,Sewa Mobil Medan
    Medan Star Rent A Car, Jasa Sewa mobil(Rental mobil) di Medan
    http://medanstarrentacar.com/
    HUBUNGI 0852-6283-1660
    0852-9700-0264

    BalasHapus
  5. Hai, salam kenal,
    Kalo dari stasiun kereta siantar ke parapat, bisa naik travel juga ga ya?, ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo mau langsung jalan-jalan dari stasiun, bisa kontek travelnya aja, mustinya sih bisa....happy travelling...

      Hapus
  6. hi..salam kenal,
    kalo mau ke Danau Toba International Cottage dengan bis,turun di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, lebih baik tanya driver bis-nya sambil mapping aja biar lebih pasti. have fun ya.

      Hapus
  7. Fadly medan transport
    Menyediakan transport dan driver yg berpengalaman.
    Call to whatsapp langsung
    +6281376455045
    NO PAYMENT

    BalasHapus
  8. Samosir Danau Toba, Negeri indah kepingan surga :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...