Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 16, 2013

kuliner medan-aceh

Baru-baru ini gue jalan-jalan ke Medan lanjut ke Aceh dan Sabang. Dan makanannya tuh gak jauh2 dari nasi dan mie goreng. Gue juga gak bisa protes soalnya yang ada di tempat wisata ya cuman itu gimana mau protes? Gue rasa bukan karna pas Lebaran juga tapi emang menu yang dijual itu aja. Diseling makanan laen juga sih kalo nemu....tapi mostly ya 2 menu tadi.... enjoy my meal...hihihi...

Kwetiaw Ateng
Ini makanan malam pertama ketika tiba di Medan diajak Hilda anak BPI dan dibayarin pula ahahah senangnya. Kalo suka makan kwetiaw didaerah Muara Karang Jakarta Utara pasti taulah rasanya. 

Didaerah S Parman Medan ini emang buanyak bertebaran chinese food. Sebut aja Kwetiaw Asiong, Awai, Akun.....tinggal pilih aja. Dan kwetiaw Ateng ini enak banged...udangnya cute lagi....hihihi...

Waktu balik dari Tomok-Pulau Samosir ke Pelabuhan TigaRaja gue udah kelaparan banget dan mending makan disini deh, daripada susah cari makanan. Pesanlah gue nasi goreng sambil liat sunset dari warung makan si ibu ini. Bayangin aja jam 18.30 gue masih bisa liat sunset, saking senengnya nasi gorengnya gak kefoto ahahahha tapi gue masih inget harganya IDR 14.000,- udah termasuk es teh manis. Dan rasanya paling enak diantara nasi goreng laen yang gue icip-icip selama perjalanan.

Sunset di Pelabuhan TigaRaja
Liat sendiri deh, keren kan sunsetnya.....nasi gorengnya jadi terlupakan......hiks

Nasi goreng di kedai Sipiso-piso
Waktu ke air terjun Sipiso-piso sebelah utaranya Danau Toba, gue makan nasi goreng ini. Standart nasi gorengnya tuh gitu dengan telor dadar dan kerupuk. Harganya IDR 15.000,- dan rasanya bener-bener gak ada rasanya. Mungkin dikira tetep terobati sambil liat air terjun Sipiso-piso. Well, enggak deh....gak enak ya gak enak ahahhaah...sorry to say....

Ifu Mie Binjai - Tenda Nelayan
Ifu Mie Binjai ini bisa dibilang lumayan. Makan di Tenda Nelayan Merdeka Walk-Medan. Porsinya pas, rasanya enak dengan topping udang dan baso ikan. Kuahnya itu seperti kalo makan Puyunghay, kuat banget rasa saos tomatnya. Sepiringnya dibanderol IDR 28.500,-

Selaen itu yang terkenal disini adalah dim sum nya yang banyak macem plus durian pancake nya. 

Lontong sayur- Pelabuhan Ulee Lheue
Si ibu yang punya kedai ini rasanya punya dendam kesumat ama kedai disebelahnya. Jadi kalo mau makan makanan dikedai dia, duduknya pun harus disitu, gak boleh dikedai sebelah. Ya Tuhan....

Untung masakannya enak. Untuk sarapan dia sedia nasi uduk dan lontong sayur dengan topping yang sama. Lontongnya ok, rendangnya uenakkkk gak pake alot dan nyelap di gigi itu yang terpenting. Walau porsinya sedikit tapi gak nyesel bayar IDR 14.000,- 

Mie goreng - Pantai Iboih, Sabang
Kalo kita pesen mie goreng di Aceh, kebanyakan mie nya diambil dari mie instan trus direbus dan ditambahin saos tomat. Jadinya ya gitu aja rasanya cuman beda tipis dengan bikin mie instan dirumah. Harganya gila-gilaan IDR 12.000,-

Mie goreng di pinggir pelabuhan Ulee Lheue
Mie nya basah dan rasanya lebih kental lagi dengan saos tomat yang banyak. Sambil nunggu bis dan kepanasan mending makan mie ini, not bad lah yang penting kenyang. Sebelomnya gua makan jagung bakar juga dikedai yang sama dan rasanya sama kek mie gorengnya ahahahha....harga mie goreng dan jagung bakarnya cuman IDR 15.000,-

Nasi goreng Wak Noer's KNIA
Back to nasi goreng untuk makanan terakhir yang gue makan selama trip ini. Rasanya parah banget kalo ditebus dengan harga IDR 38.500,- lebih mahal daripada harga airport tax KNIA-Medan yang cuman IDR 35.000,- 

Trip nya sangat manis diingatan, tapi buruk banget rasa nasi gorengnya gak sepadan dengan penampilannya.

Terakhir gue inget-inget, gue sempet makan ayam goreng di A&W terminal kedatangan KNIA. A&W disetiap airport sama lah ya, ngantri. Tapi ini ngantrinya bukan sembarang antri, udah waiter nya (maap) banci, dia malah kek maenan aja kerja disitu. Ada yang void aja sambil centil-centil ama Spv cowo. Waitress sebelahnya udah ganti customer puluhan kali, dia masih stuck aja disitu sambil flirting-flirting ama customer cowo. Dasar gelo.

Intinya kalo mau bayar di kasir, liat dulu deh jangan yang banci tar lama pelayanannya.

Dan, pas udah dapet tu makanan, gue keliling ruangan cari tempat kosong buat duduk. Nemu dipojok belakang, pas gue duduk ada org disebelahnya yang teriak "Itu udah ada orang" yah mau gak mau gue pindah dong sambil ngedumel, soalnya orangnya juga lagi pesan, sedangkan gue kan udah pesen dan udah ada makanannya tinggal dimakan doang. Dan gak ada yang kosong satupun. Kesel banget jadinya. Banyak yang belum pesan udah pada ngetek tempat duduk duluan. Coba lo di Jakarta kalo gak dipelototin orang laen. Hadeuhhh.....

Finally, trip kali ini makanannya kurang beragam sih. Timbangan gue aja ampe turun 2 kilo. Tapi tetep kuliner kali ini memberi warna yang berbeda. Mungkin didaerah lain, kulinernya lebih beragam dan maknyus....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...