Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 13, 2012

coban rondo waterfall


Sepertinya gak aneh lagi kalo Indonesia punya banyak Legenda, seperti yang satu ini Legenda Coban Rondo.


Asal usul Cobanrondo berasal dari sepasang pengantin baru yang baru saja melangsungkan pernikahan.

Mempelai wanita yang bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro.

Serelah usia pernikahan mencapai 36 hari/ selapan, Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro namun orang tua dari Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena baru selapan.

Tapi keduanya tetap bersikeras dengan segala resikonya.

Ketika dalam perjalanan, keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono yang gak jelas asal usulnya.

Tampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya. Perkelahian tidak terelakan lagi.

Raden Baron berpesan kepada Punokawan agar Dewi Anjarwati disembunyikan disuatu tempat yang ada Coban-nya ( air terjun ).

Perkelahian semakin seru tapi keduanya sama-sama gugur. Dengan demikian Dewi Anjarwati menjadi janda ( Dalam bahasa Jawa disebut Rondo ).

Sejak saat itu, Coban tempat tinggal Dewi Anjarwati menanti suaminya dikenal sebagai Coban Rondo.

Konon batu besar dibawah air terjun merupakan tempat duduk sang Dewi.

...

Kawasan ini sangat sejuk dan nyaman.

Gak berapa lama dari pintu masuk langsung keliatan air terjunnya.

Sepertinya kalo jalan-jalan ke Malang, sayang untuk dilewatkan gitu aja objek yang satu ini. Dari kota Malang ditempuh ± 1 jam.

Ketinggiannya yang mencapai 84 M bikin cantik dipandang mata. Anyway, Air terjun ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo.

Debit air di musim hujan bisa mencapai 150 L/ detik, pantas saja jarak sekitar 10 M air nya yang cukup deras bisa kena cipratannya.

Well, ini air terjun ke-3 di Indonesia yang sempet gue liat. Setelah sebelumnya Air Terjun Gitgit di Bali dan Air Terjun Curug Cikaso Di Sukabumi.

Didepan objek wisata banyak warung yang jual penganan seperti kentang goreng, kacang rebus  & jagung bakar. Tapi kalau mau beli jagung bakar jangan beli yang rasa manis karena manisnya berasal dari meses warna warni yang biasa dimakan pake roti. What? Believe me its not delicious.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...