Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 16, 2012

up close & personal with mt bromo

Tepat 4 taun yang lalu, tanggal 7 Juli 2008 gue mengunjungi Gunung Bromo. Magnificent Bromo

Dan sekarang, di tanggal yang sama gue balik lagi ke sana. Kondisinya bertolak belakang. Dari foto yang dihasilkan, teman perjalanan & moment yang didapat juga berbeda.

Kalo dulu gue pake tour yang amburadul. Bayangin aja sampe puncak Pananjakan jam 7 pagi, gara-gara gak dapet L300 dan pas nyampe sana di semua sudut manapun udah terang benderang. 

Sekarang engga dong, jam 12 malem udah bangun karena jam 1 bakalan dijemput menuju Bromo.

Perjalanan nya itu sendiri memakan waktu sampe 2 jam. 

Sampe sana disambut udara yang dinginnya amit-amit menusuk tulang. Padahal cadangan lemak gue lumayan berlebih loh. Gak mempan bo...Hehehe...

Saking dinginnya ada yang pingsan loh, ampe digotong...

Langsung oper hardtop biru bernomor 129. 

Eh, hardtop nya ternyata ga berenti sampe puncak Pananjakan. Dikasi space sedikit buat kita jalan atau naek ojek. Ok deh berbagi rejeki. Temen gue udah misuh-misuh aja jauh gak nih ampe atas? Gue jawab aja enggak...enggak tau...

Dan ternyata gak jauh-jauh amat kok. 

Sekarang kalo mau liat sunrise -nya Bromo yang famous itu, udah disediain tempat duduk berundak. Tapi, kalo yang nongton buanyak banget kek weekend ini, jangan harap dapet deh.

Semisal tempat duduk dapet tapi yang berdiri juga banyak, sama aja sih...buntut2nya ya perjuangan aja.

Anyway, pakaian buat ke gunung beda dong sama kalo ke pantai. Gak berarti jalan ke Gunung jadi gak modis ye. Walaupun judulnya jacket, kupluk, sarung tangan & scarf... sejauh mata memandang banyak yang ok untuk dilihat. Bahkan ada yang nekat pake celana pendek...gosh...

Dari jam 5 an semua mata udah tertuju ke arah Bromo...tapi baru sekitar jam 5.30 cakrawala mulai terang. Cuaca sih lumayan cerah terlihat dari bintang yang berkerlap kerlip. Tapi matahari cuman menampakan sinarnya aja, bukan bulatan merahnya. Agaknya dia malu melihat kita.

Gunung Bromo nya pun ikutan gak keliatan tertutup awan. Yang keliatan hanya puncak Semeru nya aja. Sayang banget memang.

Jam 7, langsung lanjut turun ke bawah pake hardtop. Bisa dipastiin kalo pake kendaraan biasa, gak bakalan nyampe mengingat jalan yang rusak parah. Sepanjang jalan kami nikmatin bunga edelweis yang tumbuh liar.

Setengah jam kemudian, hardtop diparkir dan langsung jasa penyewaan kuda langsung berdatangan. Kalo harganya 100 rb untuk pergi pulang itu ok, tapi kalo lebih jangan mau ya.

Atau mau seperti gue yang jalan kaki nikmatin sekitarnya...

Merasakan debu pasirnya yang hitam.

Menikmati Gunung Batok yang hijau menjulang.

Mengunjungi Pura Luhur Poten Bromo umat Hindu.

Gak berasa capek juga jalan ampe keatas. Mana tukang kudanya ngerayu mulu, " Ayo mas, saving tenaga buat naek tangga sampe ke puncak...capek loh..." gitu promo nya. " Ayo 20 rb aja sampe tangga " Wuidih ...gue langsung mau deh...hahahha...

Jaraknya deket banget dan memang lautan pasirnya makin terjal aja. Duh, kasian kudanya deh...Bodo ah...daripada gue yang pingsan. Hehehe...

Pas nyampe bibir tangga menuju kawahnya, temen gue malah jerit-jerit gak mau naek ke atas. Lah, piye iki? Setelah rayu-rayu selama 5 menit baru deh mempan -_-" mitamit

Jangan pikir tangga beton nya bagus dan gampang dilalui ye...

Udah banyak yang geropos dan ada beberapa yang ilang. Jadi harus hati-hati banget. Mana anak tangga nya secuil dan malahan gak bisa diliat lagi karena ketutupan debu pasir.

Tapi jalannya bisa santai kok, karena saking ngantrinya menuju ke atas puncak.

Nyampe puncak sih wow keren banget...memang bukan puncak tertinggi dibanding Gunung Batok apalagi Gunung Semeru. Tapi...okelah...

Udara juga udah gak sedingin subuh tadi.

Sejenak nikmatin keindahannya diantara kerumunan banyak orang. Gak bisa bayangin, kalo pas acara festival Hindu Yadnya Kasada. Acara larung sesaji ke kawah Bromo pasti seru dan mistis abis.

Perjalanan pulang, gak seberat tadi waktu naik tapi teteup aja musti extra hati-hati.

Oya, semodis apapun waktu pergi, pulangnya pasti jadi kumel bin dekil. Debunya tuh bertebaran dimana-mana, mau dari kuda yang lalu lalang, belom lagi dari orang yang naek turun ke puncak Bromo tanpa bantuan anak tangga.

Pantes aja disediain kamar mandi untuk bilas.

Jalan pulang, naik kuda lagi deh menuju parkiran hardtop. Gila aja kalo sampe jalan kaki...

Setelah dulu mencoba naik kuda di Gedongsongo, sepertinya sekarang udah terbiasa. Nikmatin aja ritme kudanya, sekalipun waktu arah turun.

Terakhir, jangan lupa beli edelweis buat kenang-kenangan.

Kemaren sempet liat di harian Kompas, kalo Bromo ditutup 2 bulan kedepan untuk renovasi. Ya mesti nya sih begitu untuk memperbaiki sarana yang rusak. Untung kemaren masih sempet liat duluan.

Pasir berbisik tuh ternyata gak disitu, tempatnya berbeda. Pengen sih sebenernya tapi waktunya gak cukup buat kesana.

Dari kacamata gue, Bromo menjadi salah satu tempat yang romantis buat dikunjungi sama pacar. Gimana enggak? Liat sunrise sambil pelokan, naek kuda beriringan, pegangan tangan menuju kawahnya, kasi edelweis sebagai tanda cinta...Oh My God...let me die...

Wish u were here, lovE...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...