Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 03, 2019

mabuhay philippines

My Flights
Beberapa waktu lalu sempat jalan-jalan ke negeri penggila pageant #1 di dunia. Apa lagi kalau bukan Philippines selama 9 hari 9 malam. Perjalanan tersebut gue rangkum dalam serba-serbi Philippines.

Merasakan Airport NAIA 2 & 4 di Manila, Mactan Cebu di Cebu, Fransisco. B. Reyes di Coron dan imho, Soeta Airport atau Ngurah Rai International Airport masih lebih bagus kemana-mana, selain fasilitas lebih lengkap, store untuk belanjanya juga banyak pilihan.

Jolibee package
❷ Jolibee is everywhere, neither Chowking. Chowking is much better. Sambal di kebanyakan tempat makan tidak disediakan, bila ada pun rasanya gak nendang.

Baked Shop also everywhere.

Philippines Airlines (PAL) lebih baik tentunya daripada Cebu Pacific. Harga kadang gak terpaut jauh tapi dapat full services. Empat kali penerbangan dengan PAL 1x delay waktu pulang ke Jakarta s/d 3 jam, sedangkan satu kali penerbangan dengan Cebgo, delay 1,5 jam kendala akibat hujan besar.

Kayangan Lake
❺ Cuaca di bulan Mei sangat panas, terkadang suka hujan. Untungnya selama liburan di sana hujannya gak mengganggu.

1 PHP ( Philippines Pesos ) = 275 IDR.

My itinerary : Manila  Cebu City → Moalboal Dalaguete Oslob Cebu City Coron Manila.

Basilica del Santo Nino, Cebu City
❽ Sebagai Negara kepulauan, selain wisata pantai, wisata yang bisa dilakukan adalah wisata Gereja Katholik.

❾ Budaya antri dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti antri kendaraan umum atau membagikan/ memberikan sesuatu dengan cara passing.

Canyoneering at Kawasan Falls
❿ Canyoneering salah satu kegiatan wajib selama di Moalboal. You just need to be brave and use all the gears. Sepatu tertutup dari bahan karet sangat disarankan apalagi kalau punya pelindung lutut. Makan siang yang disediakan tidak recommended tapi gak ada pilihan.

Osmena Peak
⓫ Osmena Peak bisa dikunjungi dengan mobil. Jangan percaya bila ada yang bilang hanya bisa dikunjungi by motorcycle terkait jalanan yang sempit. Untuk sampai ke puncak, dibutuhkan waktu ± 30 menit berjalan kaki.

⓬ Cebu Island sangat cantik dan jangan dilewatkan bila berkunjung ke Philippines. Explore kota-kota wisatanya. Bila ke Oslob tidak perlu datang untuk mengunjungi whale Shark watching. Selain mahal, its against PETA.

Sea Horse Guest House
⓭ Sea Horse Guest House, penginapan di Coron sangat recommended. Lokasinya yang strategis, dekat dengan pelabuhan, banyak tempat makan sekitaran, breakfast juga tersedia di hostel include harga kamar.

Rooftop of Sea Horse Guest House
⓮ Untuk menikmati Coron, minimal waktu yang dibutuhkan adalah 2 hari, dimana hari pertama adalah mengikuti Ultimate Tour dan hari keduanya island hopping ke Malcapuya Island. Harga yang ditawarkan beragam, pilih harga yang paling murah karena yang kita dapatkan akan sama saja.

Coco Beach
Bila ada opsi lain, lebih baik arrange private boat untuk mengunjungi spot-spot Ultimate Tour. Namun yang paling indah hanyalah Kayangan Lake dari Ultimate tour tersebut.

 Penerbangan dari Coron ke Manila lebih baik ambil yang pukul 08.00, dimana jam 05.00 kalian sudah dijemput oleh mobil van dari hostel menuju ke Airport. Pukul 10.30 sudah sampai Manila dan bisa langsung explore the city.   

Pia"s Gown
⓰ Yang bisa dilakukan di Manila adalah nge-mall & mengunjungi kawasan Intramuros. Di Greenbelt mall, di butiknya Albert Andrada terpampang gown-nya Pia Wurtzhbach, sang Miss Universe 2015. Yang menarik lainnya adalah kawasan kumuh di daerah Binondo.

District Binondo
⓱ Grab adalah aplikasi yang diandalkan untuk mengunjungi tempat-tempat di Manila. Mahalkah? Tentu saja, bila sehari mobile kesana kemari bisa sampai ratusan ribu. Dan di Manila, jenis Grab yang tersedia hanya Grab Car. Simcard sangat dibutuhkan untuk pesan Grab, jadi usahakan beli Simcard di awal kedatangan.

Aladdin
⓲ Harga cinema ± sama saja seperti di Jakarta. Yang membedakan, theater di sana tidak berundak menggunakan tangga tapi mengandalkan kemiringan ruang dengan kursi yang juga miring sekitar 10 degree. Ingat, toilet berada di dalam theater bukan di luar.

Rizal Park
⓳ Prosesi pergantian penjaga di Rizal Park cukup menarik untuk diikuti. So don’t miss it!

Next trip, maybe?
⓴ Walaupun Indonesia jauh lebih indah, kalau ada kesempatan, gue masih mau explore daerah lain di Philippines seperti Basco, Vigan, Paoay, Laoag dan Pagudpud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...