Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 04, 2011

me against traveling

Ngomongin soal traveling bakalan gak abis-abis, karena buat saya subjeknya menarik dan kalo lagi males kerja tiba-tiba jadi semanget lagi. Yah bukan semanget kerja sih, kerjanya teteup males...travelingnya dong yang semanget...

Traveling sejatinya sudah dimulai ketika sudah direncanakan. Eksekusinya sendiri hanya puncak dari acaranya.

Yang paling pertama dipikirkan ketika sudah tercetus mau traveling adalah tempatnya. Yah kamu mau kemana.? Kota mana? Negara mana?

Ketika tempatnya sudah dapet, baru deh riset di kota tersebut ada objek wisata apa saja, makanan setempat gimana, budaya lokalnya apa. Kalau Negara lain, apakah perlu visa? Buat saya, mau kota atau Negara apapun yang akan saya cari adalah keindahan alamnya, pastinya sih pantai.

Selanjutnya tentukan tanggal keberangkatan, apakah tanggal tersebut kamu bisa bolos/ cuti? Lalu lihat kalender wisata, apakah ada event-event yang berlangsung ketika kamu berada di tempat tersebut. Atau bisa juga kalau kalender wisatanya menarik seperti loy krathong di Thailand sekitar bulan November, atau ga usah jauh-jauh deh ke Solo aja di bulan Juni kemarin pas ada Solo batik carnival kamu bisa berangkat sesuai dengan tanggal dimaksud. Cuman harga tiket pesawatnya pasti lebih mahal, tapi worth it lah.

Cuaca juga diperhatiin, jangan sampe pergi ke pantai, tapi lagi musim ujan. Mau ngeliat apaan?

Jangan lupa ajak teman jalan atau pacar, karena traveling tanpa teman rasanya gak asik. Kayak makan tanpa garam *apalah...tapi jangan lupa cari temen jalan juga gak bisa asal. Kamu harus liat apakah temen tersebut suka rewel, ga bisa diatur, banyak maunya, rese, bossy, ga mau susah, atau suka mau yang murah-murah? Kalo yang terakhir sih saya banget dah hahaha...jadi ga masalah.

Kalau udah punya temen jalan regular sih enak, udah tau sifat/ karakter yang satu dengan yang lain. Kayak saya pertama kali traveling dengan teman jalan yang sekarang itu gak gitu kenal, banyak perbedaan ketika menentukan mau yang ini atau itu. Ada ribut-ributnya, saya maunya serba cepet, yang laen lelet banget. Saya juga maklum, karena itu pertama kalinya kami bareng-bareng. Gak gampang ternyata menyatukan isi kepala yang berbeda. Akhirnya sih liburannya berakhir dengan damai.

Traveling yang ketiga kalinya dengan teman jalan yang sama udah lebih santai, karena udah kenal, lagian selain traveling kami juga masih suka ketemuan jadi udah ga ada ribut-ribut lagi. Apa yang kami inginkan udah satu selera...

Ketika tanggal jalan sudah fix, booking lah tiket pesawat. Cari beberapa maskapai yang juga beroperasi untuk kedaerah tersebut. Bandingkan harganya dan juga jam keberangkatan. Itu semua mempengaruhi. Penerbangan paling pagi biasanya lebih mahal, tapi kalau waktu liburan bisa lebih lama dengan selisih harga yang masih ok, kenapa enggak?

Objek wisata yang sudah ada, dibuat untuk menjadi itinerary. Kalau ga bisa bikin itinerary, mencontek dari operator tur juga bisa. Paling enggak kamu bisa tau ancer-ancer waktunya Apakah bisa dilakukan dalam satu hari atau enggak? Juga harga ideal yang akan dikeluarkan untuk budget liburan kamu itu.

Memang rada libet untuk menyusun itinerary, harus ada plan B bila plan A meleset dari rencana. Juga medan yang ada kamu tidak tau pasti karena belum pernah kesana sebelumnya kan, apakah jarak dari satu tempat ke tempat yang lain dekat/ jauh dan lain sebagainya.

Booking pula seperti hotel/ hostel/ losmen tempat kamu menginap. Untuk hotel sih biasanya kami selalu pake yang murah, karena cuman dipake tidur doang. Kalo dapat sarapan juga itu nilai plus. Biasanya kami tidak tau pasti soal kebersihan di hotel murah tersebut. Kalau ada di internet pun, biasanya mereka cuman tampilin hotel dengan tampak depan doang, gak ada gambar kamarnya. lagian masa mau hotel murah tapi pelayanan bintang 5? Makanya telepon lah dahulu ke hotel yang kamu inginkan. Tanyakan dapat fasilitas apa saja. Sejauh ini soal kebersihan sih ga masalah. Malah mereka takut kalau ada komplain dari tamu, karena takut mendapat reputasi jelek.

Apakah selama kamu ditempat tujuan tidak ada moda transportasi? Bila angkutan kota terasa susah jangan lupa untuk booking rental mobil. Tanyakan dengan detail apakah termasuk supir & BBM dengan harga yang ditawarkan? Bila diluar negeri seperti Singapura yang sarana transportasinya sudah canggih, kamu bisa naik apa saja sesuai dengan kantong.

Selama ini acara jalan-jalan kami sih sepertinya lebih ke flashpacker. Gak selalu ambil harga termurah, selalu ambil yang middle bila yang murah tidak tersedia. Untuk pesawat sudah pasti pakai maskapai yang terkenal murah itu. Hotel pasti pakai yang murah juga, ngapain pake yang mewah dengan fasilitas yang super lengkap? Toh kami juga bakalan sering diluaran...Rugi bukan? Tapi untuk makan sepertinya enggak tuh, karena kami maunya makan enak, hobby makan sih. Yang kudu dimakan pastinya makanan yang terkenal didaerah setempat.

Kalo backpacker itu bisa jalan kaki, numpang kendaraan orang, makan pinggir jalan dan kaga ada acara beli oleh-oleh deh. Hmmm kayaknya kami ga gitu-gitu amat ah. Lagi musti punya jiwa petualang sejati itu sih. Memang lebih seru sebenarnya, interaksi sama orang setempat lebih tinggi, yah tiap orang beda-beda lah. Kenapa musti maksain yang bukan diri kami? Yang penting nyaman aja lah.

Kalau pilihannya ikut tour/ jalan sendiri. Pasti saya pilih pilihan yang kedua. Kalau tour itu ada waktu yang musti ditepatin, lebih banyak jalan ke toko-toko souvenir, musti bareng ama orang yang mungkin kami ga suka, kalo telat dari waktu yang ditentukan jangan protes kalo semua orang pada melotot, harga tour lebih mahal tapi memang makanannya terjamin dengan makanan resto, dan nginep di hotel berbintang. Pengalaman ikut tour beneran gak enak, karena isinya waktu itu orang-orang tua yang kalo malem baunya minyak angin semua, belom lagi leletnya mereka & bawa anak kecil yang cengeng. Menderita deh...

Jalan sendiri tuh lebih murah. Dengan harga sama seperti paket tour kami bisa lebih lamaan plus makan enak juga dan gak diatur karena lebih private dan bebas aja. Mau bangun siang kek, mau belanja lebih lama kek, suka-suka aja. yang penting semua hepi.

Bila semua sudah selesai, tinggal packing deh dan tunggu hari H nya. Obat dan vitamin jangan lupa masukin dalam koper karena kamu ga akan tau bakalan sakit/ enggak. Gara-gara salah makan aja kan bisa diare. Amid-amid ah...

Yang paling penting dari semuanya, jangan marah-marah kalo liburan kamu gak berjalan dengan semestinya. Seperti supir rental yang mungkin rese ga mau diatur malah ngatur sendiri. Temen jalan yang ternyata ngorok kalo tidur, ataupun objek wisata yang mungkin pada waktu kamu datang malah ga buka. Kami pernah tuh seharusnya masih ada waktu setengah hari untuk nikmatin Lombok tetapi karena penerbangan ke Bali dipercepat, maka objek wisata yang mau dinikmatin udah ga bisa lagi, karena pesawat udah mau berangkat. Di Bali juga sama, setelah kami datang malah bingung mau ngapain, karena rental mobil baru dimulai besok. Hotel juga belom ada karena belom booking. Kacau banget, tapi ya udah nikmatin aja.

Dari kelompok jalan yang udah ada, tentuin siapa yang menjadi bagian keuangan selama traveling, karena lebih enak kalo pengeluaran dipegang satu orang dong? kalau kami sih selalu begitu kecuali untuk pengeluaran pribadi. Selain bagian duit, harus ada yang jadi seksi acara seperti saya karena biar jalan-jalannya berjalan mulus musti ada yang ngatur dong? Dari bangun jam berapa biar semua objek wisata keuber semua sampai mau kemana dulu, makan apa. Libet? yoi...tapi fun aja tuh...

Diharapin sih tetep kompak dari pergi sampai pulang kerumah lagi. Masalah kecil/ besar diketawain aja gak usah dianggap serius. Idealnya sih kalo bareng-bareng cukup 4 orang aja, keramean juga puyeng. Dan jangan lupa bawa temen yang bisa jadi objek penderita, karena tanpa mereka liburan jadi kurang greget. Percaya deh.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk kasih tips yang cukup buat porter yang bawain koper sewaktu di hotel ataupun supir rental karena kamu kan lagi liburan, gak ada salahnya bermurah hati berbagi rejeki sama mereka kan?

Selamat liburan... have fun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...