Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 01, 2011

teman itu...

Kalau membicarakan tentang teman atau sahabat, jatoh-jatohnya pasti ke masa lalu dan masa sekarang dan pastinya masa yang akan datang.

Dari masa lalu kita bisa liat siapa aja yang udah temenan dari TK, SD bahkan sampai Universitas yang setia masih temenan sampai sekarang ataupun yang udah putus. Putus disini bisa dibilang ilang kontak atau bisa juga sengaja ga mau temenan lagi. Itu terjadi kok sama semua orang, saya juga ngalamin. Karena pada dasarnya pertemanan itu ada dikedua belah pihak. Bila salah satu tidak mau, itu tidak akan terjadi.

Dulu waktu kuliah, kami nge-gank ber-4. Kemana-mana bareng, dari duduk dipojokan, makan siang bareng-bareng di kantin Sola Gratia, bahkan madol kuliah juga bareng-bareng. Hmmm sebenernya gak madol sih, tetep datang kuliahan cuman ga masuk kekelas. Hahahahhah bandel amat. Sampai makan all u can eat di Spaghetti House yang sekarang gerainya udah gak ada 1 pun. Yah bangkrut kali kalo yang makannya kayak kita orang. Sampe-sampe pas besok2nya datang lagi tuh menu udah menghilang alias gak semua bisa all u can eat. Plus waiter nya yang tampangnya udah kayak ga digaji. Hello, kalau rugi ya jangan bikin program itu kale...!

Bahkan untuk tugas akhir pun kami tetep berkelompok sampai waktu pelulusan. Tibalah akhirnya kami masuk kedunia kerja, dan jarak yang ada langsung memisahkan. Bahkan alat komunikasi yang canggih pun gak bisa mempertemukan kami. Dari situ saya belajar bahwa teman itu bisa datang dan juga pergi, mau ataupun tidak, suka ataupun tidak.

Kalau mereview teman lama saya yang masih kontak sampai sekarang, hitungannya bisa pakai jari. Ada yang masih temenan setelah 20 tahun berlalu. Kalau sekarang ketemu itu pasti dengan anak-anaknya yang lucu dan menggemaskan. Rasanya pengen punya anak jadinya.

Ada juga yang mau menginjak usia 13 tahun di akhir tahun nanti. Udah pernah ngambekan, baean, ngambek lagi, ga mau ketemu, ga sudi nyapa, sampe temenan lagi. Dari dia cuman bermodal naik angkot B91 jurusan Bt sari-Tn Abang sampai ke motor, lanjut ke mobil Espass dan yang sekarang Honda Jazz. Memang sih semuanya itu punya kantornya hahahaha, tapi sepertinya dalam perjalanan hidupnya itu saya selalu mengikuti dari jaman susah sampai berubah glamour.

Ngomongin soal temenan, ada hal yang harus kita terima baik buruknya teman kita itu. Pastinya semua orang punya sifat baik dan juga jelek. Saya juga punya dan gak semuanya baik. Dan yang penting bagaimana kita menerima & memahami sifatnya itu, Seberapa buruknya pun, seperti kemarin saya disuruh menunggu 15 menit dan molor menjadi 1 jam demi kepentingan pribadinya yang seharusnya saya tidak perlu harus menunggu. Saya benci menunggu, haruskah saya marah? Tentu saja. Tapi apakah harus memutuskan pertemanan ? Tentu tidak.

Atau problem teman saya yang langsung dicuekin dan disindir-sindir gara-gara ga diajak jalan bareng padahal udah temenan belasan taun? C’mon lah...grow up man. Gak musti gitu kali.

Teman itu bagaimana kita belajar untuk sama-sama dewasa. Ada sesuatu yang gak suka ya diomongin, kalo masih gitu yah tinggal 2 pilihan deh. Masi mau temenan atau enggak. Itu pilihan...

Selain teman dari jaman dulu, ada juga temenan yang terjalin baru-baru ini. Baik dari temen kantor, temen satu komunitas dan juga temen traveling. Semuanya proses, ketika ada chemistry nya. Pasti lanjut kok. Masalahnya apakah bila tidak di satu kantor lagi, tidak di komunitas yang sama atau rencana traveling belum ada lagi apakah masih berteman, masih mau kontak dan sudi menyapa walau hanya di wall FB? Semuanya itu ada di chemistry. Teman itu apakah ada chemistry nya. Kalau ketemu cuman bengong-bengong aja bentar lagi pasti mati suri. Buat saya temen juga ga bisa asal temen yang cuman bisa say hi formalitas, tapi gak tau apa-apa tentangnya. Mending ga usah temenan.

Untuk teman dimasa yang akan datang, pastinya harus di maintain. Kalo enggak ya ga akan berumur panjang.

Kalau ada anggapan bakal hidup tanpa teman, itu bisa aja terjadi. Mungkin lebih tepatnya gak tergantung sama temen. Memang itu lebih baik. Kalo bisa hidup tanpa teman, sepertinya superior banget dan egois. Saya yakin itu bisa aja terjadi sama kita yang cuman gue gue elo elo. Urusan gue ya gue, elo ya elo...Bisa hidup? Bisa. Tapi idupnya gak akan berwarna, karena baik buruknya temen kita itu bikin pengalaman yang berbeda, juga menceriakan hari-harinya kita.

Dan yang paling penting teman itu harus setia, memang ga mesti harus selalu ada. Karena tentunya kita juga punya kesibukan dan teman-teman yang lain bukan? Tapi juga ga berarti ada temen baru temen lama dilupain kan?

Terakhir, temen itu musti bisa hormatin ranah pribadi temennya. Gak mesti soal pribadi musti tau & pengen tau dong? Gak semua kali ya...harus tau diri juga.

So, teman itu...?

# friend is like second skin, always regeneration which is bad will removed #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...