Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 21, 2011

melayani

Siapa bilang melayani itu gampang? Saya juga pernah ngalamin dan ga tahan, susah...

Pernah terpikir untuk menjadi waiter/ spg/ penjaga toko yang berurusan dengan pelanggan, customer, raja, psycho, perek? Mungkin enggak ya, terbersit juga boro-boro. Merendahkan martabat.

Saya pernah menjadi seorang waiter juga kasir di suatu restoran di mal waktu jaman kuliah dulu. Kerjaannya sih gampang, cuman ngelayanin kalau ada yang beli, harus tau rasanya kayak apa biar bisa jelasin, tau harganya, trus ngasirin, inget kode di program kasir nya, kembaliin uang pelanggan dengan benar. Gampang kan?

Belom semuanya. Senyum nya gimana? terus kalau ada komplen dari customer gimana? Apa masih bisa senyum sambil minta maaf? Belom lagi kalau marahnya angot, apa tahan diomel-omelin? Didepan orang lagih...duh malunya...bisa? tahan? Apa ajak berantem aja tu customernya.

Pelayan juga dituntut untuk sopan & ramah, mau dirumah abis ditabokin laki juga senyum harus tetap jumawa.

Saya ngerti lah, suka-duka nya pelayan. Sukanya juga ada kok. Kalo dapet uang tips, service charge juga ga nolak.

Yang penting sama-sama enak, pelanggan ga rese, yang wajar-wajar aja. Pelayan juga melayani dengan sepenuh hati.

Tapi,

kalau kebalikannya...pelanggannya yang biasa aja, pelayaannya yang songong kayak gak digaji? Omelin aja atau sirem mukanya pake kuah panas pesenan...uhhh sadis...

Saya pernah pesen burger di toko franchise terkemuka yang baru-baru ada belakangan ini. Namanya pelayan layanin dong mau pesen apa, malah belom apa-apa udah nyolot, " bingung kak pesen apa, liat-liat aja dulu " sambil melengos...Babi tu waitress! kalo customer bingung, dibantu dong, promo makanan yang laku apa. Sialan...

Atau ketika pesen french fries di toko burger franchise yang sekarang udah mulai redup. Masa kasi kentang goreng yang isinya setengah. Kalo untuk ukuran 1 porsi musti harus nunggu, ya bilang aja, ditungguin kok, bukannya malah ngurangin porsi...pantes aja sekarang udah mulai berkurang gerainya.

Pernah juga pesen take away soto mie favorit di mal buat makan di kantor, waitress nya aja udah hapal pesenan saya. Seneng dong? Pastinya. Berarti ada perhatian sama Raja. Eh, pas bayar kaget, kok naek ya harganya? Untuk ukuran soto mie muahal banget. Dalam hati ya sudahlah demi makanan favorit, harga ga masalah yang penting suka.

Kesenangan itu akhirnya berakhir dengan kemarahan. Mau tau kenapa? Porsinya berkurang, gak sesuai dengan pesanan, mana harganya naek...padahal waitress nya sudah hapal pesenan saya dan dicatat di kertas orderan. Kok bisa salah? dan ini sudah terjadi berkali-kali. Sudah saatnya omelin tu waitress lewat telpon dengan kata-kata pamungkas " gak bakalan saya makan disitu lagi " Well, saya akan menepati kata-kata itu! Walaupun itu makanan favorit saya, tapi kalo harganya naek ga kira-kira trus barangnya ga sesuai...kayaknya masih banyak restoran laen yang masih ngantri minta dikunjungi yeh.

Menjadi pelayan/ pemiliknya juga jangan sok takabur, mentang-mentang laku bisa seenaknya, mau beli sukur, ga beli juga emang gue pikirin. Saya pernah makan di daerah kampus, waktu itu dengan pacar, sekarang sih mantan kali ya. Gak sengaja mantan pacar saya itu iseng ngocek-ngocek sambel. Tiba-tiba ada suara menggelegar dari pemilik restoran " ITU SAMBELNYA GAK USAH DIKOCEK-KOCEK TAR BASI "...semua mata memandang kearah meja kami, mantan pacar saya langsung bengong, malu, shock...dan berjanji gak akan makan disitu lagi. Tante, kau telah melukai perasaan mantan saya loh...mampus aja lu situ! Tapi dia masih idup loh sampe cerita ini diposting hehehe... pake susuk kale.

Gak semua waiter gitu sih, satu waktu pernah makan waffle di restoran franchise yang berdiri udah lama. Namanya waffle ada toppingnya dong. Pesenan saya pake es krim vanilla dengan saos strawberry. Tau yang keluar apa? Ya, waffle dengan es krim vanilla saos strawberry. T a p i...jenjrengggg... es krim nya 2 scoop loh...ampe pingsan saya senyum senyum sendiri dapet durian runtuh. Waiter nya aja yang tergila-gila sama saya. Bukan salah saya dong...?

Yah dua pihak musti sama-sama tau posisi masing-masing lah. Yang melayani juga yang bener ga usah pake kurang ajar, yang beli pelayanannya juga ga usah sok sinting yang sanggup beli restorannya kalau ada hal yang ga berkenan. Gampang kan?

Omong-omong, saya juga pengen punya usaha restoran sendiri. Namanya sih udah ada " dapur Jo " weishhhh...makanannya sih belom tau, apakah chinese food, cafe atau apa ya? Yang pasti mie pasti ada...hmmm...tar mampir ya kalau sampe terwujud ;))

Saya juga ga bisa janji, apa saya juga bisa jadi pemilik yang ramah, dengan para pelayan yang sopan dengan makanan yang selalu terjaga baik mutu dan kebersihannya...well, yang pasti saya akan berusaha menjadi yang terbaik.

Selalu...doain ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...