Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 31, 2011

D.O.C










Kerja dibidang baru, lumayan seru juga biar ga bosen. Nah bidang yang gue geluti sekarang yaitu peternakan ayam. Walaupun gue kerja di kantornya, teteup musti tau ya seluk beluk di lapangan, tambah ilmu dan makin pinter, kalo bisa gaji tambah naek.
Hihihi...

Nah sistem peternakan nya tuh " Kemitraan ", Inti dipegang oleh PT dan Plasma dipegang oleh peternak.

Inti bertanggung jawab untuk pengadaan DOC, pakan, obat-obatnya. Sedangkan Plasma bertugas menyediakan kandang, memelihara DOC biar tumbuh sehat dan dapat dijual ke pasar. Sama-sama menguntungkan lah.

Apaan tuh DOC? pertamanya gue juga ga ngerti...malah dibaca " dok ". Ternyata bacanya tuh de oo se. Singkatan dari Day Old Chick. Ayam umur sehari.

Nah anak ayam itu dipelihara, dikasi kandang yang bersih, dikasi makan minum, karena masih kecil dikasi sekam & kasi pemanas gas biar ga kedinginan. Makannya juga sesering mungkin biar berat badannya ideal untuk dijual ke pasar.

Karena masih baru masuk kandang, gue masih mau pegang-pegang tu anak ayam yang masih kuning. Masih bersih dan lucu. Kalo udah gede dan kotorannya dimana-mana, hadeuh no thank you deh.










Pakannya aja bau setengah mati, hiy....gak sanggup bayangin anak kandang yang bobo ama DOC. Ckckck...










Anak kandang tuh musti bobo ama DOC, karena kandangnya terbuat dari bilah-bilah bambu kek rumah panggung, mereka suka kejepit dan jerit-jerit...huhuhu...belom lagi kalo pilek...mereka jerit-jerit juga. Lampu musti terang di waktu malam, kek bayi deh ketakutan gitu. Penyakit juga baru ketauan kalo malem. Pokoknya disayang-sayang deh, dipelihara dengan baik.

Selain pakan yang berkualitas baik, ada obat-obatan berupa vaksin, vitamin yang dikasi rutin per 1 minggu, 2 minggu biar ga keserang penyakit. Kalo sampe kena penyakit & mati, bisa-bisa panennya gagal deh.

Setau gue, ayam tuh disuntik di bagian sayap, ternyata enggak tuh. Biar pasti dan suntikannya masuk, biasanya pake vaksinator biar obatnya bener2 masuk. DOC disuntik dibawah kulit diatas daging dibagian leher atas, umur 1 minggu matanya dipakein tetes mata, umur 3 minggu disuntik lagi tapi di bagian dadanya. Belom lagi kalo mau dijual biasanya disuntik lagi. Penuh suntikan...Hiyyyy.....

Berat ideal DOC baru masuk sekitar 40-50 gram/ ekor nya. Kadang DOC nya sempet mati dijalan sebelom nyampe ke kandang loh. Hiks...kasian...

Anak ayam ini setelah nyampe kandang juga gak semuanya idup. Pasti ada kematian yang terjadi sebelum panen tiba. Tapi wajar kalo jumlahnya sedikit. Kalo banyak pastinya ada kecurangan, atau bisa juga kena wabah.

Peternak makanya butuh PPL ( Petugas Penyuluh Lapangan ) dari kantor, buat kasi penyuluhan gimana caranya biar panennya berhasil.

Panen ayam sekitar umur DOC 30-40 hari kemudian.

Tukang timbang ayam mulai sibuk nimbangin ayam tiap sepuluh ekor. Populasi tiap kandang beda-beda dan panennya pun gak selalu bersamaan.

Pembeli pun udah pada booking untuk tiap panen ayam. Mereka siap bayar dan jual lagi ke pasar.

Perhitungan keuntungan tiap Plasma didapat dari RHPP ( Rekapitulasi Hasil Perhitungan Plasma ). Dihitung berdasarkan harga kontrak untuk DOC, Pakan, Obat dan Penjualan.

Bila ada selisih plus dari harga pasar dengan harga kontrak maka peternak akan mendapatkan bonus pasar.

Ada juga yang namanya FCR ( Feed Convertion Ratio ) yaitu dihitung dari jumlah kilo pakan yang diberikan berbanding dengan total kiloan panen.

Kalau ada selisih minus FCR antara FCR actual dengan standar, peternak bakalan dapat juga bonus prestasi.

Semakin banyak populasi dan kalau harga pasar ok, keuntungan peternak bisa gila-gilaan. Belom lagi bonus2-nya....Hadeuh *Mupeng...

Berminat jadi peternak ayam setelah ini? Saya sih berminat asal jauh2 dari ayam dan ga mesti bobo ama mereka...hihihi...

Semenjak kerja di peternakan ayam, gue udah jarang banget makan ayam cepat saji itu. Walaupun kulit garingnya itu uenakkkk bangets....mhhhhh....kayaknya enggak deh...dan ayam secara keseluruhan juga udah mulai jarang sih. Gak nahan tuh obat-obatnya yang seabrek-abrek...gila aja gue makanin obat ayam...hueksss...

Gitu deh cerita DOC nya, masih kecil disayang-sayang.......udah gede dipeuncit ( bunuh )...tragis...dan bikin nangis...untung bukan doggie... :)) *Fiuhhhh...

Jadi inget waktu jaman kuliah, pernah ke Gramedia...ada sekumpulan anak-anak yang lagi ngumpulin tanda-tangan buat setuju gak makan ayam. What? gue sampe bengong...apaan sih? langsung gue tolak...mau makan apaan entar gue?

Mungkin kalo sekarang gue setuju...mungkin loh...

Untuk panggil DOC biar nyamperin gampang banget, bunyiin suara model karet yang buat saluran air wastafel kalo mampet... " POOP, POOP, POOP " mereka langsung menggila minta dibelai... so sweet...*Gue sih ga bisa bunyiinnya, yang ada malah bunyi kecupan-kecupan gitu....Hahahahhahahaha.....

Tapi,
mereka hidup untuk dibunuh...tidakkkkkkkkkkk... *Nangis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...