Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 03, 2012

wisata kuliner & oleh-oleh khas samarinda

Samarinda sebagai ibu kota dari Kalimantan Timur sebenarnya gak ada makanan khasnya. Penduduk aslinya kebanyakan orang Jawa dan Bugis. Sejauh mata memandang, warung makan Lamongan dan tahu Sumedang ada di mana-mana. Jadi jangan mengharapkan apa-apa, tapi mungkin kalau suatu saat ke Samarinda berikut pilihan santapan untuk dinikmati.



Nyampe bandar udara Sepinggan, Balikpapan, makan nasi goreng gila di Baso Lapangan Tembak Senayan. Duh bentuk hatinya...bikin dag dig dug...kalau soul mate gue lihat, dia pasti jerit-jerit kesenengan deh. Partner gue saja sempet sirik karena dia pesen nasi goreng ikan asin dan bentuknya amburadul. Hihihi...



Setelah 3 jam naik mobil dari Balikpapan nyampe juga ke Samarinda. Langsung makan siang ke warung Lamongan di Jl. Antasari. Tempatnya kecil tapi ruamee banget. Makanannya macam-macam, ada ayam dan ikan. Waktu itu pengen banget nyobain nasi soto, nasinya itu langsung disiram kuah soto, jeruknya saja langsung diceburin di situ. Segar dan murah meriah.


Ada lagi ayam gepuk, enak banget. Ayam & nasinya tuh seupil tapi enak banget sambelnya. Pengen nambah tapi kok malu ya, yang laen juga cuman makan 1 porsi sih. Minumnya es kelapa dong biar mantap. Tempat makannya deket Ramayana pokoknya.


Mas-mas waiter-nya pada pake batik motif Samarinda. Duh pengen euy. Musti beli pokoknya.

Ada lagi Warung Upik, masakan Padang di Jl. Juanda 196. Gue belom pernah makan ikan bilis, ikannya model ikan teri gitu. Enak sih. Dan buka 24 jam, jadi kalau sudah kemaleman dan gak tahu mau makan apa ya tinggal ke sini saja, cuman memang rada mahal makanannya.


Yang berasa aneh tuh beberapa kali minum teh manis di Samarinda, gak tahu yang aneh tehnya atau gulanya, manisnya aneh kayak gak fresh atau entahlah.

Giliran berikutnya, makan di Saung Pasundan di Jl. A. Wahab Syahrani. Masakan Sunda dong pastinya. Yang unik tuh dinding bambunya penuh gambar-gambar seleb jaman dulu, model Muhammad Ali, Elvis, Jimi Hendrix...kreatif...


Biasanya masakan Sunda tuh ya gitu, udah gelaran banyak masakan, tinggal nyomot saja mau yang mana model resto Bumbu Desa.



Gue makan empal & bakwan sayur dan semangkuk kacang merah. Wow...seneng banget...semuanya kesukaan gue. Apalagi sambel tomatnya, pedes gokil.



Nah giliran oleh-oleh, baru ada tuh yang khas Samarinda, namanya amplang bumbu. Di sepanjang Sungai Mahakam, toko amplang pada berderet. Yang gue beli merk Usaha Devi. Amplang tuh semacam kerupuk pilus terbuat dari ikan pipih dan rasanya gurih. Dijamin makan 1 bungkus dalam sekejap habis tanpa terasa.

Dan mereka juga sudah menyiapkan kardus buat bungkus kerupuk dalam jumlah banyak. Berhubung belinya banyak eh harganya bisa turun loh...lumayan...


Gini deh wisata kuliner di kota Samarinda, walaupun gak ada yang khas tapi enak-enak loh. Yaiyalahw...itu mah makanan yang biasa gue makan. Yang ada bisa tambah chubby kalau gue tinggal di kota ini. Hihihi...

Kapan-kapan main ke Banjarmasin ah...katanya masakannya manis & aneh...penasaran...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...