Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 18, 2012

candi gedong songo










Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Dari kota Semarang ditempuh dalam waktu ± 1 jam.

kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, "Gedong" berarti rumah/ bangunan, "Songo" berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Seluruh candi tersebar diseluruh bukit, dan tempatnya gak terlalu berdekatan. Walaupun total candi ada 9 kompleks, tapi yang bisa dilihat hanya 5 saja, karena 4 sisanya sudah berupa puing-puing.

5 kompleks dapat ditempuh dengan jalan kaki mengikuti rute jalan setapak yang sudah di semen, atau juga dengan mengendarai kuda yang disewakan, ditemani dengan kusirnya tentu. Adapun harga berkuda untuk mengunjungi seluruh kompleks hanya Rp.50.000,- saja.










Kami putuskan untuk naik kuda untuk mengunjungi candi tersebut. Setelah tanya kusirnya ternyata hanya kuda betina saja yang menemani pengunjung untuk jalan-jalan. Katanya sih kalo kuda jantan sedikit binal dan ga bisa diatur. Jadilah saya ditemani Wahyu si kuda betina mengelilingi kompleks candi Gedongsongo.










Kasian deh kudanya sampe heh hoh membawa saya yang berat....hahahahaha... "Sabar ya, penderitaan baru dimulai" sambil elus-elus si Wahyu. *Wahyu sopo sih? Wahyuningsih?










Pemandangan sekitar sih, sejauh mata memandang hijau dimana-mana. *Sambil pegangin pelana kenceng-kenceng takut lepas.










Hawanya gak terlalu dingin kek di Dieng ya dan nyaman. Pengunjung juga banyak banget, kebanyakan dari daerah Jawa juga karena pada ngomong basa Jawa.

Kusir membawa kami langsung ke candi Gedong IV. Haaaa? gak salah rute nih? dengan men-skip candi Gedong V? Parah...kirain nanti bakalan kesana, ternyata enggak...
*Korupsi abangnya...amit-amit...gak jujur...saenak dewek...*@&%$@*+!!










Nih, foto candi Gedong V dari kejauhan. Hiks










Candi Gedong IV tuh punya 2 candi yang jaraknya sedikit berjauhan ( nih saya kasi liat foto-nya ), sambil foto-foto terlihat kuda-kuda yang disewakan pada merumput. *Suka banget foto yang ini.













Yang ini foto candi dari deket.










Yang ini candi yang satunya lagi...










Antara candi Gedong IV & III, kami melewati sumber mata air panas yang mengandung belerang...













Kayaknya favorit pengunjung dan saya paling suka candi Gedong III, mau foto aja susahnya minta ampun...ruamee banget. Setelah tunggu lama, dan orangnya pada ngacir baru deh bisa bebas foto-foto.










Kali ini seperti namanya ada 3 candi yang bisa dilihat, bentuknya tinggi ramping keatas, ciri khas candi Hindu. Berasa deja vu, soalnya sama seperti candi yang ada didataran tinggi Dieng.










Menuju ke candi Gedong II, abangnya udah gak berenti-berenti lagi...mau foto aja sambil jalan...*Parah

Dan buru-buru mau masukin kudanya ke istal, haduh....memang udah mulai gerimis, tapi ya tunggu sebentar kali ya. Memang pas banget waktunya, pas ujan pas udah sampe. Kalo masi diatas udah ujan gimana cara?

Untuk ngubek keseluruhan kompleks candi dalam waktu singkat memang lebih efisien untuk naik kuda, dan gak cape pula. Tapi kalo gini sih kecewa banget...










Bahkan candi Gedong I hanya dapat dilihat dari kejauhan saja...

Disini banyak yang jual sate kelinci loh, belom pernah coba dan berasa gak tega mau nyobain 1 tusuk juga...

Gara-gara ujan, bubar semua, bahkan ga sempet nonton kuda lumping.

Walaupun sedikit ga nyaman, paling enggak pemandangan disekitar candi yang dipenuhi pohon pinus lumayan mengobati kekecewaan. Udaranya sejuk khas pegunungan, paru-paru berasa loncat-loncat karena jarang menghirup udara yang masih sakral *Halah...

Berkuda juga menyenangkan banget, biar duduknya enak, kita musti ngikutin gerakan kudanya & santai aja. Kalo nanjak, badan kita musti sedikit menunduk, nah giliran jalanan turun, kaki & badan musti tegak. Gampang-gampang susah yang bikin ketagihan deh.

Wisata budaya ini lumayan menggairahkan, walaupun belum sepopuler candi Dieng. Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya ikut menjaga dan melestarikan peninggalan jaman baheula. Jangan sampe candinya ikutan berkurang lagi dari 5 sisanya.

Seperti misalnya...candi Gedong telu....? *Mengerikan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...