Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 27, 2012

bali dulu & kini...selalu dicinta













Untuk ketiga kalinya saya ke tanah dewata...hujan selalu mengguyur kemana pun kami pergi, karena memang lagi musim ujan & imlek...

GARUDA WISNU KENCANA













Tempat ini belum ada perubahan berarti dari patung yang sudah ada. Baru ada patung kepala & tangan Wisnu, serta Kepala Garuda.

Patung ini dibuat oleh seorang lulusan ITB bernama I Nyoman Nuarta. Patung Dewa Wisnu ini akan ditata diatas patung Garuda setinggi 75 meter dengan keseluruhan tinggi patung mencapai 145 meter dan akan mengalahkan tinggi patung Liberty yg hanya sekitar 46 meter.

Tapi gak jadi-jadi yah?













Yang baru hanya tempat air suci yang mengalir di plaza Wisnu. Bagi yang ingin meminta berkah dapat bersembahyang di tempat tersebut.













Kenapa musti Wisnu & Garuda?

Figur Dewa Wisnu merupakan sebuah ilustrasi tentang manifestasi kemahaagungan Tuhan ketika memelihara dan merawat ciptaannya. Dewa Wisnu adalah pemilik Amerta yang berwujud air sebagai sumber kesuburan yang terkait erat dengan kemakmuran & kehidupan jagat raya dengan segala isinya.

Garuda dipilih sebagai kendaraan Wisnu yang ditafsirkan sebagai simbol kesetiaan & pengabdian yang disertai pengorbanan tulus kepada sang penguasa. Juga sebagai kemerdekaan berimprovisasi, berkreasi & apresiasi dalam berbudaya khususnya dalam aktivitas berkesenian serta simbol pembebasan dari bentuk-bentuk pembelengguan & perampasan hak-hak azasi.


TANJUNG BENOA

Tempat ini tempatnya olah raga air. Dari parasailing, jet ski, banana boat, flying fish, snorkeling sampe diving.

Harganya memang mahal banget, sekedar contoh untuk mencoba flying fish selama 10 menit dihargai Rp.150.000,-/ orang. Mending beli sesuatu deh yang lebih penting & worth it.

Mau snorkeling ataupun diving juga mau liat apaan? karena disitu bukan spot nya.

Palingan ke Pulau Penyu liat binatang-binatang macem penyu pastinya, burung rangkong, iguana, kelelawar dan ular. Dan sekarang bayar Rp.5.000,- buat masuk kawasan ini. Komersil banget...

Kali ini saya memberanikan diri untuk dililit ular. Moncong nya sih udah diiket solatip, tapi masih ada celah buat lidahnya menjulur-julur. Gubraks...













Rasanya tuh dingin, meliuk-liuk dan tulangnya itu berasa banget. Saya jadi tau rasanya jadi mangsa ular yang dibunuh sambil dililit...mengerikan...


PANTAI DREAMLAND










Pantai ini letaknya didaerah Pecatu, deket dengan GWK dan...saya belum pernah kesini...yeahhhh...

Bila kita jalan terus kesebelah kanan pantai maka akan didapat spot terbaiknya. Karena pantai semakin sepi akan semakin baik pastinya. Karangnya yang menjulang, dengan sapuan ombak yang lumayan ganas malahan membuatnya menarik.

Malahan ada turis China yang anaknya jatuh kesapu ombak, karena saya berada gak jauh dari situ ya saya tolongin. E, mama nya bilang " Xie-xie ", meninggalkan gue yang bingung mau jawab apa. Yang keluar malahan kata-kata " Thank you " ....hahahhaah *Malu-maluin.










Tebing karangnya itu khas banget, sama seperti pantai suluban yang berada ga jauh dari pantai dreamland. Keren, cuman sayang cuman 1 jam saja menyambangi Dreamland.

TANAH LOT










Obyek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan.

Hari sudah siang, dan air pun sudah pasang sehingga pengunjung ga bisa nyebrang untuk melihat keindahannya dari dekat.

Walaupun begitu kecantikan alamnya, tetap indah dari sudut manapun.










Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat Pura Batu Bolong yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan yang berbentuk seperti jembatan.

Di Lombok juga ada Pura Batu Bolong, tapi sepertinya lebih cantik yang di Bali.

Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang spektakuler untuk melihat sunset. Gak sunset aja udah keren, apalagi pas sunset...wuidih...

Nah, tengah-tengah antara Tanah Lot & Pura Batu Bolong ada tempat yang asyik untuk liat keduanya. Bagus banget deh.

Saya sampe pake jasa Belih ( Abang ) buat foto-foto di tempat ini, gaya aja sesuka hati, nanti yang bagus tinggal pilih & cetak. Kameranya Canon loh...huh mupeng abis...tanya-tanya sih harganya 4 jeti, itu harga dulu. Dan hasilnya keren...thank you ya, Belih...


BEDUGUL










Daerah Bedugul berada diketinggian 1200 m, menyebabkan tempat ini sejuk dan kadang di selimuti kabut seperti beberapa tahun lalu saya ke tempat ini. Tapi karena saya kesini pas tengah hari, jadi sudah bebas kabut...tapi hawanya masih tetep sejuk.

Disepanjang jalan menuju tempat ini banyak banget kios-kios yang menjual buah-buahan seperti salak, manggis & terong Belanda.

Disini juga ada penyewaan boat bagi pengunjug untuk menikmati keindahan Danau Beratan.

Sebelum saya ngiterin danau, saya tanya dulu dimana sih Pura Ulun Danu yang terkenal itu? Apakah bisa dilewati dengan boat? Ternyata bisa...ya udah mau aja, karena emang pengen banget liat Pura yang nongol di belakang pecahan duit Rp.50.000,- an itu.










Sambil menikmati semilir angin Danau Beratan, ternyata ada Villa loh yang disewakan ditengah-tengah danau. Huh pasti romantis abis deh nginep di tempat ini...dingin ...syahdu & mengundang...hahahahahah...










Akhirnya nyampe juga tuh ke Pura Ulun Danu...Sumpah, keren abis...dengan 11 atap nya yang menjulang, didedikasikan untuk Dewa Shiwa & istrinya Parwati.

Candi air ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Danau Beratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi.

Notes :
Apapun daerahnya, Bali akan tetap indah dan akan selalu ramah, siap menunggu para wisatawan. Seperti Bandara Bali yang lagi bebenah biar lebih lega & nyaman menanti siapapun, darimanapun, kapanpun untuk menikmati alam Bali yang menakjubkan. Karena setiap hari adalah holiday. I <3 Bali.










Bobo :
LEGIAN PARADISO HOTEL
Jl. Legian No. 118 Kuta
0361- 752 167

Didepan hotel bukan receptionist yang tersedia, malahan bar & stage buat ajojing. Saya sih suka, konsepnya menarik, cuman tempat ini gak bakal cocok buat orang yang suka kesunyian karena bar baru berenti sekitar jam 01.00 dinihari.

Kamarnya nyaman. Hanya saja air minum untuk tamu pake botol dengan tutup yang memerlukan bukaan botol. Nah, mana tuh bukaan botolnya?

Selain itu hotel ini menyajikan pemandangan yang menarik disetiap sudutnya. Ada swimming pool & tempat massage... bolehlah...


Makan :
GRAND SEAVIEW CAFE, JIMBARAN
Kedonganan beach, Kuta-Denpasar
0361-705981










Makan seafood dengan menu kepiting, cumi, udang, ikan, kerang & plecing kangkung plus sambel matah...wow...










Ditepi pantai dengan meja-meja yang memanjang menuju pantai Jimbaran...yang kalo pas pasang, meja paling bawah akan kebanjiran ombak.










Menu akan menjadi nomor 2, karena suasana yang paling dibeli ditempat ini.


Oleh-oleh :
Krisna oleh-oleh khas Bali
Jl. Sunset road 88 Kuta-Denpasar
0361-750 031
www.krisnabali.co.id

Tempatnya luas & harganya murah. Paling suka produk spa & dupa aromaterapi nya diantara banyak ragam produk yang ada. Dan kalo belanja diatas Rp.200.000,- bisa pake credit card dan gak kena charge. Asyik...

Krisna punya 2 cabang lain di Nusa Indah & Nusa Kambangan.

Dewata oleh-oleh khas Bali
Jl. By pass Ngurah Rai 53, Tohpati-Sanur
0361-965 4297

Tempat oleh-oleh di Bali sekarang udah banyak banget, kalo dulu cuman tau Erlangga & Krisna sekarang ada Dewata. Semua juga bilang pusat oleh-oleh khas Bali. *Halah...

Disini saya gak tau mau beli apaan, paling aksesoris yang gak ada ditempat lain.

Walaupun AC nya gak pol, tapi kelebihan Dewata bisa minta kardus untuk packing oleh-oleh dan gratis.

Galuh art shop
Jl. Raya batubulan Gianyar-Bali
0361-298 304

Tempatnya beli baju & batik ada disini. Harganya bersaing lah. Kualitasnya juga gak diragukan. Saya sampe borong batik warna ijo 4 biji. *Biji apaan?

HAWAii Bali
Jl. By pass Ngurah Rai no 28X Tuban
0361- 766 171

Salah satu tempat yang jadi favorit saya, karena barangnya bagus-bagus untuk aksesoris & pajangan. Tapi pas udah nyampe rumah saya cek lagi bon belanjaannya kok dia charge nya kelebihan ya? Memang harganya gak seberapa tapi saya tetep dirugikan. Saya gak tau apa kasirnya memang sengaja atau cuman teledor aja? Padahal belanjaan saya gak banyak loh masih dibawah 10 item. *Sial...

Teman ( Tempat Penyaman ) Joger













Siapa sih yang gak tau Joger, pabrik kata-kata yang mempopulerkan kata " Joger jelek Bali bagus "

Utamanya jualan kaos dengan tulisan kata-kata nyeleneh. Saya pribadi sih gak suka kaos begituan. Tapi untuk hunting aksesoris, pernak pernik pajangan sih bisa dibeli. Harganya cukup ramah dikantong. Cuman ruamenya tak ampun...siap-siap keringetan dan bejubelan ditempat ini.

Dan peringatan agar menjaga barang-barang pribadi seperti kamera, hp & dompet sering banget dikumandangkan. So be careful...

Pasar Sukawati










Barangnya sih standar & cenderung sama aja atau lebih rendah kualitasnya dengan yang dijual di pusat oleh-oleh sejenis, cuman bisa ditawar. Saya sih males belanja disini, karena selain mbok nya suka ngomel2 kalo gak jadi beli, eh suka narik2 tangan orang biar jadi dibeli loh. Kalo suka tarik urat dengan yang jualan sih terserah...saya sih males ah...lagian gak ada barang favorit.

Saya sih beli salak & brem cair disini. Pertamanya, beli salak biasa tapi ternyata ada salak gula pasir yang manisnya memang seperti gula karena manis, gak ada asem & sepet. Juara banget dah tuh salak...


Show stage :
SAHADEWA
Tari kecak & Sanghyang
stage chandra budaya
Jl. SMKI Batubulan no 25 Gianya-Bali
0361-298 607
www.sahadewabali.com










Ceritanya tentang Rama & Sita. Sita diculik Rahwana, tapi dengan bantuan Hanoman & Garuda, Rahwana berhasil dikalahkan.

Pertunjukannya sih agak kurang bagus, entah apa yang kurang. Tapi menurut saya lebih bagus yang ada di Uluwatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...