Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 24, 2013

30 hari menuju oscar 2013 : my prediction

Oscar 2013 akan segera dihelat dalam hitungan 30 hari kedepan, masalahnya siapa yang akan memenangkan award nya untuk insan perfilman dunia itu?

Dari kategori bergengsi best picture terdapat 9 nominee yang saling bersaing, diantaranya :

Best Picture:
"Beasts of the Southern Wild"
"Silver Linings Playbook"
"Zero Dark Thirty"
"Lincoln"
"Les Miserables"
"Life of Pi"
"Amour"
"Django Unchained"
"Argo" 


Tapi jagoan gue udah pasti Argo yang menang di penghargaan Golden Globe & SAG awards. Filmnya bagus, sangat Amerika. Kalo sampe menang ini berarti kemenangan besar bagi Ben Affleck sang sutradara, walaupun dia tidak dinominasikan sebagai Best Director di ajang Oscar ini.



Best Supporting Actor:

Christoph Waltz, "Django Unchained"
Philip Seymour Hoffman, "The Master"
Robert De Niro, "Silver Linings Playbook"
Alan Arkin, "Argo"
Tommy Lee Jones, "Lincoln" 



Di Supporting Actor, semua aktornya pernah memenangi Oscar sebelumnya baik di Leading Actor maupun Supporting. Hoffman memenangi Oscar di Leading Actor film Capote, De Niro di film The Godfather II sebagai supporting dan di film The Fugitive sebagai Leading Actor. Alan Arkin di film memorable Little Miss Sunshine sebagai Supporting Actor.

Christoph Waltz mengantongi Oscar sebagai Best Supporing Actor di film favorite gue Inglourious Basterds yang berdarah-darah, sedangkan Agen MIB Tommy Lee Jones pernah meraih Oscar di film The Fugitive sebagai Best Supporting Oscar.

Dan pemenangnya siapa dong? Jagoan gue sih Tommy Lee Jones aja deh...Secara dia terakhir dapet Oscar di The Fugitive tahun 1993.


Best Supporting Actress:

Sally Field, "Lincoln"
Anne Hathaway, "Les Miserables"
Jacki Weaver, "Silver Linings Playbook"
Helen Hunt, "The Sessions"
Amy Adams, "The Master"


Sepertinya gak mungkin jatuh ke tangan orang lain untuk posisi Best Supporting Actress kalau gak ke tangan Anna Hathaway. Kandidat yang sangat kuat untuk memenangkan satu kategori yang lumayan bergengsi dimana dia pantas mendapatkannya setelah sekian lama wara wiri di kancah perfilman Hollywood.

Sebut saja film favorite gue kek Devil wears Prada, Brokeback Mountain & Rachel getting married, akting Hathaway tetap menawan.


Best Director:
 
David O. Russell, "Silver Linings Playbook"
Ang Lee, "Life of Pi"
Steven Spielberg, "Lincoln"
Michael Haneke, "Amour"
Benh Zeitlin, "Beasts of the Southern Wild"




Biasanya pemenang Best Director dibarengi dengan Best Picture. Tapi gak tau juga deh tahun ini. Kalau secara nominasi yang masuk Best Director ini filmnya semua masuk di kategori Best Picture. Apa mungkin Argo gak jadi menang di Best Picture? Duhhh...stress deh...

Tapi gue jagoin Spielberg aja deh...no reason sih, asbak aja alias asal tebak ahahahha....

Ang Lee juga menjadi kandidat yang kuat sih sebenernya. Tapi ya kita liat aja deh ntar...

Best Actor:
 
Daniel Day Lewis, "Lincoln"
Denzel Washington, "Flight"
Hugh Jackman, "Les Miserables"
Bradley Cooper, "Silver Linings Playbook"
Joaquin Phoenix, "The Master" 


Siapapun yang dinominasikan menjadi Best Actor mempunyai peluang yang sama untuk membawa 1 patung Oscar. Kandidat yang kuat dan sudah menang Oscar sebelumnya adalah Lewis & Washington. Apalagi Lewis kalau gak menang sepertinya gak mungkin. 

Tapi, Hugh Jackman juga calon terkuat lainnya dari sisi yang belum pernah dinominasikan sebelumnya dan berperan sangat baik di film musical Les Miserables.

Walaupun sangat ingin Hugh Jackman memenangkan Oscar, apalagi rival nya di The Prestige Christian Bale sudah mengantongi Oscar lebih dulu di kategori Supporting Actor di film The Fighter. Tapi pilihan gue teteup jatuh ke tangan Daniel Day Lewis.

Best Actress:
 
Naomi Watts, "The Impossible"
Jessica Chastain, "Zero Dark Thirty"
Jennifer Lawrence, "Silver Linings Playbook"
Emmanuelle Riva, "Amour"
Quvenzhané Wallis, "Beasts of the Southern Wild" 

Pernah nonton film The Help dan The Tree of Life yang dibintangi Chastain? Kalau udah nonton, jangan lupa nonton juga Zero Dark Thirty besutan Kathryn Bigelow pastinya bakalan setuju kalo Jessica Chastain yang akan memenangkan Oscar Kategori Best Actress without a doubt...

Jangan lupa juga nonton Lawless, film model public enemy gitu...apalagi disini maennya topless loh....hihihi....

Lawrence sebagai pendatang baru, yah gak terlalu baru banget juga karena dia pernah dinominasikan sebelumnya di tahun 2010 di film Winter's Bone. Atau kalo belum notice juga sama si cantik ini, pernah nonton X-Men : First Class ? Nah dia berperan sebagai Mystique...

Gue juga belom sempet nonton Silver Linings Playbook yang banyak memenangkan banyak awards. Tapi gue kekeuh aja kalo yang bakal menang si Miss Chastain.

Anyway, ini cuman prediksi gue aja. Seru-seruan, karena gue sangat suka film-film nominasi, gemebyar acara red carpetnya plus acara penghargaannya itu sendiri yang sangat prestisius.

Tapi mana ya Angelina Jolie, George Clooney, Michelle Williams, Renne Zelweger, Brad Pitt, Charlize Theron, Kate Winslet ? Biasanya mereka langganan nominasi....

Acara Academy Awards ke 85th ini bakal tayang di ABC tanggal 24 Februari 2013. Semoga yang terbaik yang menjadi pemenangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...