Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 18, 2013

kuliner & oleh-oleh bangka


Otak-otak Acu-Belinyu. Haduhhhh, ukurannya cuman sebuku jari jadi berasa makan chiclets. Yang istimewa tuh sambelnya ada 2 macam, sambel terasi dan sambel tauco. Makannya? Terserah....mau sambel tauco saja boleh, mau 2-2 nya juga ok. Harganya Rp. 2.000/ pcs. 

Yang terkenal sih katanya otak-otak Afung di kota Belinyu, cuman lagi tutup. Kebetulan otak-otak Acu berseberangan, jadi ya udah daripada gak nyobain....rasanya sih rasa otak-otak....hiyaaaa....


Namanya Mie Koba. Koba tuh ternyata nama kota di Bangka. Memang asalnya berasal dari sana tapi si empunya usaha, buka cabang juga di Pangkal Pinang, jadilah mie Koba ini favorit masyarakat setempat.

Topping-nya sepi, cuman pake bawang goreng dan seledri saja. Cuman kuahnya memang kuah dari campuran hasil laut. Dan nemu juga sih cumi seirisan kecil. Biasanya Mie Koba ini dimakan pakai telor rebus. Mie Koba & telor rebus plus 1 gelas aqua dibanderol Rp 12.000,-

Kata supir rental yang bawa gue ke tempat ini, rasanya sih lebih enak waktu jaman dulu. Kalo kata gue malahan lebih enak Mie Atep Belitung, rasanya lebih mantep dan harganya lebih murah.


Wah, Bangka lagi musim durian....walaupun kecil tapi rasanya manis banget. Harganya tapi amit-amit sampai Rp 20.000 /buah. Gak ada salahnya kalau ke sini nyobain Durian Bangka, tinggal duduk manis & gak usah pusing ngupasin kulitnya, udah beres makan disediain air minum sama abangnya.


Oleh-oleh khas Bangka itu kerupuk ikan & cumi, namanya Kricu. Terus ada Rentak Kue Sagu yang di panggang, rasanya enak loh. Selain itu ada abon ikan tenggiri. Sekedar tips kalau makan abon ini jangan lupa dimakan dengan nasi panas, rasanya maknyusss...

Ada juga manisan Kelabi, seperti Kiamboy cuman berkuah dan rasanya sama-sama asam.

Terakhir ada Teh Tayu. Gak terlalu pahit dan berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Selain makanan, ada juga toko souvenir dari kerang-kerangan atau toko kerajinan pewter yang bahan bakunya berasal dari timah. 

Kalau di Yogya ada Dagadu, di Bali ada Joger maka di Bangka ada toko Pundok Shang yang menjual t-shirt  khas Bangka yang ikut meramaikan toko oleh-oleh khas daerah Bangka.

Semuanya dapat dijajal sekaligus karena ruko tempat jual oleh-oleh ini bersebelahan cuman sayang banget kebanyakan harganya mahal dan gak bisa discount.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...