Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 08, 2014

nonton ogoh-ogoh di lombok















Nonton ogoh-ogoh sehari sebelom hari raya Nyepi menjadi calender events yang emang gue tunggu-tunggu. Walaupun cuman nontonnya di Lombok, yah its okelah. 

Bedanya, kalo ogoh-ogoh di Lombok, wujudnya lebih kecil dibanding yang ada di Bali. Walaupun demikian, namanya masih tetep ogoh-ogoh. *Apa sih?

Dan pas Nyepi-nya kalo di Lombok kita masih bisa berwisata karena kebanyakan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kalo di Bali, pas Nyepi udah gak bisa ngapa-ngapain deh.

Parade ogoh-ogoh ini dihelat di pusat kota. Semua warga bisa nonton gratisan. Gue pun ikut berdiri diantara kerumunan orang-orang, bawa kamera sambil pegangin payung karena ujan mulai turun.

Ogoh-ogoh sedianya adalah karya seni berupa patung yang dibuat dari bahan kertas, mempunyai bentuk menyerupai raksasa ataupun berwujud mahluk-mahluk gaib dan diarak sehari sebelom hari raya Nyepi. Proses ini melambangkan umat manusia yang insyaf dari segala sesuatu yang jahat yang berasal dari dirinya sendiri ataupun yang berasal dari lingkungan maupun dari alam semesta. 

Sebagai hari yang penting bagi umat Hindu, anak-anak muda ikut berpartisipasi dalam parade ogoh-ogoh ini. Yang menjadi perhatian gue tuh teenagers yang rambutnya di cat blonde. Kalo cuman 1 orang kayaknya biasa, tapi ini lumayan banyak loh. Apakah ini diartikan sebagai hari untuk berpesta atau berapresiasi sebelum hari Nyepi tiba? 

Kalo liat di tv malahan sekarang karakternya bukan cuman mahluk-mahluk gaib, tapi tokoh-tokoh politik. Seru sih....ya anggep aja itu emang sesuatu yang tidak baik dan harus dibuang jauh-jauh dari sifat dan tabiat seorang manusia.

Yang bikin kesel, gue tuh pengen difoto diantara crowd, tapi driver rentalnya gak bisa pake kamera SLR gue. Gue udah curiga tapi gak mungkin juga pasang tripod karena rame banget. Setelah gue jutekin drivernya akhirnya emang ada sih foto gue dengan latar ogoh-ogoh di depan rumahnya orang. Tapi kan gue maunya didepan crowd. Huh man....laen kali kalo cari driver rental harus mahir pake kamera SLR deh. Hahaha....*Teteup kesel
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...