Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 04, 2014

"horor" di hotel




Hotel identik dengan kemewahan, kerapihan dan juga kenyamanan. Tanpa melihat suatu brand apapun, kita bisa menilai suatu hotel dimulai dari melihat fasad-nya lanjut ke design interior & suasana lobby-nya dan terakhir proses check in-nya. Itu 3 hal penilaian utama ketika sudah berada di lokasi suatu hotel.

Tetapi, sebelum melihat fasad-nya yang kadang ditampilkan kadang juga enggak kalo melihat dari dunia maya, untuk gue pribadi, proses seleksi memilih suatu hotel adalah lokasinya. Tentu lokasinya jangan terlalu jauh banget. Kalo bisa dekat dengan public center kenapa enggak walau harganya sedikit lebih mahal. Efisiensi waktu juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Proses selanjutnya adalah cek fasilitas yang ada di hotel tersebut. Kalau cuman untuk transit atau lagi traveling ala backpacker biasanya gue selalu skip proses yang ini. Contohnya seperti ketika menginap di Cabin Hotel, Yogyakarta yang cuman ditinggali hanya beberapa jam saja. Tapi ketika tujuan menginap adalah untuk menghabiskan waktu di hotel dan bermalas-malasan biasanya gue pilih yang punya kolam renang. Dan itu mutlak. No gym and spa masih gak terlalu masalah. Tapi kalo kolam renang harus ada. Gue suka berenang. Oya, pernah nginep di Santika Premier, Jakarta kolam renangnya sih ada tapi gak bisa dipake...nyebelin banget. Nah, udah beres berenang baru deh berendem di bathtub. Nah, biasanya yang punya bathtub itu kamar eksekutif deh bukan yang type deluxe. Yaiyalah, mau ini-itu ya harganya beda.

Selanjutnya yang orang sering gak aware adalah luasnya kamar. Lihat kamarnya bagus, menarik udah langsung booking. Giliran nyampe kamar, terbengong-bengong lah karena luasnya minim dan akhirnya komplain. Gak berarti udah komplain bakalan di upgrade loh. Emangnya semakin hebat kita marah-marah bakalan ada keajaiban gitu? Mungkin aja sih semisal kita orang penting. Masalahnya emang kita sepenting apa? Hahaha...

Terus luas kamar ideal berapa dong? Ya, minimal 30 m² udah okelah untuk okupansi 2 orang.

Type kamar dengan balkon atau sea view atau minimal pool view, harga kamarnya udah beda lagi. Kadang ini bisa menipu sih, apalagi kalo belom pernah menginap sebelumnya di hotel tersebut. Pemandangan pantai seiprit bisa dikategorikan sebagai sea view loh. Terus mau komplain? Gue sih gak pernah pilih-pilih untuk yang beginian, nunggu mujizat aja. Kalo dapet ya, gue anggep sebagai bonus, kalo enggak ya udahlah, gue gak mau bayar mahal cuman buat pemandangan yang kadang gak terlalu penting juga.

Untuk breakfast kan biasanya udah termasuk harga kamar, itu juga untung-untungan deh. Kita gak pernah tahu breakfastnya gimana, apakah buffet atau makan diantar ke kamar? Biasanya emang buffet and we love the buffet, right? Tapi gue pernah punya pengalaman nginep di villa Kajane Mua, Ubud dan breakfast-nya itu diantar ke kamar setelah sebelumnya memilih antara Continental atau Indonesian atau American Breakfast. Makanan yang paling banyak jenisnya adalah American, jadi ya udah pilih itu deh. Tahu sendiri, makan begitu doang sih kagak kenyang karena dijatah dan gak ada sesuatu yang special padahal bayar kamarnya lumayan mahal. So, inget-inget deh kalo makan di kamar type villa. Kalau bisa ditanyakan di awal lebih baik tentunya. Atau baca guest comment juga cukup membantu walau belum tentu juga informasi yang kita inginkan tersedia.

Untuk informasi mengenai tersedianya welcome drink dan afternoon tea biasanya gak bakalan ketahuan kalau belom stay di hotel tersebut. Tentunya lebih menyenangkan kalo dapet welcome drink dan afternoon tea. Welcome drink ter-enak gue dapet waktu nginep di Amarelo Hotel, Solo. Selain rasanya enak, minumannya juga homemade bukan dari minuman kemasan siap saji. Kalo afternoon tea ter-enak belom nemu. Yang ada, malahan waktu nginep di GH Universal, Bandung, waktu mau afternoon tea malahan dibilang waktunya udah habis. Hotel apaan kek gitu, kejam. Punya operator juga begok, ngasih tahu jam afternoon tea-nya salah. Yang jaga tempat afternoon tea-nya lebih gila lagi, cuman jawab, “Engga bisa” doang dengan muka ketus tanpa solusi. Baru tahu ada hotel begitu…cukup tahu saja.

Keglamoran menjadi seorang tamu hotel berganti menjadi jongos hotelier yang mendalami seluk beluk hotel. Tamu hotel gak pernah tahu dinding yang tak terjamah yang menjadi bagian dari suatu hotel. Contohnya kitchen, uniform section, loker karyawan, office management, stores, linen, florist dan masih banyak lagi. Dan buat gue ini sangat menarik. Untuk menjadi sesuatu yang indah di dunia atas, hotel di support beberapa department untuk menjalankan roda operasional sehari-hari.

Kali ini gue gak mau ngomongin department yang ada di hotel tapi dunia bawah yang gue sebutin diatas tadi. Dunia bawah yang sepi gak berpenghuni yang gak ada kegiatan ketika malam tiba.

Kalo jenis hotelnya city hotel gak terlalu menyeramkan sih, karena cuman satu gedung permanen. Tapi kalo jenisnya resort udah pasti luas banget. Bagian lalu lalang buat tamu saja bisa jadi mengerikan loh. Ditemani lampu temaram, gak ada bebunyian apapun hanya suara langkah kaki bisa menjadi moment yang bikin deg-degan bahkan ketika berjalan berdua sekalipun.

Sudut-sudut hotel yang jarang terjamah apalagi. Taman indah yang terlihat begitu berwarna di pagi hari menjadi monochrome di kegelapan malam. Air terjun yang cantik sama saja, bunyi gerojokan airnya terasa beda di waktu pagi dan ketika malam menjelang.

Belom lagi ruang-ruang yang memang gak berpenghuni ketika memang gak ada kegiatan. Gue pernah disuruh simpen barang-barang clear up-an ke steward dan itu hampir jam 12 tengah malem. Buat yang penakut pasti bakalan jerit-jerit. Gue sih udah ngantuk, gue cuman berhayal kalo lampu tiba-tiba mati, gue bakal ngapain ya? Hihihi...

Naik turun lift karyawan saja kalo malem berasa parno. Kalo dibelakang lift tiba-tiba ada cewe berdarah-darah berambut panjang gimana ya? Apa gue puji aja ya, “hai mbak, make up nya sempurna deh.” Hihihi...

Pernah ngambil ice cube di area banquet dan pas gak ada kegiatan apa-apa di situ. Sepi tapi terang benderang. Mesin es-nya tuh tinggi, kalo mau ambil ice cube-nya tangan kita harus sedikit merogoh ke dalam. Alam khayal a la Ally Mcbeal gue udah mulai berimajinasi. Kalo tiba-tiba ada yang jeblosin gue masuk ke dalam mesin es itu gimana ya? Khayalan gue emang seru abis.

Yang paling menakutkan tuh gue pernah ngikut bantuin ngunci pintu-pintu ruang-ruang meeting dan ballroom. Kalo ruang meeting sih biasa, ruangannya kecil gak ada yang aneh. Cuman ngecek apakah di ruangan tersebut masih ada AC dan lampu yang nyala. Kalo ada, matiin dan langsung kunci pintunya. Tapi ada satu ruang meeting yang pas gue masukin, kok di balik dindingnya ada suara-suara ya? Deg-degan. Dan gue malah disuruh buka pintu dibalik dinding tersebut. Tegang. Gue buka dikit eh, gak taunya nembus ke ruang steward. Bapak steward-nya lagi bersihin peralatan makan dari alumunium. Gubrak banget. Lega.

Giliran ngecek ballroom, pintunya banyak dan diselimuti tirai-tirai hitam. Namanya juga ballroom ya, isinya meja kursi yang ditata untuk keperluan fine dining. Gak ada yang aneh memang, tapi kan gelap, apek dan luas. Mana disuruh nyibakin semua tirai yang ada, demi ngecek pintunya udah terkunci atau belom. Yang bikin angker itu ornament-nya entah itu lukisan ataupun patung. Berasa gila deh, padahal cuman sekitar setengah jam-an doang dan berdua. Sensasinya itu lumayan bikin adrenalin naik turun.

Jujurnya sih gue bukan type penakut. Cuman khayalan gue sering langsung bermain tanpa dikomando. Nonton film horor aja gak bakalan ketakutan, paling kaget doang. Waktu kecil memang sempet takut banget sama setan cina yang kalo jalan loncat-loncat dan kalo dikasih kertas mantra baru mati. Pas udah gede dan udah ngerti sih biasa saja ternyata. Mungkin pengalaman yang menurut gue serem tuh nonton film G 30 S/ PKI. Score-nya emang serem banget dan scene paling mengerikan tuh pas jendral siapa gitu yang ditembak trus mati dan darahnya berceceran, entah siapanya meraup darahnya dan dibilas ke mukanya. Itu menurut gue scene yang gak pernah gue lupain seumur idup gue. Nonton film itu sekali aja udah gila, apalagi disiarin tiap tahun loh dan nonton melulu. Itu tuh yang namanya sakit jiwa.

Memang gue belom pernah ngalamin kejadian yang bener-bener menakutkan sih kek ada penampakan atau apa gitu selama ber-kegiatan di hotel. Dan belom pernah sampe merinding. Kebanyakan gue cuman ngayal sih tapi rasanya gue gak akan bener-bener ketakutan deh. Mungkin kalo ada yang bunuh diri di hotel, ceritanya bakalan lebih mencekam hihihi...

Dan menurut gue, yang horor di hotel itu bukan kalo ketemu setannya tapi kalo nginep di hotel tapi gak sesuai ekspektasi dan banyak hal yang menyebalkan yang terjadi. Itu dah. Gimana, setuju gak?

 You're gonna like it too : horor di hotel jilid 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...