Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 26, 2014

goyang lidah ala thailand

Thailand termasuk surga kuliner. Gue sangat excited dengan beberapa diantaranya terutama yang mempunyai rasa pedas. Dari segi cita rasa mereka punya signature sendiri. Dan yang paling penting harganya terbilang murah. Yuk, cekidot…


Nyampe Bandara Suvarnabhumi, kami langsung cari food court. Hari sudah siang, saatnya perut untuk diisi. Apapun bentuk makanannya, semua sudah dikemas rapi memakai kotak mika. Bila sudah order maka makanan tersebut dikeluarkan dari kotaknya dan ditaruh di atas piring styrofoam lalu dihangatkan sebentar di microwave.

Pesanan gue mungkin namanya mie goreng, sebagai bumbu pelengkap diberi bumbu sachet berupa cuka, gula pasir dan cabe bubuk. Makan dimana pun akan disediakan bumbu ini. Rasanya not bad, asal jangan menambahkan semua bumbu tambahan. Yang ada malah rasanya gak karu-karuan. Mie goreng ini harganya 75 B.


I’ve got first pad thai in Pattaya. Kami makan di food court gituan. Di menu memang tidak tercantum ada pad thai. Dalam hati, masa sih sama sekali gak ada, pikir gue gitu. Pesanlah kami dan ketika orderan datang. Kwakwaw….ini mah bihun berselimut dusta. Mana bihunnya nempel tebel gitu. Can u imagine? Kan gak enak. So, rule number 1 is : order yang ada di menu list. Harganya 80 B plus minum. Mendingan makan nasgor meja sebelah deh yang alasnya pake pineapple, kayaknya lebih enak.


Malam yang sama, gue masih kekeuh pesen pad thai di fancy restoran yang gak terlalu jauh dari Tune Hotels. Appearance-nya mengundang. Original apa enggaknya gue gak ngerti. Pake tahu, bawang daun dan tauge mentah plus kacang. Selintas seperti makan Lumpia Semarang. Rasanya jauh lebih enak daripada yang gue makan sebelumnya tapi harganya 150 Bath.


Ke Thailand itu gak boleh lupa makan makanan food street-nya. Buah-buahan seperti buah dingin yang dijual di Indonesia, dimana-mana banyak.

Mangganya enak, semangka-nya manis banget. Makan buah doang aja berasa kenyang banget. Satu porsi harganya 20 B.

Memang kalau itung kurs harganya sekitar 7 ribuan tapi enak banget, gak rugilah.

Seperti gue makan crepes ini sekitaran Grand Palace cuman 15 B. Itu aja ngantri barengan orang lokal.

Rasanya banyak variant, tinggal lihat menu aja.


Nah, yang ini makan di food court mal Terminal 21. Mal-nya keren. Makanannya juga banyak macem. Makan di sini top up dulu pake Food Terminal Card, sisanya bisa di refund selesai makan.

Harganya murah-murah untuk ukuran makan di mal sampe bingung mau makan apa soalnya semua pengen. Akhirnya pilihan gue jatuh ke ifu mie.


Untuk minumnya gue pilih es kacang. Di Indonesia juga ada sih yang jual beginian. Isinya agar-agar, kacang merah dan entah kacang apalagi, lalu ada hanjeli sama longan yang diawetkan. Rasanya enak banget. Gue paling gak tahan sama longan yang jadi buah favorit gue sepanjang masa. Ifu mie dan es kacang cuman 70 B loh. Masih pengen makan lagi sebenernya tapi saving deh buat belanja oleh-oleh.

Oya, kalo makan di food court, cutlery-nya ambil sendiri di stand yang udah disediain. Celupin ke air mendidih baru deh bisa dipake.


Di Bangkok gue nginep di Bangkok City Hotel, daerah Ratchathewi. Jalan dikit ada gang yang jual makanan lokal, tinggal pilih aja mau makan apa. Sayur mateng banyak, buah bejibun. Terus nemu yang namanya mango sticky rice. Itu tuh ketan plus buah mangga dikasih santan. Mungkin enak ya bagi yang suka, berhubung gue gak gitu suka ketan jadi gak beli. Lagian kayaknya bakalan sakit perut gak sih. Besoknya ada orang yang makan itu di lift hotel, can u imagine dia makannya sambil uek uek mau muntah tapi masih aja nyuap. What the hell? Untung gue gak beli.


Oya, gue malahan beli pad thai ( lagi ) di ujung gang. Fresh loh langsung di goreng. Harganya 60 B kalo pake seafood.

Cita rasanya enak dan sepertinya memang harus seperti ini rasanya. Bumbu pelengkap dan tauge tambahan juga dikasih extra cuman sayang kaga dikasih sumpit. Jadi gue makan di hotel pake tangan dengan makanan yang masih panas. Menyebalkan.


Yang ini namanya nasi goreng daging babi. Belinya di Chatuchak Weekend Market. Harganya 70 B dan rasanya so so…

Udah gitu porsinya sedikit pula. Oya, di Thailand makanan yang mengandung daging babi bertebaran dimana-mana. Bahkan Subway dan Burger King aja ada menu pake daging yang kontroversial itu.


Katanya After You Dessert yang menjual pancake ini terkenal di Thailand. Tempatnya di Siam Paragon, rame dan mengundang siapapun untuk datang. Kalo di Jakarta sih seperti Pancious kali ya. Ngantrinya gila-gilaan. Rasanya ya rasa pancake, harganya juga terbilang premium 175 B. Waktu itu gue pilih choco banana pancake dengan es krim vanilla. Kenyang sih abis makannya. Selain itu di sini gak perlu pesen minum, soalnya disediain minuman gratis berupa teh pahit. Eh, di sini juga jual toast dengan aneka macem topping seperti di Roppan. There's always room for dessert menjadi slogan cafe ini.


Di daerah Silom ada Eat Me Restaurant, salah satu resto fine dining terbaik sampai dinobatkan menjadi Asia's Top 50 Best Restaurants 2014. Kalo udah ada embel-embelnya dari segi harga pasti mahal tapi rasanya memang heaven deh. Gue makan Spicy Lemongrass Chicken with Mango Salad. Top banget rasanya. Minumnya lime tapi ada rasa alkoholnya whic is sensasi baru di lidah. Abis bayar bill, pulangnya langsung sempoyongan. Hahaha...


Sebelom pulang ke Jakarta, gue sempatkan breakfast dulu di food court bandara. Tempatnya di lantai bawah sebelah bis yang mau ke Pattaya. Makan di sini beli coupon dulu.

Setelah ngiter-ngiter, akhirnya makanan yang menggugah selera sepertinya Tom Yam Noodle Soup with Balls and Lime.

Ini enak banget, rasanya mau ecstasy deh. Asemnya nendang banget. 


Saking masih laper ya udah pesen Shrimp and Pork Dumpling. Ini juga enak, dagingnya maknyus, cuman sayang kuahnya kurang apa gitu. Makan 2 menu ini cuman 100 B udah plus air mineral pula. Senangnya gak nahan. Gue bisa pulang ke Indonesia dengan muka sumringah kekenyangan.

Jalan-jalan kala itu, sayangnya gue gak nemu makanan ekstrem kek kecoa goreng dll. Yah, kalo nemu pun gue belom tentu beli juga sih. Secara kalo di rumah nemu kecoa aja udah reflek gue injek. Doggie gue aja demen kejar-kejar kecoa buat dibunuh. Hahaha… 

Oya, jangan lupa guys untuk makan tom yam kalo ke Thailand. Waktu itu gue makan daerah sekitaran hotel di Ratchathewi. Kedai pinggir jalan gitu, bangkunya berserakan di trotoar jalan dan yang makan sampe bejibun. Pas cobain rasanya hadeuh enak banget. Asem pedesnya tuh beda sama resto Thailand yang ada di Jakarta. Ya, tentu aja ini lebih otentik. Makan 4 macam sayur untuk 4 orang plus minum cuman 150 ribuan. Termasuk murah ya.


Last but not least, gua sempet makan Mango Tango. Kedainya ada di daerah Siam Square dan makannya pake antri. Sesuai namanya, kedai ini menyediakan pilihan desert dari buah mangga. Top of the menu ada buah, puding dan es krim dengan rasa mangga dalam satu piring. Gue pesen 1 porsi, harganya 120 B.  Pudingnya sih oke lah, es krimnya juga bolehlah ya, tapi yang lebih enak malahan buah mangganya sendiri. Manis banget. Kapan-kapan kalo ke Thailand lagi, pengen nyobain menu lainnya yang serba mangga itu.

So...apakah kalian udah pernah ke Thailand? Makan apa aja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...