Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 05, 2014

si alumnus sma-k bpk penabur sukabumi


Beberapa minggu yang lalu, gue dapet undangan untuk menghadiri seminar mengenai antisipasi pelecehan seksual pada anak dan remaja. Gara-gara si Emon merajai berita nasional, hampir semua sekolah berlomba-lomba ngadain seminar. 

Seminarnya sih biasa saja, buat gue pribadi gak terlalu penting. Yang bikin gue berminat untuk datang tuh,  gue berkesempatan untuk mengunjungi mantan sekolah gue dulu. SMA-K BPK Penabur-Sukabumi. Ini jauh lebih menarik.

Tiga tahun gue menimba ilmu di sana dengan berbagai macam bumbu cerita. Nostalgia selalu menyenangkan di waktu yang tepat.

Gue selalu ingin main ke sana melihat perubahannya, tapi gak pernah ada kesempatan. Kali itu gue gak sia-siakan.


Sekarang, sekolahnya rapi, bersih dan mentereng. Bukan berarti dulu gak bersih ya cuman lebih tepatnya sederhana. Kantin-nya saja dulu masih ber-ubin tanah, sekarang kantinnya sudah punya ruangan sendiri, bekas perpustakaan.

Lab sekarang lengkap dan wc di lantai 2 pun ada. Udah gitu kelasnya terang dengan white board dan spidol. Kapur tulis udah lama ditinggalin. Dan yang bikin wow, tiap pelajar punya loker sendiri kek di luar negeri. Keren dah pokoknya.

Mungkin sekolah zaman sekarang sudah begitu semua kali ya. Dulu mana ada fasilitas lengkap begitu. Jadi ngayal, kalo gue masuk SMA lagi pasti bakal betah dengan fasilitas dan kenyamanan seabrek. Dulu kayaknya bawaannya males masuk dan ngantuk kalo udah mulai siang.


Dulu gak ngerti ya, gue sering banget telat masuk sekolah padahal rumah gak jauh-jauh amat. Pernah satu waktu udah telat, lupa bawa dompet pula sampai ongkosnya minjem sama anak kelas Bio yang satu angkot which is gak kenal-kenal banget. Malu. Pas besoknya mau balikin duit dia yang cuman 150 perak, dia malahan bilang gak usah. Tambah malu deh gue.

Pernah telat 1 menit dan lari-larian masuk kelas karena pelajaran pertama matematika dan yang ngajar Kepala Sekolah pula yang gualaknya minta ampun. Namanya Bp. Suwarso. Gue lihat dari kejauhan dia udah naek tangga menuju lantai 2, gue lari sekuat tenaga pake tangga satunya lagi. Dan hasil akhirnya cuman beda selangkah ama dia, gue masuk kelas duluan. Rasanya plong banget, tapi kaki pegel banget kek abis mimpi dikejar setan.


Pengalaman lainnya ama dese tuh, gue pernah dibentak-bentak gara-gara pas lagi jam pelajaran, temen gue si Herlina kasih lihat foto kami pas lagi Marching Band. Bentakannya itu loh kaga nahan, sampe wc yang paling ujung pun kedengeran saking stereo-nya.

Selaen itu, gue pernah telat ( lagi ) pas pelajaran dia juga. Waktu gue masuk kelas, dia langsung teriak suru keluar, gue kan gak ngerti ya apa salah gue? Jadi gue balik ke TU minta surat terlambat dengan di ttd guru piket. Udah gitu baru balik lagi ke kelas dan akhirnya baru diperbolehkan masuk. Namun ditanya dulu sama dia apa gue tahu kesalahan yang sudah gue buat lantas gue jawab iya biar cepet ( padahal gak tau sama sekali ), baru deh disuru duduk. 

Setelah beres pelajaran baru deh temen gue kasitau kalo kesalahan gue tuh lupa mengetuk pintu dulu sebelum masuk kelas. Gue ampe bengong, untuk hal sekecil itu dia musti bentak-bentak gue? Even gue gak nyadar kalo kesalahan gue tuh itu karena gue udah cukup ketakutan dengan datang terlambat. Gue juga lupa apa gue memang gak mengetuk pintu atau sudah tapi gak kedengeran? Yang pasti bukan disengaja.


Karena itu gue gak pernah suka sama dia. Bukan karena gue sering dibentak-bentak tapi lebih kepada kenapa ya itu orang musti sampe pake cara-cara begitu? Buat gue pribadi kalau untuk mengajarkan kedisiplinan dan sopan santun gak kena dengan cara seperti itu. Yang ada dia cuman bikin gue ketakutan doang. Imbasnya jadi gak suka sama pelajaran matematika.

Kabar terakhir tentang dia, sekitar tahun kemarin dia meninggal. Gua gak punya perasaan apapun.



Pelajaran bisa jadi menarik ketika gurunya juga cantik. Biologi tuh hapalan banget tapi Ibu Dwi bisa bikin gue rajin ngapalin mitokondria dan teman-temannya. Dan nilai Biologi gue selalu memuaskan. Horeee…

Teman sewaktu di kelas 1 tuh akrab dan nyenengin tapi pas masuk kelas 2 jadi lumayan membosankan karena sedikit banget yang masuk jurusan Fisika. Sebagai pelarian gue mengaktifkan diri di kegiatan ekskul. Gue ikutan OSIS. Belom cukup di OSIS, gue ikutan gank mading dan Marching Band.

 
OSIS tuh asik karena bisa terlibat di banyak kegiatan sekolah. Dan gue butuh itu. Waktu ikutan mapras adik kelas gue malah terpilih jadi kakak tergalak. Gue juga gak tau kenapa bisa jadi galak. Apa mungkin ketularan dese ya? Wkwkwk…

Terus ikutan Marching Band. Cuman pegang simbal sih bareng Adi tapi seneng banget. Kalo ngebayangin latihan dan jalan kakinya sih capek banget. Tapi kalo pas lagi ada event, latihannya malahan pas jam pelajaran. Yipie…

Masa-masa SMA lumayan berkesan. Dan rasanya seperti baru kemarin.


Yang masih belom kesampean gue pengen banget ketemu Aries. Dari penataran sampai kelas 3, kami selalu duduk bareng. Rasanya kangen saja karena sesudah lulus sama sekali gak pernah kontak karena hp waktu itu belom ada.

Sekitar 2 tahun yang lalu kita juga pernah reunian dan dia gak dateng, sepertinya memang gak ada yang tahu kabar terakhir dia dimana. Sampai akhirnya gue dapet buku alamat temen SMA beserta nomor telepon rumahnya. Telpon lah gue tapi cuman berhasil ketemu dengan ibunya yang nyerocos gak berenti-berenti kalo sekarang Aries sudah married dan sekarang kerja di kapal pesiar. Dan nanti mendekati lebaran baru pulang. Gue udah titip no telp buat Aries tapi karena pendengaran ibunya yang sudah kurang akhirnya no telp nya pun ditulis salah. Yah gue udah speechless. Gak ada cara lain selain nunggu lebaran tiba dan telp lagi. Tapi mendekati lebaran masih belom pulang juga. Sampe sekarang masih belom kontak lagi. Sedih deh…

Nyontek bukan hal yang aneh, memang gak semua pelajaran sih kalo kepepet saja. Pernah tuh waktu ulangan Bahasa Indonesia, gue nyatet dikit kosa kata yang rada susah diinget di meja. Eh, udahnya gue diaduin ama si Hilda. Ulangan berikutnya gue dipindahin duduknya terus guru yang gue lupa namanya itu berdiri di depan gue selama gue ulangan. Dih, siapa takut? Akhirnya ulangan selesai dan  tetep bagus kok nilainya. Kalo gak salah guru itu cuman ngajar 1 tahun di periode gue sekolah. 2 tahun sesudahnya dengan guru baru yang juga cewe dengan metode ngajar yang berbeda. Gak ada masalah, nilai Bahasa Indonesia gue di raport masih aja 9.


Melihat kelas demi kelas, gue semakin terbawa dengan segala kenangan yang pernah ada. 

Seragam sekolah dulu biasa banget. Senin putih-putih dengan dasi biru bergaris kuning dan topi berwarna sama dengan model topi pelaut. Rabu dan Jumat pakai seragam batik biru yang pada bilang kayak taplak meja. Gue sih suka karena batiknya berwarna biru.

Kalo sekarang seragamnya pake dasi merah, rompi serta bawahan gak terlalu berwarna abu-abu tapi lebih kehijauan.

Lamunan gue masih belom selesai. Pernah ada temen sekelas yang meninggal karena OD, ada juga yang masih temen sekelas yang malahan di DO karena ngehamilin kakak kelas. Dan ada juga yang pindah sekolah pas kelas 3 karena merasa suasana sekolah terlalu sepi.


Beberapa tahun setelah gue lulus, gue pernah dateng ke Bazaar BPK Penabur. Gak ketemu temen-temen tapi ketemu guru-guru seperti Bp. Eddy, guru PSPB dan Ibu Christine, guru BP. Senangnya…


Reuni terakhir gara-gara ada temen Bio yang ulang tahun, gue kan dateng. Seneng banget temen-temen yang rata-rata sekelas waktu kelas 1 pada ketemu. Dan akhirnya beberapa yang punya BB pada kontakan lagi. Lumayan mengobati kerinduan. Beberapa dari kita ada yang kangen ama Ibu Mursiti, guru Fisika sekaligus wali kelas Fisika. Kalo gak salah udah meninggal. 


Pelajaran Kimia kelas 1 bikin gue ketagihan, walaupun gak terlalu gampang tapi percobaan di lab-nya bikin seneng. Sayang, gurunya resign gara-gara ribut sama si Kepala Sekolah. Guru penggantinya lupa namanya, mungkin dari kampung ya karena penampilannya sederhana banget dan terlihat ndeso.


Temen-temen pada ngatain dia Munaroh seperti versi si Doel Anak Sekolahan. Tapi memang mirip sih karena penampilannya yang selalu dikepang. Sampe akhirnya Ibu Ade ngajarin caranya dandan. Gak berapa lama penampilannya berubah. Baju ngajar favoritnya berupa blazer dan rok serta sepatunya berwarna biru terang dengan hairdo pendek tanpa kepang tapi masih keriting. Gek-gek banget dah. Ya mendingan lah. Ya udah sih, dia kan guru bukan model.

Terlalu banyak kenangan yang berujung pada nostalgia. 


Walau SMA-K BPK Penabur bukan pilihan pertama untuk menimba ilmu, tapi gue gak pernah nyesel sekolah di sana beserta semua cerita yang mengikutinya. Dimana ada cerita gue suka sama adek kelas. Ada pula cerita ketika mantan pacar bilang “Yes” mau pacaran ama gue di perpustakaan. Ada juga cerita waktu buang air kecil di wc malahan dicontekin. Hahaha…


Yang sangat disayangkan dulu tuh murid-murid  gak begitu diarahkan mau kemana setelah lulus, jurusan yang cocok apa, universitas-nya apa saja. Penjurusan memang ada, bahkan zaman adek kelas sudah ada jurusan Bahasa. Infomasi yang minim bikin susah segala-galanya. Akhirnya terbukti jurusan dulu waktu kuliah memang gak cocok.

Well, gue gak nyalahin siapapun. Tapi kalo ceritanya bisa balik lagi ke masa SMA, gue bakalan pilih jurusan Bahasa dan setelah lulus, kuliahnya ambil jurusan Bahasa Asing plus Perhotelan. Andai ada mesin waktu untuk mengulang kembali semuanya.

Masa SMA emang menyenangkan. Dan memori tentang itu akan selalu ada di hati.


Terima kasih SMA-K BPK Penabur untuk semua yang telah kau berikan. Walaupun sekarang telah berganti nama menjadi SMAK Nasional Plus. Sama sekali bukan bermaksud untuk membandingkan dulu dengan yang sekarang. Karena pastinya akan berbeda. 

Terima kasih untuk guru-guru dan juga teman-teman yang membuat gue tumbuh dewasa. Dan mohon dimaafkan untuk segala kesalahan yang pernah gue buat semasa SMA. 

Last but not least, I love you my almamater. SMA-K BPK Penabur you always be part of my life. Muach…

2 komentar:

  1. Hi Saudara saudaraku semoga kabar semuanya pada sehat segalanya, Kenalkan Saya Kang Sas Kebanyakan orang sering Memanggil Kang Odang dan sekanrang ini saya bekerja di Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Saya pun Bukan Alumni sma -k BPK Penabur Sukabumi. Tapi Aku pernah Mengajar/ Melatih Drum Band dan banyak membawa keberhasilan untuk SMAK Sukabumi, Waktu Itu Pimpinan atau Penanggung Jawab namanya Pa Max [ Alm ]. terima Kasih kepada semuanya, semoga kalian diberikan 3S = Sejahtera Lahir, Sejahtera Bhatin dan Sejahtera Ekonominya. sekali lagi Terima Kasih kepada www.tjemeroks.blogspot.com. semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Odang, apa kabar? saya masih inget kok walaupun lupa mukanya.

      Thanks Kang, udah mampir...waktu cepat berlalu ya...sukses juga ya, GBU.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...