Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 31, 2014

klepto waktu travelling



Penyuka traveling dan bekpeker mostly pada ikutan group di FB seperti Backpacker Lombok, Backpacker Bandung sesuai regionalnya ataupun Beautiful Indonesia khusus buat thread lokal yang ada di Indonesia dan Backpacker Dunia buat lokasi wisata Internasional.

Dan biasanya gue pasti follow bekpeker tertentu kalau ada daerah yang pengen gue kunjungi. Buat ajang tanya-tanya sebelum keberangkatan. Sejauh ini sih lumayan membantu karena orang yang jawab pun domisilinya di situ juga jadi bisa dibilang mereka pasti tau lah.

Namanya juga grup traveling dengan bermacam-macam karakter dari berbagai daerah, ada yang suka pamer foto doang, ada yang suka ngejudge, ada yang gak bisa dibilangin dll.

Foto pemandangan yang bagus atau pantai yang keren bisa jadi referensi kita untuk trip berikutnya. Sedangkan info-info yang penting bisa dipakai ketika nanti traveling.

Pernah ada thread yang share perihal bangganya dia bisa masuk objek wisata tanpa bayar. Habislah sudah, semua orang mencaci makinya. Sedangkan si Thread Starter-nya malah menghilang.

Gue sih bacanya sambil senyum-senyum. Ngapain juga ikutan sok-sok suci ataupun ikutan marah-marah buang energi. Pastinya kita sudah tau dengan sendirinya apakah perbuatan tersebut memang pantas atau tidak untuk dilakukan. Mungkin dia melakukannya tidak dengan sengaja dan gak ketauan jadi ya bablas. Kan duitnya bisa dipake buat belanja oleh-oleh. Mungkin gitu pikirnya. 

Memang betul kok, htm Grand Palace di Bangkok 500 B. kalo dibeliin baju di Chatucak Weekend Market bisa dapet 3 pcs. Sangat lumayan. Tapi kalo dipikir secara cermat, tiket 500 B itu mencakup banyak tempat. Area Grand Palace saja ada Museum Textile Queen Sirikit dan museum yang berisi perhiasan, mahkota dan samurai-nya Raja Thailand. Belom lagi kompleks Vimanmek Mansion masih ada sekitar 3 sampai 4 museum lagi. Rugikah? Sama sekali enggak. So, siapa yang dirugikan? Pikir sendiri. 

Pengalaman gue sih pernah ditagih suruh bayar laundry bag di Sunda Gentleman Int Hotel di Xi An. Bukan bermaksud untuk klepto, kirain kan gretongan. Seringnya nginep di hotel, masa iya laundry bag aja bayar. Pikir gue begitu. Laundry bag-nya berbahan kain seperti tas Bali. Kalo beli di Pasar Sukawati aja cuman IDR 20.000,- tapi di hotel bintang 4 itu gue musti bayar sekitar IDR 200.000,- kalo dikurskan ke Rupiah. Gila kan? Kalo murah asalnya mau bayar aja, eh denger harganya segitu mending kembaliin aja. Malu memang tapi kan karena gak tau. Kalo tau, gak akan deh gue bawa pulang. Kali itu gue dapet pelajaran yang gak bakal gue lupain seumur idup.

Memang selama ini belom pernah nginep di hotel yang menyediakan laundry bag dari kain, biasanya dari plastik biasa. Oke deh. Gue catet banget-banget di otak.

So, barang apa aja yang bisa diambil kalo nginep di hotel? Toiletries, slippers, stationary masih bisa. Mini Bar yang berisi tea & coffee sachet juga masih boleh dibawa pulang. Lainnya musti bayar. 


Stationary juga lucu loh, apalagi kalo dapetnya pensil dengan logo hotelnya. Demen aja. Tapi jangan coba-coba bawa handuk ataupun bathrobes atau mungkin teko pemanas, hairdryer atau bahkan tv. Hahaha…

Handuk hotel memang enak dipakai, lembut, putih dan tebel. Biasanya pihak hotel menjual kok buat tamu hotel yang menginginkannya.Tuh, kalo emang mau bisa beli kok gak usah pake klepto.

Complimentary mineral water biasanya disediakan 1 botol per harinya. Bila disediakan lebih dan ada tanda not complimentary berarti itu harus bayar. Seringnya jam terbang traveling bikin gue tau ini itu dan sebagai pengetahuan biar gak malu-maluin banget. Ada kalanya traveling itu gak mesti harus ransel, kalo satu waktu bisa koper dengan beberapa kemewahan, kenapa enggak?

Jangan kek temen kantor, kirain gretongan dikasih botol Aqua 1 liter ternyata pas check out disuruh bayar IDR 25.000/ botolnya. Mampus gak tuh. Gue sih gak rela bayar segitu. Kalo udah ngerti gak mungkin kan masih dicoba juga.

Pengalaman yang mengejutkan datang dari bibir temen deket gue. Dia traveling naek pesawat Cathay Pacific yang mana one of the best maskapai dunia lah ya. Tapi pas turun dari pesawat, tas nya udah berisi selimut yang disediakan di aircraft. Mending 1 doang, pulangnya ngambil lagi dong, malah ketagihan. Belom lagi cangkir buat minum teh. Hadeuh, dengernya aja bikin meriang. Berani banget ya.

Pas gue jerit-jerit efek cerita yang bikin takjub itu, dia dengan santainya bilang gak ada esensinya kalo cuman ngambil majalah doang, udah beres dibaca bosen. Omaigat…

Selimutnya emang nyaman for sure. Gak kayak selimut yang ada di kereta bisnis maupun eksekutif, bayar aja gue kagak mau pake. Geli bo, gak yakin dengan tingkat ke-higienisannya. Kalo yang di aircraft, sebelum dipakai masih terbungkus plastik habis dari laundry jadi aman dan gak bakal bikin panuan. Terus emang gak ketauan? Ya enggak lah, siapa juga yang mau perhatiin lah pramugarinya juga sibuk ngurusin penumpang yang mau keluar. Bener juga sih. Amazing deh denger ceritanya.

Belom lagi cangkir untuh teh. Gimana bisa gak ketauan kan tiap orang kalo sehabis makan di tray-nya musti ada 1 cangkir. Simple kok, kuel-kuel aja tissue-nya menyerupai cangkir. Beres.

Lucu ada, bingung juga iya dan sedikit gak nyangka kok bisa ya sampe segitunya. Gue aja gak kepikiran dan gak akan berani. Gak se-memorable itu kok. Permen karet bekas Madonna aja belom tentu gue ambil.

Terakhir, dia malah membela diri kalo nyokap pacarnya malahan pernah klepto bawa bantal. Ya, Tuhan…dunia sudah kacau. Lagi-lagi gue cuman bisa bilang omaigat.

Kalo gue bawa laundry bag karena ketidak-tahuan gue, ini malah sengaja klepto.

Dan malam itu sehabis jalan-jalan di Baywalk, gue nginep di apartemen temen gue itu dengan diselimuti selimut dari Cathay Pacific. Warnanya abu-abu model rajutan dengan label Cathay dan ada nomor seri beserta tahunnya.

Ceritanya memang bukan isapan jempol belaka. Hari sudah lewat dari tengah malam tapi mata masih belum bisa terpejam. Mencoba untuk membenamkan muka ke dalam selimut dan berharap pagi segera menjelang. Mengerikan.

You're gonna like it too : meal on flight & sky-tainment

2 komentar:

  1. haha itu yg buat thread masuk tempat wisata ga bayar, antara pamer atau mau bunuh diri dibully di sosmed :(

    BalasHapus
  2. iya lu jgn gitu ya de...hehehhe
    next time jalan2 kemana lagi nih?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...