Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 11, 2014

perenungan waisak 2014


Beberapa hari lagi umat Buddha akan merayakan hari Trisuci Waisak. Kenangan tahun lalu bersama soul mate, ikut ambil bagian dari awal prosesi di Candi Mendut sampai ke Canci Borobudur.

 
Rasanya capek tapi tujuannya tidak tercapai sama sekali. Acara puncaknya menerbangkan lampion malah ditiadakan atau diundur sampai tengah malam menunggu hujan reda. 

Mungkin kalau tidak ada hujan, kebrutalan peserta Waisak kala itu akan lebih parah. Mungkin ada baiknya seperti itu.

Gue pun gak pernah membayangkan kalau peristiwa itu adalah yang terparah dari tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini gue cuman mengenangnya menjadi suatu pelajaran yang berharga bagi diri sendiri, bahwa ada baiknya kita menghargai dan menghormati agama lain yang sedang merayakan hari besar agamanya.


Acara gosip di stasiun televisi swasta menjelang hari Natal, pasti ada saja artis yang di shoot sedang beribadah. Dalam hati, emang gak ada berita lain untuk diliput ya? Kalau emang mau wawancara emang gak bisa dilakukan setelah selesai ibadah ya? Bagaimana pun juga itu pasti terganggu.

Gue aja kalo lagi ibadah terus ada yang nangis rasanya gak nyaman dan berusaha untuk lebih konsentrasi lagi.

Tadi malam gue iseng browsing Backpacker Indonesia dan masih ada aja yang ngadain trip untuk perayaan Waisak di Borobudur. Terus gue cek jadwal Walubi, rasanya pengen ngakak.


Jadwalnya dibuat sedemikian rupa agar animo masyarakat yang mau ikutan adalah yang bener-bener mau ibadah. Baguslah, jadi ibadahnya bisa khusuk tanpa gangguan pihak luar.

Semoga ini menjadi perenungan kita bersama. Toleransi antar umat beragam itu masih diperlukan bahkan harus dilaksanakan di negara kita yang majemuk ini.

Walaupun begitu gue masih penasaran untuk nerbangin lampion. Sepertinya harus ke Chiangmai, Thailand pas festival Yee peng di bulan November. Kapan ya bisa kesampean? Suatu saat harus kesampean pokoknya.


Last but not least, Happy Waisak 2558 bagi yang merayakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...