Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 25, 2013

city tour banda aceh by bentor

Nyambung cerita jalan-jalan Sumatera Utara ya. Bus CV Pelangi dari Medan ke Banda Aceh ditempuh selama 12 jam. Dua belas jam itu sebentar kalo dibandingin waktu gue jalan-jalan ke Bali dari Bekasi ditempuh selama 36 jam. Gak beranak di jalan juga sudah bagus.

Kali ini gue tuh ikutan tour bukannya pergi sendiri. Dan gua harap ini tour terakhir selama gue hidup kecuali kalau mau ke Israel mengunjungi tanah perjanjian. You know what? The tour was really really sucks. 


Nyampe Pelabuhan Ulee Lheue, sekitar jam 09.00 pagi dan penyeberangan katanya baru nanti siang bukan jam 10.00 pagi. Bingung kan mau ngapain juga di pelabuhan? Ruang tunggunya saja belom dibuka, jadinya gelaran aja di lantai. Dan kita gak sendirian tapi banyak bule-bule yang mau nyebrang juga ke Pulau Sabang. 

Ini memang hari pertama lebaran, wajar kalau apapun telat atau gak beroperasi. Yang gak wajar itu tournya. Memangnya gak nanya jadwal keberangkatan kapalnya kapan? Dia patokannya sama kek tahun kemarin katanya, lagian kan tahun kemarin perginya bukan pas lebaran tapi H-1. Gelo kan? Baru tahu ada tour gak well prepared kayak gitu. Mungkin pikirnya yang penting nyampe.


Untuk hari pertama tour, makan pagi tuh ternyata gak include, jadinya kita makan di warung makan belakang pelabuhan. Nyobain lontong sayurnya dan ternyata enak. Udah beres makan balik lagi ke tempat semula, bingung mau ngapain.


Nyobain masuk ke area pelabuhan, lihat-lihat kapal yang lagi senderan, apa naik kapal yang ini ya? Keren sih, sayang nakhoda-nya belom ada pikir gue.

Infonya kapal berangkat jam 2, dan sekarang baru jam 12. Haduuhh, mau gila deh... eh, di depan pelabuhan ada bentor nganggur, ya udah langsung saja naek tanpa nawar-nawar dulu, " Bang, liat-liat kota ya."


Daripada gak jelas juntrungan mau ngapain kan? Mending keliling-keliling deh, kalo jalan kaki jauh dan panas banget mending ditemenin bentor sekaligus abangnya yang jadi guide. Muka gue yang udah bete langsung ceria lagi lihat laut di depan pelabuhan yang keren banget.

Kemana dulu nih? Terserah aja lah bang...ke PLTD Apung saja ya? Ok deh...

Nyampe sana, tempatnya tutup...yaiyalah lagi pada lebaran....areanya dipagarin jadi memang beneran gak bisa masuk, palingan lihat dari luar saja. Turis yang laen juga senasib, sama-sama gak bisa masuk dan cuman foto-foto dari luar. Tapi kenapa ya pada ngeliatin gue mulu? Perasaan gue cuman naek bentor deh, bukan naek limo hahaha...

Abangnya bela-belain ngiterin tuh bangunan demi gue dapet pic yang ok...oh so sweet...


Dari situ lanjut ke Museum Tsunami Aceh. Horee....tapi lagi-lagi gak bisa masuk karena masih suasana lebaran. Untung, gerbangnya buka jadi bisa masuk walaupun cuma di lantai dasar doang. Lumayan lah ya...baru lantai dasarnya saja keren banget. Mulut gue udah drooling mulu saking bagusnya. Dan Museum Tsunami ini salah satu tempat yang pengen gue kunjungin kalo ke Aceh.


Tempat terakhir yang gue kunjungi adalah Masjid Raya Baiturrahman. Sepertinya gue sering lihat Masjid, tapi yang ini memang cantik banget. Dan susahnya cari tempat untuk berfoto tanpa ada orang dan ojek foto. Ojek fotonya lebih nyebelin sih karena dia standby di area yang bagus buat foto, gak tau diri banget dan gue kan gak bisa lama-lama.


Dari sini gue pikir udah deh, jem juga udah hampir 13.30. Abangnya masih aja ngajak ke rumah yang di atasnya ada kapal, kan beda area, gue pilih enggak lah daripada nanti ketinggalan kapal.


Terakhir ngelewatin Masjid Baiturrahim. Masjid ini deket banget ama Pelabuhan Ulee Lheue, lokasi dari Tsunawi Aceh tahun 2004 dan sama sekali gak terkena Tsunami. 

Nyampe pelabuhan lagi, muka lumayan seneng dong dapet hiburan gak direncanakan, tapi pas abangnya bilang, "Seratus ribu." Gue mendadak keleyengan. Hah antar begitu doang seratus ribu? Aduduh....kesempatan dalam kesempitan nih...

Memang sudah firasat sih bakal ditagih segitu, pas lebaran juga kan? Mana gue suruh-suruh fotoin walau hasilnya ancur gak jelas. Mustinya si abang bersyukur sampe gue ajarin cara pake kamera Canon 600 D hahahha. Gue tawar 50 ribu, dia kagak mau, nyebelin banget memang. Akhirnya sepakat di harga 75 ribu. Fiuh,,, abang bikin bangkrut saja...


Kirain jam 2 tuh sudah pasti berangkat ternyata loading jam 03.30. Berangkat bener-bener tuh jam 04.30 sore. Dan kapalnya kapal ferry yang muat berjuta umat sampai mobil pun bisa masuk. Gubrak... bukan yacht yang tadi gue foto-foto.....speechless.

Ternyata gak cuman ini saja kekesalan gue ama tour travel yang bawa kita ke Aceh. Masih banyak emosi jiwa yang bakal gue alami. Grrrrr...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...