Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 20, 2013

satu sore di taman alam lumbini berastagi


Oke kita lanjutkan cerita perjalanan gue selama di Sumatera Utara ya. Setelah dari Sipiso, gue jalan keluar menuju pos nungguin bentor yang lewat. Gak berapa lama kebeneran ada bentor yang lewat anter penumpang jadi ya udah sekalian angkut gue keluar menuju simpang Merek.


Udah nyampe simpang Merek, gue masih ragu mau kemana nih tujuan gue selanjutnya? Apa mau langsung ke Medan aja? Apa lanjut ke Berastagi dulu ke Taman Alam Lumbini? 

Simpang Merek tuh pertigaan jalan dan rame banget ama kendaraan lalu lalang plus pasar juga. Gue ampe ditanya-tanya mau kemana ama sopir-sopir. Iseng, gue bilang mau ke Medan eh malahan disuru nunggu angkot sama sopir-sopir yang pada mangkal. Lah, mobil model L300 itu banyak banget pada lewat, kenapa gue disuru nunggu ya? Gue iseng beli minum di warung, sambil nanya-nanya arah menuju Berastagi.  


Yah, akhirnya gue memutuskan untuk ke Berastagi, daripada nyesel. Gue harap waktunya masih cukup. Pas udah dapet informasinya dari warung tadi , gue langsung ngacir ke pertigaan nungguin L300.


Sebelom naek angkot pun, gue nanya dulu ama sopirnya bener gak nih ke Berastagi? Jangan sampe gue salah naek angkot deh bisa berabe. Di angkot cuman ada 1 tempat tersisa dan sebelah gue Kakek tua renta, depan gue ada mbok-mbok jamu. Hah di Sumatera Utara ada juga yang jualan jamu gendong? Amazing...ahahhaha


Kali ini di L300 bener-bener gak ada musik, leganya hati ini gak pake acara congek segala. Jadi ngobrol aja ama kakek tua renta itu, nanyak-nanyak berapa lama perjalanannya gitu deh. Selaen gak denger musik kenceng, gue juga gak dipungut bayaran naek L300 nya loh padahal sopirnya nagihin penumpang lainnya. Kakek tua rentanya aja sampe sirik ama gue bwahahahah.....


Satu jam kemudian akhirnya nyampe di terminal apa gitu, tapi di terminal situ gak ada angkot yang ke Berastagi. Untuk cari informasi (lagi-lagi) gue ke minimarket sekedar beli minuman dingin, kebetulan emang panas banget.

Katanya tunggu aja di pertigaan didepan mini market ini, angkotnya datang dari arah berlawanan. Nama angkotnya Sigantang Sira. Duile...manis banget namanya ahahahha...


Gak berapa lama, angkot berwarna merah itu dateng juga. Selama perjalanan sekitar 1 jam an, gue lewatin resort-resort yang sebelumnya gue liat di internet. Berastagi tuh kayak puncak di daerah Bogor. Suasananya tenang, hawanya adem. Pantes aja orang Medan kalo weekend pada kesini untuk ngadem, karena dari Medan cuman ngabisin waktu 2 jam diperjalanan.


Abangnya lumayan baek, ampe diturunin didepan TAL nya loh, apa emang jalur angkot dia begitu ya? Setau gue cuman ampe depan tugu jeruk deh. Tapi jangan salah, dari jalan raya ampe masuk kedalem area Pagodanya itu lumayan banget kalo jalan. Nyampe pos pemeriksaan gue diinterogasi ama securitynya, udah kek teroris aja ampe tas gue digeledah. Untung tas ransel gue udah gue titip di rumah temen BPI di Medan, kalo enggak kayaknya bakalan tambah parah deh interogasinya. 

Mungkin kebanyakan yang maen kesitu kan pada bermobil dan gak bawa gembolan, tapi gak gitu juga kali ya mentang-mentang gratis tiket masuk....


Tempatnya memang asri dan pagodanya seperti Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Sampe-sampe MURI aja kasih predikat Pagoda tertinggi di Indonesia. Sejauh mata memandang sih semua yang ada disini indah dilihat mata. Cuman sayang. waktunya memang singkat dan gak sempat explore tempatnya secara keseluruhan sampe-sampe gak masuk kedalam Pagodanya & nyobain jembatan gantungnya yang terkenal itu. Foto juga gak terlalu banyak, karena tiba-tiba awan mendung mulai menghadang. Kalo sampe keujanan bakal berabe urusannya, perjalanan masih jauh nih.


Untung aja ada angkot lagi parkir didepan Pagoda, ya udah langsung naek aja dan kebetulannya lagi ada pasangan yang abis pacaran dan mau ke Medan juga. Jadi barengan deh naek angkot Sampitnya menuju Medan. Beneran deh Tuhan itu baik, bener-bener dikasih jalan dan dilindungi selama perjalanan selama solo backpackeran di kota Medan-Toba-Berastagi. 2 jam perjalanan gak berasa banget karena ujan dijalan jadi adem dibadan.  Sisa waktu beberapa jam di Medan sebelom gue lanjut tour ke Aceh gue nyobain makan di Merdeka Walk. 

Senangnya perjalanan ini berhasil dan tidak kekurangan sesuatu apapun dan tepat waktu pula. Jam 21.00 gue udah harus lanjut jalan ke Aceh pakai bis selama 12 jam. Ngebayanginnya aja udah pegel-pegel tapi teteup seneng sih bawaannya karena ini liburan gue. Lagian tour nanti bisa ketemu temen-temen gak sendirian lagi. 

Finally, liburan gue kali ini bisa dibilang sukses tapi juga bukan karena kekuatan gue sendiri tapi karena perlindungan sempurna dari padaNya, juga orang-orang yang ada disekeliling gue yang berinteraksi selama di perjalanan. Itulah seninya traveling, bertemu dengan orang baru dan kalau bisa diajak berteman ya lebih bagus.

Happy traveling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...