Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 26, 2013

nasib ikutan tour

Kali ini kita ngomongin nyebelinnya pake tour kalo keluar negeri yuk...

Traveling ke luar negeri pake tour tuh emang gak pake pusing mikirin tetek bengek nginep dimana, pake transport apa. Pokoknya semua udah terjamin bahkan urusan makan pun kalo udah muncul di itinerary, kita gak perlu bingung kecuali ada acara bebas, udah pasti makannya exclude alias biaya sendiri.

Nah, kalo ikutan tour tuh selaen ke objek-objek wisata pasti bakalan diajak juga ke tempat-tempat yang menurut gue sih gak penting banget dan itu udah wajib hukumnya gak bisa enggak. Pokoknya terperangkap dan gak bisa kemana-mana. Believe me its true...

Mau travelingnya pake tour dari Indonesia ataupun jalan sendiri tapi pake tour lokal di negara tujuan, ujung-ujungnya sami mawon.

Tempat reflexy tepu-tepuan.
Pas gue ke China awal September kemaren, dari malem nyampe di Beijing gue udah dikasih tahu jadwal untuk besok sama tour lokalnya. Untuk objek-objek wisatanya sih, gue sangat exciting, tapi untuk mampir-mampir ke tempat yang gak pentingnya juga banyak.

Apa sih tempat-tempat yang gak penting itu? 

Pagi itu gue diajakin ke tempat reflexy. Gue sih udah tahu & gak terlalu bersemangat. Pertamanya tuh manis, kaki kita direndam ramuan yang dikemas jadi teh celup gitu. Sambil kaki kita direndem, sales representative yang di depan ngoceh-ngoceh betapa baiknya mencegah penyakit daripada mengobati dll. Yah, anak SD juga udah tahu begonoan mah.

Cewe yang tak beruntung mijetin kaki gue.
Setelah direndem selama 15 menit, tiba-tiba tukang pijetnya yang masih pada ABG menyeruak ke ruangan dan langsung mijet-mijet kaki kita seakan-akan tau penyakit apa yang udah kita derita. Gak berapa lama masuk beberapa orang yang sepertinya dokter dan melakukan sesi tanya jawab dengan masing-masing incerannya sambil ngorek-ngorek gimana history kesehatan kita. Ada beberapa yang malah dipaksa masuk ke ruangan trus diambil darahnya dan ditakut-takutin yang akhirnya dipaksa beli obat yang terbilang mahal. Orang kan jadi merasa gak enak dan belilah obat sial itu.

Kebetulan gak ada dokter yang mencoba melakukan sesi tanya jawab sama gue. Gue juga gak tahu kenapa dan gue merasa beruntung. Kalo sampe ada dan dia mo ngoceh A-Z pun gue bakalan jawab ngasal saja. Satu-satunya orang yang berkomunikasi ama gue cuman cewe yang pijet-pijet kaki gue. Setelah pijet 1 kaki, dia mencoba menjual obat rendaman kaki yang berupa teh celup isi 30 & minyak gosok buat keseleo. Mau tau harganya berapa? 1 set dijual seharga 500 Yuan ( IDR 921.000,- ). Ahaaaa.... Gue cuman senyum-senyum gak minat dan pura-pura gak ngerti, pura-pura capek dan akting-akting gak butuh. 

Setelah gue berkali-kali bilang "NO", akhirnya mereka mendadak beres-beres dan pergi dengan sendirinya seakan terluka dan tersinggung karena gue gak kooperatif. Itu triknya kok. Tapi, buat yang terkena bujuk rayunya dan beli, akan dikasih extra pijet dipunggung dan sedikit senyum manis karena udah beli produknya dia which is mereka dapet komisi. Antar tukang pijetnya itu saling berkomunikasi loh kayak "Eh, gimana lo berhasil jualan?" dijawab "Enggak nih." Kira-kira begitu...

Reflexy itu sebenernya cuman tameng aja. Lebih ke jualan obat. Bahkan hasil rendeman kaki gue aja gak dianalisa. Yang laen airnya cuman kuning butek, gue punya merah maroon...wkwkkwkw...

Setelah berhasil keluar dari ruangan, langsung dong cerita-cerita sesama peserta tour. Dan banyak yang udah ketipu beli gituan. Yang gue bingung, kok bisa ya? Kalo emang gak niat kan gak usah beli, lagian kan mahal banget, obatnya mungkin berkhasiat tapi gak semahal itu juga kali....

Tempat jual obat bakar.
Masih dihari yang sama dan masih di Beijing pula. Lagi-lagi ke tempat obat tapi tanpa reflexy ahahhaha...teteup judulnya obat. Damn it!

Kali ini obat luka bakar.....zzzzz zz zzzz zzz...

Selaen obat luka bakar, mereka jual banyak obat yang dibacain dari pamflet yang dibagikan ke seluruh peserta tour beserta kegunaannya. Bahkan ada koyo roll yang pakenya sesuai kebutuhan, kagak dipotong-potong kek salonpas. 

Ngantuk bo, dengerin dia ngoceh. Walaupun dia fasih bahasa Indonesia tapi teteup aja males dengerinnya. 

Untuk jual obat luka bakar, dia sampe harus debus dulu nek, dia panasin rantai gede banget, setelah dirasa panas dia pegang rantainya dan aduh-aduh kepanasan ( dan emang panas lah pastinya ) sampe menimbulkan luka bakar yang cukup hebat dan dioles lah banyak-banyak salepnya itu ke semua telapak tangannya dan setelah didiamkan beberapa saat... voila tangannya tidak berbekas dan kembali seperti semula.
Seperti dugaan gue, banyak yang beli loh...entah karena aktingnya yang memukau atau emang butuh obatnya, tapi banyak yang bilang sih obatnya itu emang udah terkenal bagus dan udah banyak yang buktiin. Satu botol isi 250 gr dibanderol 300 Yuan ( IDR 552.600,-)

Drug sales dramatic ever.
Di toko obat yang ini sama sekali gak ada pemaksaan tapi pikiran gue yang sempit sempet bilang, "Emangnya kita mau luka bakar setiap hari gitu?"

Toko giok di Shanghai.
Laen cerita waktu di Shanghai, tokonya toko giok. Yah udah pasti harganya maharani.

Dateng-dateng udah disuruh masuk ke satu ruangan, dijelasin bla bla bla. Kalo giok yang bagus itu yang tahan banting dan kalo dibakar setelah dilapisin tisue, tisue-nya gak bakalan kebakar. Kali ini gue dapet pengetahuan juga.

Setelah diocehin ini itu, akhirnya kita digiring ke ruang show. Harganya anjrit....untuk orang yang (sok) kaya langsung pilih-pilih sambil nawar-nawar. Bayangin aja kalung giok berlapis emas model shio dari harga 5.600 Yuan (10 jutaan ) ditawar jadi 600 Yuan ( 1 jutaan ) dan deal. Ihhh ngeri banget.

Okelah, gue jual rugi kata manager tokonya. Eh, tau ga malahan dari yang beli itu bilang "Kalo emang rugi jangan dijual lah, gue jadi ga enak nih." 

Hah, becanda kamu?

Kalo sampe berani dijual diharga segitu berarti dia udah untung dong....

Giok paling murah sekitar 200 ribuan.
Udahnya tuh orang borong 4 pcs untuk masing-masing anggota keluarganya dengan shio yang berbeda-beda tapi mukenye udah kayak orang kena hipnotis. Lemes, gak berdaya & rada nyesel udah beli giok seharga 4 jutaan. Malah bilang ya udah lah cuman 2 juta ini anggep aja buang sial. Kita langsung koreksi itu 4 juta Oom...Halah, parah banget deh matematiknya.

Banyak yang bilang, kalo dibawa ke Indonesia dan ditanya ke toko emas, harganya gak bakalan segitu dan emasnya juga belom tentu 24 karat...lagian kapan kita mau pake kalung giok gede berlapis emas yang katanya 24 karat? Hihihi...

Stiker no pengunjung di toko perhiasan.
Terakhir, gue harus ngikut ke toko perhiasan di Hongkong. Seperti biasa ada sesi ceramah dulu sekian menit dan akhirnya digiring di ruang pamer. Kita-kita sepertinya udah pada gak minat, palingan sekedar lihat harganya doang. Udah eneq kali ya. Gue sampe diem di wc lama buat cuci muka dan dandan, soalnya gak bisa keluar juga kan? Yah kita selalu terperangkap and there's no way out.

Yang gak minat beli mah udah melipir ke pinggir dan ngobrol antar sesama tour nungguin waktunya keluar. Gue sempet ditanya-tanya dan disuruh lihat kalung sama salesnya, "Ini bagus loh buat pacarnya." Kali ini gue berakting budek aja. Gak penting juga kan senyum-senyum sambil gak beli tea. Enough deh...

Pas keluar gedung, udah banyak stiker-stiker bekas pengunjung laen di papan jalan. Gelo....begitu banyak korban yang berjatuhan...

Gimanapun juga yang beginian itu gak terhindarkan kalo ikutan tour. Mau di negara manapun akan selalu sama. Kalo gak mau mati gaya kayak gue sih ya jangan ikutan tour. Beres kan? Waktu jalan-jalan bisa lebih lama, tidak diinterupsi dengan hal-hal konyol yang gak masuk akal dan gak bikin bete.

Pengalaman temen gue waktu ke China pernah kabur kok in the middle of tour pas ditawarin ke toko teh. Memang, duitnya jadi kebuang percuma tapi kan gak rugi waktu. 

Punya pengalaman kek gue? Sharing dong....

1 komentar:

  1. Sebenarnya terlalu gila juga tu jual barang kagak kira kira harganya.Kalo emang mau jualan ya, harus fair dan jujur aja berapa harga yg sebenarnya,mungkin lebih banyak yg mau beli,krn pasti barangnya asli.Bukannya setelah dibeli malah dapat sumpahhan dan makian dari orang orang yg beli.Contoh seperti souvenir kipas aja yg paling besar harganya kita bisa beli 3 kipas seharga 25 yuan.Sementara di toko2 jualnya 1 kipas sampai 125 yuan,apa kagak gila namanya.Nanti di bilang pembeli yg gila nawarnya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...