Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 17, 2013

meal on flight & sky-tainment

KA 831 Shanghai Pudong - Hongkong
Biasanya, gue kalo liburan pake maskapai low budget untuk penerbangan Internasional, yang penting nyampe dan gak bikin kantong bolong. Tapi kemaren gue nge-trip ke China & Hongkong dan nyobain ehm maskapai penerbangan Cathay Pacific (CX), Dragon Air (KA) & China Eastern (MU). 

Well, CX gak usah diragukan lagi dong sampe pernah dapet penghargaan dari Skytrax di kategori maskapai first class terbaik ditahun 2008. Belom lagi flight attendants nya terkenal banget keramahannya. Yah sekali seumur idup boleh dong bermewah-mewah...

Seafood Noodle at CX
Penerbangan dari Surabaya ke Hongkong pakai CX dan delay. Katanya sih ada kerusakan sistem. Dua jam sebelum boarding udah stand by di bandara, delay 2,5 jam dan waktu penerbangan 4 jam. Waktu yang cukup panjang untuk melihat Hongkong. Kirain yang suka delay Lion Air doang.

Di pesawat, pas jam makan siang, pramugarinya memberikan 2 pilihan menu yang berbeda. Gue nyobain seafood noodle yang ternyata soun goreng dengan udang. Udangnya enak loh. Untuk tambahannya disediakan bread, fruit dan yogurt yang akan selalu ada di setiap set menunya. Minumnya ada tea dan coffee sebagai pelepas dahaga, mau 2-2 nya juga ok.

Biasanya, kalau terbang dengan maskapai domestik dan delay palingan dikasih bread doang dan itu juga pada rebutan. Sesekali lah makan sesuatu yang sedikit beradab dan itu bukan gara-gara delay tapi emang udah termasuk harga tiket pesawat.

Chicken Salad & Pork Stew at KA
Gara-gara CX delay, penerbangan KA dari Hongkong ke Beijing ikutan telat juga. Namun karena kesalahan bukan dari pihak penumpang, kita bisa ganti jadwal penerbangan berikutnya menuju Beijing tanpa tuker tambah harga tiket pesawat. (KA anak perusahaan dari CX).

Kalau di CX banyak penumpang TKW, di KA banyak orang lokal yang ngobrol pakai bahasa Mandarin. Sedikit bikin puyeng di kuping. Untungnya, dapet hiburan musik pake earphone 18 channel tapi lagunya semua Mandarin. Gak ada pilihan hahahah....

Gak berapa lama, pramugarinya terlihat sibuk nawarin makan. Seperti biasa gue diberi 2 pilihan menu yang berbeda. Gue minta chicken salad & pork stew....eh sumpah, pork stew-nya mantap & lembut dengan mashed potato sebagai karbohidratnya. Enak banget apalagi pas udah beres makan dikasih chocolate belgian haagen dazs ice cream....yaempyun perutnya dikasi nyaman banget. Enak buat bobo-bobo bentar sebelom nyampe Beijing tengah malem.

Chocolate Ice Cream at KA
Untuk penerbangan Dragon Air ini seats nya 2-4-2 (AC-DEFG-HK). Urutan kursinya memang berurutan, tapi ada beberapa yang di skip, mungkin biar ketemu H&K yang berarti Hongkong. Gak tau juga ya...

Selain musik 18 channel ada TV kecil di sebelah bagasi kabin selang 3 kursi tapi males kan nontonnya, jauh dan gak kedengeran pula suaranya. Memang lebih asik dengerin musik saja.

Beef & Egg at MU
Dari Xi An menuju Shanghai, gue nyobain China Eastern (MU). Karena penerbangan pagi maka makanannya pun makanan ala breakfast yang gak terlalu berat. Beef & egg plus potato, bread plus cake. Buahnya dikasih tomat. Ternyata makan begitu doang kenyang loh, apa karena capek jalan-jalan jadi makan juga gak gitu napsu ya? Yang pasti sih makanan yang disediain selalu habis gak pernah sisa sedikitpun hihihi...

Mineral Water at MU
MU punya sistem kursi 3-3 (ABC-LKJ), TV-nya sama seperti KA juga di atas sebelah bagasi kabin dan selang-seling bikin males nonton. Mending bobo-bobo ganteng bentar, disediain selimut pula. Zzzz zz zz....

Chicken Sausage at KA
Keesokan harinya gue masih lanjut terbang naek Dragon Air (KA) tujuan Shanghai-Hongkong. Menu breakfastnya egg mushroom + chicken sausage + potato & brokoli. Kemasan yang berwarna hijau itu apple juice.

Entertainment TV at KA
Untuk penerbangan ini baru deh TV nya ada di depan kursi. Dan gak cuman film-film anyar saja tapi juga musik-musik hits dari segala genre musik. Buat anak kecil pun ada pilihan games. Akhirnya jadi gak pengen tidur walaupun mata sudah 5 watt, pengennya ceklak ceklik saluran musik dengerin album-album penyanyi barat kesukaan gue. 
 
Pasta at CX
Pesawat Cathay Pacific rute Hongkong-Surabaya menjadi penerbangan mewah terakhir untuk perjalanan selama 8 hari terakhir ini. Waktu dinner gue minta pasta. Kalo dibandingin ama Pizza Hut sih masih enak Pizza Hut kemana-mana tapi teteup abis kok.

Seats di CX tuh 3-3-3, dan kursi di sebelah jendela teteup juaranya daripada yang di isle atau yang di tengah. Hanya saja keuntungan dapet kursi di isle itu gampang kalo mau ke kamar kecil dan kalo mau dapet makanan lebih cepet.

Oya, untuk beverages, selain menyediakan tea & coffee, kadang mereka juga menawarkan white wine & red wine, cuman gue gak terlalu kepengen. Untuk minum, kita mau tambah berapa kalipun oke saja. Untuk yang suka minum kek gue jadi gak perlu dehidrasi lah ya. Namun yang perlu diingat hanya disediakan pada saat jam makan saja bukan selama penerbangan.

MU 2151 Xi An - Shanghai
Untuk semua penerbangan, pramugarinya boleh lah ya, seragamnya juga asik dimata. Tapi pramugara di Dragon Air ada yang botak sebagian kepalanya loh, belom lagi ada yang chubby dan bibirnya shiny kek abis makan gorengan. Dooh....seru sih.

Makanannya not bad, masih hangat dan bisa dimakan. Gak rugi lah...

Entertainmentnya juga oke, kalo dapet TV didepan kursi ya. Kalo enggak ya cukup selimutan dengan musik di telinga juga cukup menghibur.

Untuk selimut dan earphone semuanya dibungkus plastik, jadi semuanya higienis, mau pakenya gak perlu khawatir geli karena bekas orang.

Ternyata naik pesawat untuk rute dan maskapai internasional itu menjadi hiburan tersendiri selama traveling. Selain itu menjadi pengetahuan juga dan sama sekali bukan untuk pamer. Malahan jadi pengen kerja lebih lagi biar bisa menikmatinya lebih sering. Amin.

2 komentar:

  1. ko, haagen dazs itu dari denmark, bukan dari belgie...
    koreksi dikit ya hehehe

    nice trip
    your dd

    BalasHapus
  2. coklatnya tuh coklat belgian

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...