Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 22, 2013

naik turbo jet ke macau

From Harbour City
Acara bebas tanpa schedule tur di Hongkong, gue manfaatin untuk mencoba jalan-jalan sendiri ke Macau. Sebenernya gue ngajakin temen-temen lain yang bareng ke Hongkong untuk nyebrang ke Macau tapi untungnya mereka menolak jadi gue dengan leluasa bisa pergi sendiri tanpa musti pusing mikirin orang laen. Gue prefer solo backpacking ke Macau karena gue pengen nikmatin sensasi deg-degannya di negeri orang.

Di Hongkong gue nginep di Royal Plaza Mongkok. Setelah beres sarapan, gue langsung ke bagian concierge hotel untuk nanya-nanya gimana caranya & dimana naik turbo jet ke Macau.

Sebenernya gue masih belom puas jelajahin Hongkong dan masih pengen ke Ngong Ping Village tapi kata concierge-nya cable car lagi gak operasi dikarenakan cuaca yang buruk. Jadi ya udahlah memang harus ke Macau sepertinya.

Dari hotel, gue jalan kaki ke arah Ladies Market. Gara-gara semalem shopping di situ jadi udah khatam jalannya. Petunjuk jalan di Hongkong ini lengkap, jadi tinggal ngikutin arah aja lalu turun di jembatan menuju ke stasiun MTR Mong Kok ( bukan Mong Kok East ya ).

Untuk yang belum tau, MTR itu singkatan dari Mass Transit Railway atau kereta bawah tanah-nya Hongkong.

Masuk stasiun gue bingung banget, gimana caranya nih naek MTR, secara belom pernah. Cari petunjuk yang ada di dinding, baca sana baca sini, celinguk kiri kanan. Tiba-tiba keringet dingin udah ngucur aja....dooh gimana ini...bener-bener gak ada petunjuk yang jelas. 

Mau nanya orang yang lewat bingung, mau nanya penjaga loket MTR juga gak yakin. Akhirnya gue ngedeketin mesin pembelian tiket MTR. Layarnya kan touch screen ya udah coba aja pencat-pencet. Gue pilih stasiun Shim Sha Tsui dan keluar biayanya 5 HKD. Mesin tiket MTR ini hanya bisa di akses koin logam dan bukan uang kertas. Dan keringet dingin mulai ngucur lagi, ada gak ya koin 5 HKD. Rogoh kantong kiri dan kanan ternyata ada 1. Fiuh....masukin deh koinnya dan keluar tiket seperti kartu telpon jaman dulu, glossy dan tebal. Tiket sudah di tangan padahal beberapa menit yang lalu sempet mikir balik lagi aja deh ke hotel.

Kesulitan berikutnya masih ada lagi, naik lewat mana ya? Secara semuanya sibuk dan rame banget. Ternyata papan petunjuknya hanya menunjukan arah terakhir dari stasiun yang dituju. Kayak busway jurusan Kota kan menjadikan Kota sebagai perhentian terakhir. Cuman yang namanya panik pasti selalu ada lah ya.

MTR map
Setelah yakin masuk gate yang mana gue masukin tiket dan pintunya kebuka lalu turun pakai eskalator menuju ke bawah tanah. Dari sini tinggal lihat MTR nya ke arah mana, tinggal disesuaikan dengan jurusan yang di tuju.

Stasiun yang dilewati adalah Yau Ma Tei - Jordan dan turun di stasiun Shim Sha Tsui.

Ketika turun, tiketnya harus dimasukkan lagi biar bisa keluar dari area stasiun tapi sayang banget tiketnya gak keluar lagi jadi gak bisa dijadiin koleksi.

Di sini juga masih bengong, jalan mana yang musti gue ambil. Gue bener-bener musti baca peta yang ada di stasiun. Peta dari hotel bener-bener gue taruh di tas aja. Mabok yang ada...

Akhirnya, gue exit D1 dan jalan menuju Harbour City. Gue pikir Harbour City ini tempat berlabuhnya ferry, ternyata yang dimaksud dengan Harbour City adalah branded mal. Yah paling engga gue jadi ngerti sih dan bisa foto view bagus ( Gambar paling atas ). Selanjutnya gue masih mencari-cari dimana sih gedung terminal keberangkatan ferry dimaksud.

Dan masih sempet nyasar lagi, gue malah jalan ke belakang mal dan gue pikir gak mungkin banget. Akhirnya gue keluar menuju jalan semula dan langsung lanjut ke arah kiri. Kalo gak salah gedung yang dimaksud adalah Golden Crown Court. Nah di sini baru bener. Di lantai 3 nya ada loket pembelian tiket ferry Hongkong-Macau. Ya Tuhan, finally nyampe juga ke Hongkong Macau Ferry Terminal. Nyaris 2 jam gue di jalan. Gila bener...

Schedule & price list turbo jet

Ferry yang beroperasi di sana selain Turbo Jet ada juga Cotai Water Jet. Harga Turbo Jet lebih murah 1 HKD baik pergi dan pulang dari Harga Cotai Jet untuk kelas ekonominya. Tapi untuk kelas super dan VIP sepertinya lebih mahal Turbo Jet. 

Perbedaan dari kedua ferry tersebut selain ada di harga, tujuannya pun berbeda. Bila Turbo Jet perhentiannya adalah Macau Ferry Terminal ( Maritimo ) lebih dekat dengan objek wisata Casino Lisboa, MGM, Wynn & Senado Square. Sedangkan Cotai Jet walaupun untuk keberangkatannya bila dari Hongkong masih di situ juga tapi untuk ketibaannya adalah di Macau Taipa Ferry Terminal dan dekat dengan objek wisata The Venetian, Galaxy dan City of Dreams.

Jadi, ngerti ya, kalo Hongkong itu cuman punya 1 terminal ferry ( untuk Turbo Jet dan Cotai Jet ) sedangkan Macau punya 2 terminal ferry sesuai dengan nama jet-nya masing-masing. Kalo pas perginya naek Turbo Jet lalu pulangnya naek Cotai Jet juga bisa, tinggal diatur aja sesuai dengan itin masing-masing.

My two way Tickets
Saran gue sih naek apapun itu sama aja dan gak perlu beli tiket kelas super atau VIP karena yang ekonomi pun nyaman. Perjalanan ditempuh hanya 1 jam saja. Kalo ke Taipa Ferry Terminal mungkin lebih lama sedikit. 

Sangat tidak disarankan untuk beli tiket kepulangan begitu tiba di terminal tujuan. Interval keberangkatan masing-masing jet hanya selisih 1/2 jam sekali, armadanya pun banyak jadi kalo memang kehabisan tiket karena pas weekend ya mending nunggu aja atau cari alternatif lain daripada jalan-jalan jadi gak santai karena diburu-buru schedul kepulangan.

Untuk harga dan jadwal masing-masing jet dapat diakses di masing-masing website yang bersangkutan bila ingin lebih detail.

First view in Macau
Naek ferry-nya sih biasa aja, bener-bener gak ada suara orang ngobrol, tenang dan hening. Satu-satunya suara cuman tv yang gak tahu lagi tayangin acara apa. Akhirnya terkantuk-kantuk sambil baca contekan mau kemana aja selama di Macau.

Sayangnya, gue gak duduk sebelah jendela karena dapet seatnya di tengah. Kalo di window mungkin banyak yang bisa dilihat. Gue lupa formasi kursinya, yang pasti 2-X-2, dua di kiri, beberapa kursi di tengah dan dua di kanan. Ketika kita beli tiketnya, si petugas udah langsung kasih nomor kursinya, jadi gak bisa sembarangan duduknya. Merujuk gambar tiket gue, pas pulangnya di booking dengan nomor seat 46L ( window ) jadi kemungkinan formasi kursinya 2-8-2.

Dari Macau balik ke Hongkong gue pake rute yang sama. Dari naik ferry di Macau sampe Hongkong dan pakai MRT-nya udah gak pake meraba-raba lagi karena udah hapal.

So, kapan kalian ke Macau? Jangan lupa bawa passport ya. Gak pake passport gak bakalan bisa masuk karena udah beda negara lagi. Nyebelinnya,  baik Hongkong maupun Macau cuman memberikan kertas yang di print bagi passport WNI sebagai bukti masuk ke negara-nya dan bukan pake stempel seperti biasanya. Huuu...gak seruuuuu ah...

6 komentar:

  1. thankU sudah memberikan info bedanya cotai water jet dan turbo jet!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, Joshua for the useful information. Bln depan kami rwncana nginep 2 mlm di Taipa, Cotai (Venetian dan Holiday Inn Cotai),dan 2 malam di Macau (crowne plaza hotel). Kira2 disana yg menarik apa ya yg hrs dikunjungi di Taipa dan Macau?

      Hapus
    2. Nyampe Macau, kita bisa ambil brosur dulu untuk melihat objek apa saja yang sekiranya menarik.

      Kalau saya, karena hanya punya waktu seharian, saya hanya keliling Venetian, Ruin of St Paul, Senado Square, Dancing Fountain depan Wynn Hotel dan beberapa mal lainnya.

      Bila saya berkesempatan mengunjungi Macau kembali, saya akan coba bungee jumping di Macau Tower, mengunjungi beberapa museum seperti wine museum dan grand prix museum.

      Sekedar saran, Senado Square & Ruin of St Paul kan wajib banget ya, usahakan dikunjungi di pagi/ siang dan kunjungi mal setelahnya.

      Jangan lupa coba egg tart ya...

      Hapus
  2. untuk jetnya dari macau ke hongkong memakan waktu berapa lama ya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...