Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 04, 2013

koper atau ransel? backpacker atau flashpacker? ikut tour atau pejalan mandiri?


Kadang suka bingung kalo ditanya kenapa suka travelling? Kenapa ya? Kan buang-buang duit doang? Hadeuh banyak cingcong deh...hahaha...

Gue memulai traveling sekitar 4 -5 tahun yang lalu dan gue malah bertanya sama diri sendiri kenapa gak dari dulu ya? Mungkin jawabannya karena gak punya duit lebih buat melakukan itu.

Makanya sekarang daripada sering nongkrong di cafe & beli barang-barang branded mendingan duit lebihnya ditabung buat ongkos jalan-jalan. Lebih worth it kali ya.

Partner jalan-jalan gue untuk sekarang ini ganti-ganti. Dengan gank jalan yang biasa udah vakum setahun ini dan sepertinya untuk taun-taun kedepan juga belom tentu ada pergi-pergi lagi. Sebagian besar karena satu personilnya udah merid dan dua lagi lebih gak jelas mau ngapain.

Namun bukan berarti rencana jalan-jalan gue jadi stuck. Ada ataupun tidak adanya teman jalan yang biasanya, sama sekali gak menghapuskan rencana jalan-jalan gue. Taun depan gue udah booking tiket untuk jalan-jalan dengan temen-temen di satu komunitas. Ternyata malahan gue yang belom pernah gabung sama sekali dengan mereka. See? Temen jalan akan selalu ada, soalnya penyuka traveling gak akan berkurang. 

Setelah rencana perjalanan dibuat dan segala sesuatunya udah di booking, langkah selanjutnya gue memikirkan koper atau ransel ya untuk liburan kali ini? Koper dan ransel di sini dalam arti yang sebenar-benarnya bukan berarti kalo koper itu sesuatu yang lux sedangkan ransel berarti affordable.


Kalo jalan-jalannya dengan tour atau acara kantor yang semuanya terjamin, baik dari makan, akomodasi dan transportasi pastinya gue bakalan bawa koper. Apalagi naik pesawat, beli tiketnya juga pasti include dengan bagasi. Jadi kenapa musti bersusah payah bawa-bawa ransel? Koper juga ada yang kecil kok, kelebihannya kan bisa buat taruh oleh-oleh.

Beda cerita kalo jalan-jalannya sendiri atau dengan teman-teman tapi dengan tingkat mobile yang tinggi. Pindah dari 1 kota ke kota lain, naik angkutan umum dan bukannya rental mobil, pake pesawat tapi gak beli bagasi? Nah, yang ini mendingan pake ransel deh biar gampang.

Packing menjadi hal paling nyebelin sebelom memulai perjalanan. Gue seorang yang rapi tapi males buat packing. Makanya dua minggu sebelom berangkat biasanya gue udah pisahin barang-barang yang mau dibawa biar gak kelupaan. Dan biasanya packing benerannya malam sebelom berangkat, sebelom tidur. Kalo mau dibandingin, gue lebih suka nyusun itinerary secara detail, research segala macam kebutuhan travelling dibandingkan kegiatan yang menyebalkan ini.  

Jalan-jalannya gue gak selalu backpacker walaupun seringnya bawa ransel. Kalo pun tiket pesawatnya low cost, nginep di hostel dan ngeteng kendaraan umum tapi soal makan, gue sukanya makan di resto enak. Kecuali kalo adanya cuman warung makan sederhana. Kalo nemu oleh-oleh rada mahal dikit juga no problem. Jadi bisa dibilang flashpacker lah ya.

Yang pasti, yang namanya jalan-jalan yah harus punya budget. Memang gak perlu berlebihan banget tapi kalo bisa manjain diri sendiri dengan makan enak dan ikut spa di ujung liburan kayaknya lebih asik walaupun sedikit merogoh kocek lebih dalam. Namanya juga lagi liburan. Itungannya nanti aja beres liburan hahaha...

Kalo mau ngikutin buku traveling yang 2 juta pergi kemana gitu, yang ada nantinya malahan stres ngitungin duit melulu dan jadi gak enjoy. Lagian, gue gak mau lagi liburan makannya roti melulu dan minum air mineral demi menekan budget. Penyiksaan itu namanya. Namanya aja liburan, berarti kebutuhan tersier, dilakukan kalo ada duit lebih. Kalo  duitnya pas-pasan tapi pengen liburan, gimana dong? Ya, monggo wae tapi gak bakalan seasik kalo duitnya cukup deh. Misal waktu traveling, lihat toko es krim yang terkenal, kepengen nih tapi duitnya gak ada dan akhirnya gak bisa beli. Gak banget, coy...

Gue gak percaya dengan keberuntungan dan ngemis-ngemis sewaktu traveling demi gak bayar sesen pun. Kalo sampe iya itu mah settingan, gue gak percaya yang namanya traveling bisa hitchiking dari awal sampe akhir. Too good to be true ya. Yang namanya traveling itu ya nabung. Dan gue bangga bisa traveling pake duit sendiri. Kalo belom terkumpul ya tungguin sampe cukup atau lebih, gampang kan?


Sesuai kata hati, gue lebih memilih jalan-jalan tanpa ikutan tour. Memang ada plus minusnya sih tapi gue lebih memilih tersasar di jalan daripada semua terjadwal tapi harus mengorbankan waktu lebih banyak di toko-toko obat/ souvenir dibandingkan dengan objek wisatanya sendiri.

Terlebih lagi, traveling tanpa ikutan tour mempunyai banyak sisi positif seperti melatih diri sendiri untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain, mencoba hal baru tanpa pernah dilakukan sebelumnya, mandiri, mengeluarkan sisi berpetualang, belajar memanage diri sendiri di tempat asing, belajar baca peta dan belajar mengamati hal-hal kecil tapi menarik yang tidak dimiliki ketika ikutan tour.

Dan yang gak kalah penting, jangan lupa bawa tripod kalo jalan-jalannya sendiri. Memang untuk beberapa angle akan susah tapi gak pake nyusahin orang. Gimanapun juga, kita butuh dokumentasi sebagai bukti dan kenang-kenangan selama kita jalan-jalan.

So, kamu termasuk kategori jalan-jalan yang mana?

Dan kalo masih ditanya kenapa suka traveling, jawaban yang paling reasonable adalah "Kenapa enggak?"

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...