Me in uniform |
Menjadi staff training Room
Service ( RS ) di suatu hotel bintang 5 di daerah Nusa Dua, Bali menjadi
pengalaman yang berharga selama menjalani 6 bulan masa training sebagai Food
& Beverage Service.
Selain menyenangkan juga menarik.
Gimana gak menarik kalau bisa jalan-jalan ngiterin seluruh hotel, tebar pesona
sambil bawa makanan dan atau minuman pake trolley atau tray ke kamar tamu lalu
pulangnya kalau beruntung bisa dapet tips.
Hiyaaa, sebagai staff training,
uang tips itu penting walau kadang gak seberapa tapi kalau dikumpulin ya tetep
jadi bukit. Bukit duit maksudnya. Hahaha…
Penempatan di RS ini gue jalani
selama ±
2,5 bulan dan selama itu banyak cerita gila dan lucu yang terjadi. Yuk cekidot…
Awalnya, staff training di RS
cuman gue doang bareng 1 orang apprentice baru. Temen-temen yang laen,
penempatannya gak bareng-bareng sama gue. Di situ kadang gue merasa sedih.
Yaiyalah, secara gue jadi gak ada temen buat gosip. Apprentice? Well, beda lah.
Mereka kan memang udah beneran kerja dan dapat gaji pula, bukan kek training yang
cuman dibayar pake makan doang.
Hari pertama, pengenalan village.
Kebetulan hotel tempat gue training itu resort yang gedenya ampun-ampunan dan
sebagai bagian dari RS tentunya harus tahu arah, lokasi dan medan.
Pada prakteknya untuk seminggu
pertama, masih suka salah jalan dan nyasar-nyasar. Nyari pintu pantry di tiap
village aja gak nemu-nemu...mampus gak tuh.
Ada beberapa lokasi yang mudah diingat
karena gampang tapi ada juga yang udah diputerin beberapa kali masih suka
bingung. Untungnya, minggu ke-2 udah inget. Sekarang, giliran nomor kamar yang
masih suka salah. Penunjuk arah kamar mustinya sih jelas, cuman karena buru-buru,
gak lihat lagi dan akhirnya buntu. Nomor yang dicari mustinya ke arah yang
lain. Buat gue sih gak apa salah jalan biar jadi pinter kan besok-besoknya
tapi keringetnya itu mana tahan. Ngucur deras.
Bawa trolley juga perjuangan,
jalan menuju ke tiap village beda-beda. Ada yang gak butuh tantangan tapi ada
yang butuh extra hati-hati, dari jalanan yang curam sampai paving block yang
gak rata. Memang lebih cepet bawa tray tapi kalo makanan yang dipesan banyak
dan kebetulan lagi gak ada orang atau pesannya American Breakfast, udah pasti
bawa trolley dan jalannya muter-muter karena gak semua jalan bisa dilalui trolley.
Bawa makanan atau minuman tumpah
sih belom pernah ya, soalnya kalo yang berkuah selalu dialasin underline dan
kalo minuman pun dibungkus kertas wrap dan disegel solatip biar kalo teguling,
isinya gak bakal berhamburan. Becek sedikit sih wajar apalagi kalo minuman
dingin kan, sedikit berembun tapi itu juga bisa disiasati pakai coaster.
Pernah tea spoon jatuh waktu lagi
dibawa di atas tray. Dari jauh nih tamu udah ngeri lihat gue gape bawa tray. Semakin
mendekat, dia tambah ketakutan dan akhirnya malah gue yang keder dan kincring,
jatuhlah sendok tehnya. Eh, dia malah bantuin ambil dan dilap pake kemejanya
dan disimpan kembali di atas tray. Kami akhirnya tertawa terbahak-bahak. Gue
sih melihatnya sebagai sesuatu yang lucu dan gak malu-maluin banget. Setelah bilang
thank you, akhirnya gue melanjutkan perjalanan menuju kamar tamu yang
memesannya. Sendoknya kan sudah di lap jadi udah bersih lagi kali ya. Hahaha...
Tumpah belom pernah, tea spoon jatuh pernah, giliran lupa pernah dan lebih dari sekali. Biasanya yang sering itu lupa bawa roti. Biasa kalo ada orderan salad atau spaghetti, condiment-nya itu roti. Rotinya udah disiapin sih sebenernya di hot box tapi akhirnya lupa gak ke bawa. Pernah ada tamu pesen salad, butter dan butter spreader untuk rotinya dibawa, eh, rotinya malah ketinggalan. Inget-inget pas lagi set up di meja si tamu. Kayaknya si tamu rada ngeh dan mau nanya, buat apa nih pake butter segala tapi gak nanya, jadi ya pura-pura gila aja. Abis gimana? Males ah kalo balik lagi.
Tumpah belom pernah, tea spoon jatuh pernah, giliran lupa pernah dan lebih dari sekali. Biasanya yang sering itu lupa bawa roti. Biasa kalo ada orderan salad atau spaghetti, condiment-nya itu roti. Rotinya udah disiapin sih sebenernya di hot box tapi akhirnya lupa gak ke bawa. Pernah ada tamu pesen salad, butter dan butter spreader untuk rotinya dibawa, eh, rotinya malah ketinggalan. Inget-inget pas lagi set up di meja si tamu. Kayaknya si tamu rada ngeh dan mau nanya, buat apa nih pake butter segala tapi gak nanya, jadi ya pura-pura gila aja. Abis gimana? Males ah kalo balik lagi.
Dan pernah salah kamar tapi bukan
salah gue loh. Kan kalo ada orderan itu, order taker nge-print bill dengan
nomor kamarnya dan di balik bill tersebut dicantumkan nama dari si tamu. Acuannya
ya itu nomor kamar dan nama si tamu. Giliran gue udah ketok pintunya pake
greetings dan senyum membahana, dia bilang, “Sorry, I didn’t order room
service.” Keringet dingin dah. Gue nanya ini pesanan dari kamar sekian dengan
bapak anu, apakah betul? Dijawab betul tapi dia gak pesen room service. Matek
gak lo. Giliran lagi genting, gue gak bawa handy talkie. HT itu senjata buat RS,
selain bolpen dan pesanan tamu dengan cutlery yang sesuai tentunya. Akhirnya gue
ke pantry dan masuk ke ruang housekeeping buat pinjem telpon, nanyak ke order
taker, nomor kamar yang bener yang mana. Order taker sih ngakunya komputernya
mati jadi nge-hang. Untung tamu yang gak pesen makanan itu gak banting pintu
loh. Tamu kan gak bisa diprediksi dan yang malu kan bukan order taker.
Ngomongin soal keringet, namanya
kerja pake tenaga dari satu village ke village yang lain udah pasti uniform
baru dipakai 2 jam pun cepet basah oleh keringet. Namanya RS, bawa makanan,
ketemu langsung sama tamu di kamar, kalo bau keringet di ruang ber-AC ya pasti
kecium lagian jadi berasa kurang higienis. Sayangnya, yang jaga uniform suka
gak mau tahu. Nah, gue kena sinar matahari, capek ngeluarin tenaga malah
disemprot. Gak ada otaknya. Apa susahnya sih ambilin uniform baru...toh semua juga tahu, kalo uniform kotor dan kena keringet harus cepat diganti. *Yang jaga namanya esti...esti tawar satu...
Gue bukan orang yang tipping
minded sih dan kalo gak dikasih tips juga ya udah. Gue gak bakal nungguin
tamunya korek-korek dompet dulu baru keluar dari kamar tamu. Atau pake kode
ehm-ehm segala...hahaha enggak lah. Kalau boleh memilih, tentu gue pilih dikasih,
kan lumayan buat ongkos pulang.
Paling kesel kalo tamunya nanyak,
“Apa makanannya udah include service?” gue jawabnya tentu saja sudah. Mana ada
harga di hotel yang gak pake PPN 10 % dan Service 10 %? Semua pake toh? Jadi maksud
pertanyaannya apa? Sebagai indikasi gak kasih tips kah? Plis deh...mending bilang
aja thank you tanpa embel-embel gak penting itu. Apa mau gue jawab, “Makanannya sudah termasuk service tapi berhubung saya masih training jadi saya
gak dapet uang service...” Gak mungkin ye…ah, tamu Oz tuh…
Satu waktu, gue pernah disuruh
antar makanan ke kamar tamu yang ternyata orang Indonesia. Pas pulang dikasih “Bekel”
Eh, nyampe selasar ketemu apprentice RS trus ditanya-tanya dapet berapa tadi
dll. Setelah bilang gak dapet, dia malah nyaut gak mungkin lah, minimal seratus
ribu sih dapet. Dia yang kepo. Sampe station, ketemu lagi apprentice yang lain,
dia lihat record sheet, cek no. kamarnya dan langsung interogasi gue. Hadeuh,
ini apa-apaan sih? Kalo gue dapet tips emang kenapa? Mau dapet berapapun itu
urusan gue kan?
Mereka sampe segitunya loh. Nyiriin
kamar tamu yang suka kasih tips atau enggak. Gue sih gak kepikiran. Mau bawa
trolley atau tray, mau ke village paling jauh kek, mau orang apapun, kamar type
deluxe atau villa, ya antar aja. Jangan dipikir kalo bawa trolley ( karena
pesanan banyak ) bakalan dikasih tips loh.
Sekali lagi tips itu faktor luck. Sekaya apapun orangnya kalo gak niat ngasih ya enggak. Apalagi kalo yang nginepnya lama sampai berhari-hari, kemungkinan besar, dia gak bakal kasih tips.
Jadi inget cerita ini, waktu itu ada pesanan banyak dan pesanan harus dibawa 2 orang, kebagian gue dan senior RS. Namanya bareng senior, ya udah gue cuman ngikut aja, terserah dia mau ngapain kek, gue cuman ngekor aja. Di kamar tamu, semua makanan yang dipesan di set up di meja makan ( padahal tamu gak minta ) terus ramahnya kebangetan pake ngajak ngobrol ngalor ngidul, udahnya no tipping. Tutup pintu, dia ngoceh-ngoceh. Gue ngikik aja dalem hati. Rasain lu...
Sekali lagi tips itu faktor luck. Sekaya apapun orangnya kalo gak niat ngasih ya enggak. Apalagi kalo yang nginepnya lama sampai berhari-hari, kemungkinan besar, dia gak bakal kasih tips.
Jadi inget cerita ini, waktu itu ada pesanan banyak dan pesanan harus dibawa 2 orang, kebagian gue dan senior RS. Namanya bareng senior, ya udah gue cuman ngikut aja, terserah dia mau ngapain kek, gue cuman ngekor aja. Di kamar tamu, semua makanan yang dipesan di set up di meja makan ( padahal tamu gak minta ) terus ramahnya kebangetan pake ngajak ngobrol ngalor ngidul, udahnya no tipping. Tutup pintu, dia ngoceh-ngoceh. Gue ngikik aja dalem hati. Rasain lu...
Menjadi seorang hotelier harus
siap melayani apapun itu kebangsaannya, apapun keinginan tamu harus bisa
dipenuhi. Giliran gue disuruh antar pesanan tamu dari Amerika, profesinya
dokter dan dia sangat neat freak. Dia gak mau staff apapun yang masuk ke
kamarnya memakai sepatu. Jadilah gue sebelum ketok pintu kamarnya, membiarkan
kaki gue hanya memakai kaus kaki saja. Dan dia sangat senang karena gue bisa
mengerti dan memenuhi keinginannya tersebut. Gue sendiri bangga karena gue bisa
melayani dia dengan sepenuh hati.
Sampe station, senior gue malah
kasitau ini sih belom seberapa. Pernah ada tamu yang kalo hari-hari tertentu
gak mau pegang bolpen buat sign. -_-"
Pengalaman paling nyebelin juga
ada. Gak terlalu nyebelin sih tapi cukup nyesek aja. Waktu itu gue in charge
shift malam yang dimulai pada pukul 11 malam sampai jam 7 pagi. Eh, giliran jam
3 pagi, telpon order taker bunyi dong, si tamu gak mau pesan apa-apa cuman
minta makanannya dipanasin di microwave. Jadilah gue naek sepeda ke village
yang paling jauh untuk ngambil makanannya, balik lagi ke station buat ngangetin
trus balik lagi ke kamar tamu, kasih makanan yang sudah panas dan balik lagi ke
station.
Paginya, ada senior yang nanya,
kayaknya jam 3-an ada telpon ya? Minta apa? Gue jawab minta makanannya
dipanasin. Hah gitu doang? Terus? Dikasih tips gak? Gue menggeleng lesu. Eh,
dia yang malahan marah-marah, gila banget tuh orang, gak tau diri. Sambil nanyak
lagi, emang tamu apa? Gue jawab, “Tamu China.” Gue yang keturunan China jadi
ikutan malu hahaha...
Room Service itu gak cuman
nganterin makan minum aja tapi segala kebutuhan tamu. Bisa ngangetin makanan,
bawain sendok, garpu, mangkuk sampai air mineral. Kadang nyebelin sih kalo
cuman nganterin barang-barang begituan. Malahan pernah suruh bawa roti yang udah jelek
cuman mau dikasih ikan yang ada di kolam depan kamar tamunya. Bawanya udah
males dan kayaknya berasa bego aja tapi ya ini keinginan tamu kan? Gak bisa
ngomong apa-apa.
Dan tamu India memang sudah
terkenal dengan ke-rese-annya. Minta angetin susu tiap pagi padahal di kamar
tersedia termos pemanas, minta handy plast sampai minta kupasin buah salak.
Anehnya, mereka gak merasa berdosa nyuruh-nyuruh begituan.
Sampe pernah, dia ( tamu India )
pas bayar pesanan RS, dia udah still tanda tangan aja, pas gue balik ke station,
di cek sama senior ternyata gak punya kredit. Jadinya gue balik lagi ke
kamarnya minta dibayar pake uang cash. Ngerjain gak sih? Udah gitu kembalian
600 perak dan dengan bangganya bilang, “Keep the change” *Pingsan sambil gigit
tray. Dan ini bukan kejadian pertama kalinya karena waktu di outlet yang
berbeda pun mereka dengan santainya bayar dengan tanda tangan padahal gak punya
kredit. Parah.
Ada satu kejadian lagi dari tamu
India. Dia minta tomat, onion dan ketimun. Gak mau di charge pula. Malam-malam
rujakan, yang ngoceh orang cold kitchen-nya pake nanya, “Bayar gak nih?” Pikir
aja sendiri.
Kerjaan paling nyebelin di RS tuh
“Clear up” Shift pagi yang ketiban sueknya kumpulin peralatan makan bekas
dipakai tamu kemarin sore atau malam yang ada di lantai tiap-tiap pantry di
semua village. Ya, kerjaan pagi yang nyebelin ya itu. Seniornya juga gak demen
kalo gue diem, mendingan nyuruh-nyuruh biar ada kerjaan padahal RS kan gak
selalu rame. Jam 9 udah pasti disuruh clear up, eh, beres makan siang, clear up
lagi dan sekitar jam 2 siang sebelum pulang juga begitu. Hidup clear up...
Namanya peralatan makan bekas
pakai, ya pasti bau dan kotor. Belom lagi sisa makanannya yang kadang sampe
berjamur. Pertanyaannya, udah berapa hari tuh makanan masih di pantry? Kok bisa
gak di clear up? Itu dia, sirik-sirikannya di RS. Giliran bawa makanan sih
semua juga mau, giliran bekasnya mikir-mikir. Sampe pernah, gue udah jalan bawa
pesanan tamu, eh, diminta si apprentice biar dia yang bawa. Silahkan aja gue
sih, ngapain juga mesti perebutan.
Terkadang gue juga gak mau kalah
sih. Ya, masa gue kerjanya bersih-bersih station sama clear up doang? Enak aja.
Kalo dapet orderan, bill-nya langsung gue kantongin. Otomatis kalo bill ada di gue, gak
bakal ada yang tiba-tiba maen bawa tuh makanan. Ilmu tuh dari apprentice licik.
Beberapa senior memang gak pelit ilmu dan menyenangkan jadi bikin suasana kerja nyaman tapi sebagian lagi parah. Males,
nyuruh-nyuruh doang dan maunya santai. Salah dikit, marahnya udah kayak apa
aja. Dan ada yang rasis karena gue keturunan China. Kalau boleh ngomong, lebih
fair kalo dinilai dari kemampuannya bukan tampangnya. Tampang gak mencerminkan
kemampuannya. Catet tuh...
Pengalaman menyenangkan juga
banyak, salah satunya ikutan launching menu baru dari RS yaitu Champagne
Brunch. Menunya udah tersedia, tinggal gimana cara penyajiannya. Dan akhirnya
setelah semua orang yang berkepentingan diundang, dan mengurangi porsi yang ada,
hell yeah...Jadilah, gue yang bertugas untuk membawa makanan tersebut ke kamar
tamu yang kosong untuk diatur penyajiannya di meja tamu ( bukan di atas trolley
). Setelah semuanya ditata, eh, si Mr Asst. Dir. F & B Service malah nyuruh
gue duduk sebagai tamu dan dia pura-puranya melayani gue. Gue mendadak kejang,
gak percaya aja dapet moment sebagus itu dan Mr. Asst. Mgr. Room Service ikutan
bantu fotoin kami. Gila...what an experience. Hari itu rasanya seneng banget. Mr. Asst. Dir. itu emang terkenal baik sih, kalo ngomong sama dia asik
dan gak rese. Ya, mestinya orang yang punya pangkat lebih down to earth kan
daripada sok-sokan gak jelas.
Banyak banget pengalaman menarik
yang gak bisa diceritain satu persatu tapi dari beberapa outlet yang gue sempet
pelajari minus senior-seniornya yang bikin bête, RS menjadi tempat terbaik
selama gue training di F&B Service.
Anything else, Sir? It's approximately 30 minutes. Thank You for calling Room Service, Mr John and have a good day...
Anything else, Sir? It's approximately 30 minutes. Thank You for calling Room Service, Mr John and have a good day...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar