Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 06, 2015

good morning, room service, Joshua speaking...may i help you?

Me in uniform

Menjadi staff training Room Service ( RS ) di suatu hotel bintang 5 di daerah Nusa Dua, Bali menjadi pengalaman yang berharga selama menjalani 6 bulan masa training sebagai Food & Beverage Service.

Selain menyenangkan juga menarik. Gimana gak menarik kalau bisa jalan-jalan ngiterin seluruh hotel, tebar pesona sambil bawa makanan dan atau minuman pake trolley atau tray ke kamar tamu lalu pulangnya kalau beruntung bisa dapet tips.

Hiyaaa, sebagai staff training, uang tips itu penting walau kadang gak seberapa tapi kalau dikumpulin ya tetep jadi bukit. Bukit duit maksudnya. Hahaha…

Penempatan di RS ini gue jalani selama ± 2,5 bulan dan selama itu banyak cerita gila dan lucu yang terjadi. Yuk cekidot…

Awalnya, staff training di RS cuman gue doang bareng 1 orang apprentice baru. Temen-temen yang laen, penempatannya gak bareng-bareng sama gue. Di situ kadang gue merasa sedih. Yaiyalah, secara gue jadi gak ada temen buat gosip. Apprentice? Well, beda lah. Mereka kan memang udah beneran kerja dan dapat gaji pula, bukan kek training yang cuman dibayar pake makan doang.

Hari pertama, pengenalan village. Kebetulan hotel tempat gue training itu resort yang gedenya ampun-ampunan dan sebagai bagian dari RS tentunya harus tahu arah, lokasi dan medan.

Pada prakteknya untuk seminggu pertama, masih suka salah jalan dan nyasar-nyasar. Nyari pintu pantry di tiap village aja gak nemu-nemu...mampus gak tuh.

Ada beberapa lokasi yang mudah diingat karena gampang tapi ada juga yang udah diputerin beberapa kali masih suka bingung. Untungnya, minggu ke-2 udah inget. Sekarang, giliran nomor kamar yang masih suka salah. Penunjuk arah kamar mustinya sih jelas, cuman karena buru-buru, gak lihat lagi dan akhirnya buntu. Nomor yang dicari mustinya ke arah yang lain. Buat gue sih gak apa salah jalan biar jadi pinter kan besok-besoknya tapi keringetnya itu mana tahan. Ngucur deras.

Ini bukan jalan santai bro tapi jalan sambil gusur trolley atau bawa wooden tray di pundak. Kalo cuman bawa 1 main course yah chiki banget tapi kalo 2 sampai 3 dish plus minuman pula, gak jatuh juga udah bagus dan keringet kan gak bisa disetel kapan keluarnya. Piringnya lumayan berat dan plate cover-nya lebih berat lagi soalnya dari alumunium.

Bawa trolley juga perjuangan, jalan menuju ke tiap village beda-beda. Ada yang gak butuh tantangan tapi ada yang butuh extra hati-hati, dari jalanan yang curam sampai paving block yang gak rata. Memang lebih cepet bawa tray tapi kalo makanan yang dipesan banyak dan kebetulan lagi gak ada orang atau pesannya American Breakfast, udah pasti bawa trolley dan jalannya muter-muter karena gak semua jalan bisa dilalui trolley.

Bawa makanan atau minuman tumpah sih belom pernah ya, soalnya kalo yang berkuah selalu dialasin underline dan kalo minuman pun dibungkus kertas wrap dan disegel solatip biar kalo teguling, isinya gak bakal berhamburan. Becek sedikit sih wajar apalagi kalo minuman dingin kan, sedikit berembun tapi itu juga bisa disiasati pakai coaster.

Set up trolley
Pernah tea spoon jatuh waktu lagi dibawa di atas tray. Dari jauh nih tamu udah ngeri lihat gue gape bawa tray. Semakin mendekat, dia tambah ketakutan dan akhirnya malah gue yang keder dan kincring, jatuhlah sendok tehnya. Eh, dia malah bantuin ambil dan dilap pake kemejanya dan disimpan kembali di atas tray. Kami akhirnya tertawa terbahak-bahak. Gue sih melihatnya sebagai sesuatu yang lucu dan gak malu-maluin banget. Setelah bilang thank you, akhirnya gue melanjutkan perjalanan menuju kamar tamu yang memesannya. Sendoknya kan sudah di lap jadi udah bersih lagi kali ya. Hahaha...

Tumpah belom pernah, tea spoon jatuh pernah, giliran lupa pernah dan lebih dari sekali. Biasanya yang sering itu lupa bawa roti. Biasa kalo ada orderan salad atau spaghetti, condiment-nya itu roti. Rotinya udah disiapin sih sebenernya di hot box tapi akhirnya lupa gak ke bawa. Pernah ada tamu pesen salad, butter dan butter spreader untuk rotinya dibawa, eh, rotinya malah ketinggalan. Inget-inget pas lagi set up di meja si tamu. Kayaknya si tamu rada ngeh dan mau nanya, buat apa nih pake butter segala tapi gak nanya, jadi ya pura-pura gila aja. Abis gimana? Males ah kalo balik lagi.

Dan pernah salah kamar tapi bukan salah gue loh. Kan kalo ada orderan itu, order taker nge-print bill dengan nomor kamarnya dan di balik bill tersebut dicantumkan nama dari si tamu. Acuannya ya itu nomor kamar dan nama si tamu. Giliran gue udah ketok pintunya pake greetings dan senyum membahana, dia bilang, “Sorry, I didn’t order room service.” Keringet dingin dah. Gue nanya ini pesanan dari kamar sekian dengan bapak anu, apakah betul? Dijawab betul tapi dia gak pesen room service. Matek gak lo. Giliran lagi genting, gue gak bawa handy talkie. HT itu senjata buat RS, selain bolpen dan pesanan tamu dengan cutlery yang sesuai tentunya. Akhirnya gue ke pantry dan masuk ke ruang housekeeping buat pinjem telpon, nanyak ke order taker, nomor kamar yang bener yang mana. Order taker sih ngakunya komputernya mati jadi nge-hang. Untung tamu yang gak pesen makanan itu gak banting pintu loh. Tamu kan gak bisa diprediksi dan yang malu kan bukan order taker.

Ngomongin soal keringet, namanya kerja pake tenaga dari satu village ke village yang lain udah pasti uniform baru dipakai 2 jam pun cepet basah oleh keringet. Namanya RS, bawa makanan, ketemu langsung sama tamu di kamar, kalo bau keringet di ruang ber-AC ya pasti kecium lagian jadi berasa kurang higienis. Sayangnya, yang jaga uniform suka gak mau tahu. Nah, gue kena sinar matahari, capek ngeluarin tenaga malah disemprot. Gak ada otaknya. Apa susahnya sih ambilin uniform baru...toh semua juga tahu, kalo uniform kotor dan kena keringet harus cepat diganti. *Yang jaga namanya esti...esti tawar satu...

The staff
Shift jam 7 pagi, sebenernya shift yang paling enak. Pagi-pagi sebelom mulai kerja udah ngupi-ngupi cantik di pojokan dishwasher sambil makan croissant. Hahaha...senior yang ajarin loh...jadi kenapa enggak? Tapi kalo shift pagi jarang dapet tips. Menyebalkan memang.

Gue bukan orang yang tipping minded sih dan kalo gak dikasih tips juga ya udah. Gue gak bakal nungguin tamunya korek-korek dompet dulu baru keluar dari kamar tamu. Atau pake kode ehm-ehm segala...hahaha enggak lah. Kalau boleh memilih, tentu gue pilih dikasih, kan lumayan buat ongkos pulang.

Paling kesel kalo tamunya nanyak, “Apa makanannya udah include service?” gue jawabnya tentu saja sudah. Mana ada harga di hotel yang gak pake PPN 10 % dan Service 10 %? Semua pake toh? Jadi maksud pertanyaannya apa? Sebagai indikasi gak kasih tips kah? Plis deh...mending bilang aja thank you tanpa embel-embel gak penting itu. Apa mau gue jawab, “Makanannya sudah termasuk service tapi berhubung saya masih training jadi saya gak dapet uang service...” Gak mungkin ye…ah, tamu Oz tuh…

Satu waktu, gue pernah disuruh antar makanan ke kamar tamu yang ternyata orang Indonesia. Pas pulang dikasih “Bekel” Eh, nyampe selasar ketemu apprentice RS trus ditanya-tanya dapet berapa tadi dll. Setelah bilang gak dapet, dia malah nyaut gak mungkin lah, minimal seratus ribu sih dapet. Dia yang kepo. Sampe station, ketemu lagi apprentice yang lain, dia lihat record sheet, cek no. kamarnya dan langsung interogasi gue. Hadeuh, ini apa-apaan sih? Kalo gue dapet tips emang kenapa? Mau dapet berapapun itu urusan gue kan?

Mereka sampe segitunya loh. Nyiriin kamar tamu yang suka kasih tips atau enggak. Gue sih gak kepikiran. Mau bawa trolley atau tray, mau ke village paling jauh kek, mau orang apapun, kamar type deluxe atau villa, ya antar aja. Jangan dipikir kalo bawa trolley ( karena pesanan banyak ) bakalan dikasih tips loh.

Sekali lagi tips itu faktor luck. Sekaya apapun orangnya kalo gak niat ngasih ya enggak. Apalagi kalo yang nginepnya lama sampai berhari-hari, kemungkinan besar, dia gak bakal kasih tips.

Jadi inget cerita ini, waktu itu ada pesanan banyak dan pesanan harus dibawa 2 orang, kebagian gue dan senior RS. Namanya bareng senior, ya udah gue cuman ngikut aja, terserah dia mau ngapain kek, gue cuman ngekor aja. Di kamar tamu, semua makanan yang dipesan di set up di meja makan ( padahal tamu gak minta ) terus ramahnya kebangetan pake ngajak ngobrol ngalor ngidul, udahnya no tipping. Tutup pintu, dia ngoceh-ngoceh. Gue ngikik aja dalem hati. Rasain lu...

The most beautiful girl in RS
Menjadi seorang hotelier harus siap melayani apapun itu kebangsaannya, apapun keinginan tamu harus bisa dipenuhi. Giliran gue disuruh antar pesanan tamu dari Amerika, profesinya dokter dan dia sangat neat freak. Dia gak mau staff apapun yang masuk ke kamarnya memakai sepatu. Jadilah gue sebelum ketok pintu kamarnya, membiarkan kaki gue hanya memakai kaus kaki saja. Dan dia sangat senang karena gue bisa mengerti dan memenuhi keinginannya tersebut. Gue sendiri bangga karena gue bisa melayani dia dengan sepenuh hati.

Sampe station, senior gue malah kasitau ini sih belom seberapa. Pernah ada tamu yang kalo hari-hari tertentu gak mau pegang bolpen buat sign. -_-"

Pengalaman paling nyebelin juga ada. Gak terlalu nyebelin sih tapi cukup nyesek aja. Waktu itu gue in charge shift malam yang dimulai pada pukul 11 malam sampai jam 7 pagi. Eh, giliran jam 3 pagi, telpon order taker bunyi dong, si tamu gak mau pesan apa-apa cuman minta makanannya dipanasin di microwave. Jadilah gue naek sepeda ke village yang paling jauh untuk ngambil makanannya, balik lagi ke station buat ngangetin trus balik lagi ke kamar tamu, kasih makanan yang sudah panas dan balik lagi ke station.

Paginya, ada senior yang nanya, kayaknya jam 3-an ada telpon ya? Minta apa? Gue jawab minta makanannya dipanasin. Hah gitu doang? Terus? Dikasih tips gak? Gue menggeleng lesu. Eh, dia yang malahan marah-marah, gila banget tuh orang, gak tau diri. Sambil nanyak lagi, emang tamu apa? Gue jawab, “Tamu China.” Gue yang keturunan China jadi ikutan malu hahaha...

Room Service itu gak cuman nganterin makan minum aja tapi segala kebutuhan tamu. Bisa ngangetin makanan, bawain sendok, garpu, mangkuk sampai air mineral. Kadang nyebelin sih kalo cuman nganterin barang-barang begituan. Malahan pernah suruh bawa roti yang udah jelek cuman mau dikasih ikan yang ada di kolam depan kamar tamunya. Bawanya udah males dan kayaknya berasa bego aja tapi ya ini keinginan tamu kan? Gak bisa ngomong apa-apa.

Dan tamu India memang sudah terkenal dengan ke-rese-annya. Minta angetin susu tiap pagi padahal di kamar tersedia termos pemanas, minta handy plast sampai minta kupasin buah salak. Anehnya, mereka gak merasa berdosa nyuruh-nyuruh begituan.

Sampe pernah, dia ( tamu India ) pas bayar pesanan RS, dia udah still tanda tangan aja, pas gue balik ke station, di cek sama senior ternyata gak punya kredit. Jadinya gue balik lagi ke kamarnya minta dibayar pake uang cash. Ngerjain gak sih? Udah gitu kembalian 600 perak dan dengan bangganya bilang, “Keep the change” *Pingsan sambil gigit tray. Dan ini bukan kejadian pertama kalinya karena waktu di outlet yang berbeda pun mereka dengan santainya bayar dengan tanda tangan padahal gak punya kredit. Parah.

Rujakan by request
Ada satu kejadian lagi dari tamu India. Dia minta tomat, onion dan ketimun. Gak mau di charge pula. Malam-malam rujakan, yang ngoceh orang cold kitchen-nya pake nanya, “Bayar gak nih?” Pikir aja sendiri.

Kerjaan paling nyebelin di RS tuh “Clear up” Shift pagi yang ketiban sueknya kumpulin peralatan makan bekas dipakai tamu kemarin sore atau malam yang ada di lantai tiap-tiap pantry di semua village. Ya, kerjaan pagi yang nyebelin ya itu. Seniornya juga gak demen kalo gue diem, mendingan nyuruh-nyuruh biar ada kerjaan padahal RS kan gak selalu rame. Jam 9 udah pasti disuruh clear up, eh, beres makan siang, clear up lagi dan sekitar jam 2 siang sebelum pulang juga begitu. Hidup clear up...

Namanya peralatan makan bekas pakai, ya pasti bau dan kotor. Belom lagi sisa makanannya yang kadang sampe berjamur. Pertanyaannya, udah berapa hari tuh makanan masih di pantry? Kok bisa gak di clear up? Itu dia, sirik-sirikannya di RS. Giliran bawa makanan sih semua juga mau, giliran bekasnya mikir-mikir. Sampe pernah, gue udah jalan bawa pesanan tamu, eh, diminta si apprentice biar dia yang bawa. Silahkan aja gue sih, ngapain juga mesti perebutan.

Terkadang gue juga gak mau kalah sih. Ya, masa gue kerjanya bersih-bersih station sama clear up doang? Enak aja. Kalo dapet orderan, bill-nya langsung gue kantongin. Otomatis kalo bill ada di gue, gak bakal ada yang tiba-tiba maen bawa tuh makanan. Ilmu tuh dari apprentice licik.

Beberapa senior memang gak pelit ilmu dan menyenangkan jadi bikin suasana kerja nyaman tapi sebagian lagi parah. Males, nyuruh-nyuruh doang dan maunya santai. Salah dikit, marahnya udah kayak apa aja. Dan ada yang rasis karena gue keturunan China. Kalau boleh ngomong, lebih fair kalo dinilai dari kemampuannya bukan tampangnya. Tampang gak mencerminkan kemampuannya. Catet tuh...

The greatest moment ever...
Pengalaman menyenangkan juga banyak, salah satunya ikutan launching menu baru dari RS yaitu Champagne Brunch. Menunya udah tersedia, tinggal gimana cara penyajiannya. Dan akhirnya setelah semua orang yang berkepentingan diundang, dan mengurangi porsi yang ada, hell yeah...Jadilah, gue yang bertugas untuk membawa makanan tersebut ke kamar tamu yang kosong untuk diatur penyajiannya di meja tamu ( bukan di atas trolley ). Setelah semuanya ditata, eh, si Mr Asst. Dir. F & B Service malah nyuruh gue duduk sebagai tamu dan dia pura-puranya melayani gue. Gue mendadak kejang, gak percaya aja dapet moment sebagus itu dan Mr. Asst. Mgr. Room Service ikutan bantu fotoin kami. Gila...what an experience. Hari itu rasanya seneng banget. Mr. Asst. Dir. itu emang terkenal baik sih, kalo ngomong sama dia asik dan gak rese. Ya, mestinya orang yang punya pangkat lebih down to earth kan daripada sok-sokan gak jelas.

Banyak banget pengalaman menarik yang gak bisa diceritain satu persatu tapi dari beberapa outlet yang gue sempet pelajari minus senior-seniornya yang bikin bête, RS menjadi tempat terbaik selama gue training di F&B Service.

Anything else, Sir? It's approximately 30 minutes. Thank You for calling Room Service, Mr John and have a good day...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...