Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 24, 2015

lomba hewan kesayangan di hut sukabumi ke-101

 1st Place Best Photo Contest

Akhir bulan kemarin sewaktu lagi jalan-jalan ketemu sesama pencinta anjing, dia ngajakin ikutan lomba pet ( anjing dan kucing ) dalam rangka memeriahkan HUT kota Sukabumi yang ke-101. Jadilah gue add pin bb dia dan dikirimlah informasi jenis lombanya apa aja beserta pendaftarannya di mana.

Babeh gue juga dapat informasi lomba dari fotokopian dan suruh gue ikutan. Gue pikir, makan doang mah menang lah toh anjing gue itu rakus dan untuk lomba foto juga pasti menang secara dia lumayan photogenic dan sering difoto.

Gue sangat excited dengan lomba ini karena pengen tau dan pengen menang pastinya. Seminggu sebelum lomba dimulai, gue daftar di pet shop deket rumah untuk lomba makan dan lomba foto. Pas bayar, gue dapat info kalau lomba foto sama dengan lomba-lomba lainnya yaitu IDR 50.000,- padahal dari BC bbm cuman IDR 30.000,- gue protes dong tapi solusinya kalau ada kelebihan nanti dibayarkan pada saat mendaftar ulang pas hari H. Ya udah dong.

Satu minggu itu gue fokus bikin konsep buat lomba fotonya terus belanja pernak-perniknya sampai heboh pas sesi foto di rumah. Sebenernya ini bukan barang baru buat Eric ( doggie gue ) karena udah sering pemotretan dengan theme ulang tahun. Cuman prakteknya ya cape aja soalnya kameranya pake mode timer. Sampe terakhir-terakhir, dia udah pasrah diapain juga mau saking capenya. Hahaha...

Lanjut pilih fotonya terus kirim ke soul mate suruh pilih yang paling bagus yang mana tapi foto pilihan gue yang akhirnya dicetak. Bisa sedikit bernafas lega karena persiapan sudah selesai.

H-1 cuman mandiin doang dan bersihin kupingnya. Selesai, tinggal tunggu besok. Persiapan lainnya sih enggak ada cuman ngobrol aja sama Eric kalo besok ikutan lomba dan harus menang dan jangan malu-maluin. Dan dia bengong. Hahaha...

Hari yang dinanti pun tiba, jam 6 Eric udah dikasih makan. Mom langsung tereak, “Bukannya mau lomba makan, kok udah dikasih makan sekarang?” Yaila, anjing gue mati ntar, mau ikutan lomba gak ada tenaga.

Naek angkkot
Jam 8 kurang gue udah naek angkot menuju tempat lomba. Dia seneng banget naek angkot, mungkin suka mukanya kena hembusan angin gitu. Angkot yang tadinya kosong akhirnya jadi penuh. Tau sendiri lah, orang yang gak suka doggie suka rese, padahal siapa juga yang mau jilat-jilat mereka kan. Ada penumpang yang lagi ngerokok terus asapnya kena dia, langsung batuk-batuk. Pengalaman jadinya naek angkot tuh begini kalo sama Eric. Kalo dibawa jalan-jalan pake mobil pasti dia seneng mukanya keluar-keluar dari jendela. Udah ketauan deh.

Sampe lokasi, yang mau ikutan lomba udah stand by. Gue jadi peserta no. 28 dari sekitar 40-an hewan peliharaan. Waktu daftar ulang, gue tanya lagi berapa harga ikutan lomba foto, dijawab 50 ribu karena nanti peserta lomba difoto lagi di lokasi. Ok deh.

Yang ikutan lomba udah jerit-jerit kok jam segini belom dimulai juga? Jawabannya malah iya, soalnya jurinya masih tidur. Hah? Terus kita musti tunggu sampe dia bangun gitu? Butuh Prince Charming buat ngebangunin? Hahahaha...parahnya...

Sebelom lomba dimulai semua peserta lomba difoto bareng hewan peliharaannya. Heboh banget, Eric aja sampe gak bisa diem, soalnya anjing disebelahnya nyiumin dia mulu. Paling banyak sih anjing jenis Golden, Husky dan Pom. Sisanya ada Beagle, Pug, Labrador dan beberapa jenis yang gue gak tau namanya kek anjing type sosis. Badannya panjang dan moncongnya kurus panjang. Gue sih geli liatnya, yah tiap orang kan beda kesukaannya.

Kalo kucing lombanya di dalam ruangan, kalo anjing di luar.

Kira-kira jam 10, lomba baru dimulai. Hadeuh...orang yang nunggu aja udah kebosenan, anjingnya cuman bisa ikut-ikut aja. Sana sini barking dan poop. Untung Eric masih punya manner gak sampe begitu.

Lomba lari
Lomba pertama, lomba lari…gue gak ikutan...gue pikir lomba lari palang rintang makanya gak ikutan, eh, ternyata cuman lari lurus 10 meteran, itu juga sambil dipegangin yang punya. Yang licik sih malah yang punya yang lari, anjingnya yang keseret-seret. Hahaha...

Lomba lari
Terakhir-terakhir, baru dikasitau kalo anjingnya gak boleh diseret, lebih bagus kalo dilepas. Kan gak semua anjing suka lari, yang ada malah tuannya yang lari, anjingnya malah bengong dibelakang kayak si putih ini, gak tau ini anjing jenis apa. Ya kita pada ketawa-ketawa aja, dia malah bengong liatin gue waktu gue bilang, ” Ayo lari...”

Lomba makan
Lomba kedua, lomba makan. Gue tau kalo lomba makan pasti makannya dog food. Ada kemungkinan gak doyan soalnya cuman makan dog food waktu masih bayi, seudahnya makan nasi. Eh, bener waktu dog foodnya dikasih ke mulutnya, dia gak mau. Wah...bakalan kalah ini.

I hate Prime Choice
Lomba makan ini diadu antar 2 anjing sama kek lomba lari. Eric kebagian sama beagle lain yang sama-sama cowo dan dua-duanya gak mau makan. Entah gak doyan, gak mood apa gak pengen. Padahal udah bilang, “Makan”, “Ok” kode boleh makan. Tetep aja dia cuman ngeliatin. Aneh juga sih sebenernya. Beagle lawan Eric akhirnya makan 1 butir, mending lah. Kata jurinya, mustinya kalo beagle ikutan lomba lari pasti menang. Iya sih, gue tau, liat gue lari aja pasti dia ikutan.

Lomba makan
Banyak juga sih anjing yang gak mau makan, entah kenapa. Apa emang bukan makanan yang biasa dimakan, bukan piringnya apa stress. Untuk lomba makan udah deh kalah, boro juara 3. Eric gimana sih?

Another Beagle
Lanjut lomba kesehatan. Pesertanya cuman suruh bawa anjingnya ke depan juri dan jurinya lihat mata, kuping dan bulunya. Gitu doang. Eric gak ikutan, soalnya bulunya rontok jadi daripada buang duit dan gak menang pula mending gak usah. Hihihi...

Lomba kesehatan
Hari beranjak siang, ngantuk dan ngebosenin. Stand ada beberapa tapi gak selera.

The Crowd
Beres lomba kesehatan dilanjutkan dengan lomba fashion show. Kriterianya yang paling heboh aja kali. Udah keliatan dari dandanannya yang bakal juara pertama, anjing dengan rok tutu pink merah. Soalnya yang laen biasa aja, nothing special. Laennya cuman anjing pom yang dipakein baju Superman yang masih terbilang lucu. Eric cuman punya mantel pake hood warna biru. Menang gak ya kalo ikutan?

Lomba Fashion Show
Akhirnya lomba foto dimulai, foto-foto yang ikutan lomba di tempel dan dinilai. Gue sempet lihat foto-foto lawan. Dalam hati, kalo sampe gak menang gak mungkin deh. Lah, yang laen fotonya ada yang blur, ala kadarnya dan gak begitu niat. Beda sama gue yang niat ikutan dan mau menang. PD dong, lomba makan kalah tapi lomba foto harus menang.

Lomba Fashion Show
Terus ada pengumuman dari juri, buat yang lomba foto disuruh foto lagi tapi nunggu dan nunggu malah gak ada. Bingung kan ini jadi apa enggak. Dan akhirnya gak jadi, entah kenapa.

Lomba Fashion Show
Juri reses buat ngitung nilai dan siapa-siapa yang menang. Kita para peserta juga kan ada yang makan, ada yang bengong, ada yang duduk. Eh, ada tante yang tiba-tiba ngebentak anjing piarannya pake Bahasa Sunda, “Da sia mah rakus, sagala hayang.” Kalo ditranslate artinya jadi lu mah rakus, segala pengen tapi mode kasar. Kita-kita tanpa dikomando langsung cari asal suaranya dong, ngelirik dan senyum-senyum sendiri. Hadeuh tante, kalo mau bentak-bentak di rumah dong, jangan di depan umum. Ketauan banget jahatnya sama hewan piaraan sendiri. Untung gue type orang yang jaim...hihihi...

Peserta lomba foto
Pas pengumuman, ada yang udah pulang duluan saking kelamaan. Satu-satu pemenang maju ke depan sesuai kategori dan jenis lombanya buat dapet penghargaan berupa piagam dan crochet. Juara berapapun intinya dapet piagam dan crochet, cuman beda di warna aja.

Penjurian lomba foto
Dan penghargaan untuk juara 1 lomba foto jatuh kepada, “ Eric...”

Ehm, udah bisa ditebak kan dan emang udah sepantasnya hahaha...horeeee...

Majulah gue ke depan bareng Eric disambut kata-kata, “Wah, anjing model ya...Semoga anjingnya maju terus. Selamat ya.” Amin...

Difoto bareng juri sambil gendong Eric dan bawa piagam dan crochet. Gue sih merasa bangga dan seneng, se-Sukabumi gitu loh. Kek punya anak dan anak gue juara kelas. Eric sih cengar cengir aja gak jelas.

Pemenang lomba makan kelas anjing besar
Terakhir juri bagiin piala buat beberapa peserta, gak tau gimana penilaiannya tapi Eric sih gak dapet. Ya udah, juri juga gak bilang kata-kata penutup atau gimana, jadi langsung pulang setelah sebelomnya nyabut foto yang dijadiin lomba. Yang laen juga gitu daripada di buang kan mending dibawa pulang.

Nyari booth vaksin gratis gak ada padahal kan semestinya sesuai dengan pamphlet-nya kan dapet vaksin gratis buat peserta lomba.

Pulangnya kan jalan gak naek angkot, nemu semak-semak langsung deh Eric kencing dan poop. Saking seharian kali.  

Nyampe tetangga depan gang, ditanya dong, gimana menang gak lombanya? Menang tante...mom nih pasti cerita-cerita.

Di rumah lagi pada bobo siang, gue langsung jerit-jerit dong, “Mom, Eric juara 1 lomba foto.” Langsung dong pada bangun pengen denger ceritanya gimana. Pas cerita waktu lomba makan, langsung dong mom nyeletuk kenapa gak lomba makan melon aja, pasti menang. Babeh juga ikut-ikutan, ”Ah, bodo nih masa makan aja gak mau.” Sambil elus-elus Eric.

Eric langsung minum yang banyak, gak pernah lihat dia minum sebanyak itu sebelomnya dan langsung gue kasih makan. Gimana kalo tadi gak makan ya waktu berangkat.

Kalah menangnya Eric, gimanapun juga dia menjadi salah satu anggota keluarga yang bisa dibanggakan. Itu yang paling penting walaupun di rumah kalo kencing masih suka sembarangan tetep aja dia kesayangannya gue. Paling enggak dia bisa belajar bersosialisasi dan ikutan berkompetisi.

Soal panitia yang ngaret, gak sesuai dengan promo di awal dan kesiapan mengadakan lomba ini, gue balikin lagi sama panitia. Kalau tahun depan mau ngadain lagi mustinya tau apa yang harus dibenerin. Buat gue sendiri, lomba ini bisa dibilang serius bukan sekedar lucu-lucuan. Tahun depan kalau pun ada lomba sejenis belom tentu ikutan lagi karena selain lumayan membosankan, hadiahnya juga gak menarik.

Apa gue-nya aja yang punya ekspektasi berlebihan terhadap lomba ini? Lha wong bukan taraf Internasional kok nuntut terlalu banyak? Plis deh...

Yang masih jadi misteri ya itu kenapa dia gak mau makan pas lomba makan?

Sempet minta foto sama panitia waktu gue ke depan nerima penghargaan tapi sampe sekarang gak pernah dikirim.

Anjing model with his prize
Anyway, Eric congratulation ya. I’m proud of you. Always be a good boy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...