Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 01, 2015

go blog edisi curcol plus ndableg

Berawal dari seorang sahabat dekat yang bilang kalo dia punya cerita tentang gue yang tayang di blog pribadinya. Baca lah gue dan terkagum-kagum dengan tulisannya, gue merasa itu sesuatu yang keren, kan gue yang jadi objeknya. Ceritanya sih lupa, kalo gak salah ada hubungannya dengan dunia model gitu. Gue merasa jadi seorang superstar dengan foto gue terpampang di sana.

Cerita berakhir ketika gue mau baca ulang tapi dia lupa nama blognya, lupa password-nya dan gue jadi gak bisa baca-baca lagi. Dari situ dia berenti nulis blog sedangkan gue malah berminat untuk memulainya.

Pada dasarnya, nulis blog itu bukan sesuatu yang baru karena gue selalu melakukannya dengan buku agenda setahun yang gue coret-coret dengan apa yang terlintas di otak dan kebanyakan tulisannya tentang seseorang yang lagi gue suka. Yah, jaman SMP, hormon mulai tumbuh, naksir-naksiran bukan sesuatu yang tabu. Baca-baca ceritanya aja bikin ngakak, kok bisa ya gue se-koplak itu. Dibilang diary ya bisa juga tapi tanpa gembok loh ya. Hahaha...

Pernah nonton Doggie Howser MD yang dibintangin Neil Patrick Harris? Salah satu serial jaman dulu yang di setiap akhir episode-nya selalu nampilin dia ngetik di komputer sebagai curahan hatinya. Itu pun gue lakuin, nulis diary di save di disket dan di password pula. lama-lama disket-nya malah kena virus dan sepertinya gak se-enak kalo nulis di buku malahan jadi males buat dibaca-baca lagi.

Dibilang bakat nulis, gak tahu juga deh. Cuman seneng aja apalagi kalo lagi mood, inspirasinya gampang banget, ngalir aja gak berenti. Gue lebih suka nulis dibanding ngomong karena kalo ngomong yang mustinya lucu jadi garing. Nulis juga emang gak gampang, kalo lagi gak pengen atau maksa, hasilnya jadi jelek.

Pada dasarnya sih sama aja nulis dengan media apa pun, yang membedakan hanya yang di publish di dunia maya itu udah jadi konsumsi publik. Gak berasa tulisan gue yang dipublish di dunia maya udah sampe tahun ke-7 dan masih aja nulis sampe sekarang.

Blog gue ini gak bisa dikategorikan sebagai travel blogger karena isinya macem-macem, dari unek-unek, makan-makan sampai jalan-jalan ada. Pokoknya apa yang gue alami itu yang gue tulis. Apa yang gue suka, yang gue benci semua ada. Gue rasa gak susah menggambarkan gue seperti apa kalo udah baca dari A sampai Z.

Kemaren sempet baca blog perjalanan orang yang sebel karena gak di komen orang-orang. Sambil cerita sambil ngomel, jadi informasinya setengah-setengah karena gak rela berbagi tanpa dikomentarin. Lucu juga ya.

Gue pribadi sih gak terlalu mikiran feedback yang baca. Kalo dibaca ya seneng, enggak ya udah. Sukur-sukur informasi yang gue bagi bisa berguna. Gue juga kalo baca blog orang, jarang kasih komen, apalagi kalo info yang dicari gak nemu sekalipun nemu ya udah, mau bilang apa emangnya? Malahan ada juga yang ngikutin blog gue, dibaca-baca sambil nemenin makan siang di kantor. Ayo, ngaku! Hahaha...makasih ya udah jadi silent reader sejati blog gue. Hahaha...

Dari segi statistik ya cukup seneng walau kadang berasa lama gak naek-naek tapi bukan itu juga alasan gue nge-blog. Lebih tepat dibilang hobby kali ya, hobby yang kalo diseriusin bisa menghasilkan. Bahkan doggie gue aja ikutan nge-blog.

Eric nge-blog
Sayangnya, akhir-akhir ini banyak pembuat blog yang gak punya etika, maen copy aja gambar-gambar yang ada di blog gue tanpa ijin bahkan ada yang nongol di situs komersil. Gila banget kan? 

Kalo kemaren gue posting foto-foto kuliner yang dicuri terus dirangkum dalam kejahatan dunia maya, ini hotel-hotel tempat gue nginep pada nongol di blog orang.

beebibl.com
Ada beebibl dot kom dengan author-nya dini teja yang banyak me-review beberapa hotel salah satunya tentang Hotel Amaroossa di Bandung. Begini tulisannya, berlokasi di jantung kota Bandung, Hotel Amaroossa memiliki konsep “Green Hotel” yang dikelilingi oleh berbagai macam pepohonan rindang yang tentunya membuat suasana sekitar hotel menjadi sejuk.

Hampir semua hotel juga punya taman dan dikelilingi pepohonan kali selama lahannya tersedia. Istilah Green Hotel juga dipake kalo hotelnya ramah lingkungan, bukan gegara banyak pohon dibilang green hotel. Omaigat, pusing pala berbie...makanya jangan sotoy, mbak, kalo gak ngerti!

Dan gambarnya itu loh, gambar gue. Dia nyolong dari blog gue. Sampe kek maen “Cari perbedaannya antara dua gambar berikut.” Tetep aja gak ada bedanya.

reading4myfuture.com
Masih gambar hotel tapi yang ini dicuri sama reading4myfuture dot kom yang ngaku punya informasi hotel terkomplit. Maksudnya sekomplit apa? Martabak telor?

Selalu gak ngerti kalo ada yang ngeblog tentang hotel tapi gak pernah nginep. Ngakunya punya informasi komplit, komplit nenek moyang lo, isinya aja begitu doang.

reading4myfuture.com
Iseng, nyobain masuk ke halamannya, foto gue masih aja mejeng di situ dengan watermark logo-nya padahal udah kirim komen keberatan loh. Oya, ini kan kejahatan dunia maya edisi ndableg hihihi...

mideasthotel.org
Mideasthotel dot org juga sama, demen banget review hotel tanpa menginap seperti yang tertulis pada lamannya disertai foto lobby hotel luxton yang dia embat.

mideasthotel.org
Ceritanya dia jalan-jalan ke Tebing Keraton terus dia mengarahkan pembaca untuk nginep di Luxton. Begini review-nya yang kampungan, “Hotel Luxton Bandung menyajikan kamar yang dilengkapi dengan Tv kabel layar datar sehingga pasti kalian tak akan bosan saat berada disini. Tamu juga bisa menikmati wi fi gratis yang ada dengan pelayanan meja depan 24 jam. Membawa kendaraan pribadi saat disini juga tak perlu takut karena ada parkir gratis yang disediakan disini Makanna yang tersedia menyajikan menu yang beragam mulai dari makanan barat sampai dengan Indonesia. Jangan ragu juga untuk meminta bantuan pada staf hotel jika membutuhkan pertolongan. Tamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi Bandung sebelum menginap disini. Tentunya pasti sangat enak sekali ya bisa liburan di Bandung.”

Gimana review-nya? Najis kan? Hahaha…

cheaphotelsdeals.biz
Masih gambar hotel tapi dicolong sama cheaphotelsdeals dot biz, dia nyolong foto Park Hotel dengan keterangan hotel Bandung harga 200 ribu. Omong kosong apalagi coba? Harga segitu, bintang 3 aja gak dapet. Sempet ngecek lagi web-nya dengan link yang sama ternyata udah gak ada. Bagus deh, daripada gue kata-katain.

tictab.com
Balik ke Hotel Luxton tapi ini bikin shock banget soalnya dipake sama ticktab dot kom, situs layanan bookingan hotel ( baru denger ) lokal yang kantornya ada di Kelapa Gading. Gue mikirnya kalo emang situs komersil apa bener kerja sama dengan pihak hotel? Kalo iya, mustinya dapet gambar-gambarnya dari hotel dong.

tictab.com
Gue coba kontak situsnya dari layanan customer service yang tersedia, dapet juga FB-nya, gue tanya kenapa berani-beraninya pake foto gue tanpa izin bla bla bla...gue udah spaneng dong, gue mau dapet bayaran sebagai penggantinya.

tictab.com
Setelah semingguan, akhirnya direspon dengan email balik ke gue dengan pembelaan gak ada watermark-nya. Yaiyalah gak ada, lha wong dipotong sama dia. Gila ya, udah salah masih ngeyel aja. Akhirnya sih dihapus, kalo sampe enggak, gue udah niat buat datengin alamatnya, di Kelapa Gading ini.

esthatravell.com
Yang terakhir, gudeg gue masih laku aja, foto Gudeg Yu Djum yang dipake tanpa izin oleh esthatravell dot kom. Situs rental mobil ecek-ecek gitulah. Udah gitu, foto-fotonya gak cuman punya gue doang tapi banyak banget yang diposting. Ya, dia pikir tinggal copy save aja sih, gampang bener.

Tujuh tahun lalu, gue gak kepikiran kalo foto-foto blog gue bakalan dicolongin. Mana kepikir begituan karena dulu cuman mikir keren aja kalo punya blog, diary yang terpampang di dunia maya. Sekarang, punya blog musti pinter, dari segi tampilan musti menarik biar orang tertarik ( tertarik nyalin, ngopi, ngesave ). Cerita juga musti keren dengan foto-foto penunjang berformat kecil dan di watermark yang gede. Ini aja udah gue gedein kalo masih dicolong juga gak tahu deh. Belom lagi banyak loh yang reblog dengan tulisan yang bener-bener plek sama atau dibeda-bedain dikit.

Blog gue ini lagi di maintenance, makanya gak semua gambar ada untuk postingan terdahulu. Paling engga, gue udah mencegah maling pada nyolong. Ini baru sebagian yang ketahuan, kalo serius mau nyari lagi pasti masih banyak foto gue yang tersebar di tangan orang-orang gak bertanggung jawab.

Sebagai penutup, sepertinya siapa pun itu yang profilnya ditampilin di blog, pasti bikin seneng orangnya, ( termasuk beberapa kandidat di atas yang gue bikin famous ) seperti cerita gue di awal. Yang ilfil, ada seorang temen yang maksa minta supaya profilnya mejeng di blog gue, “Pokoknya cerita apa aja deh, aku pengen ada di blog koko.” Gue bengong dong, mau cerita apaan, emang dia se-penting apa dalam idup gue? Geli kan?

Makanya Mer, kalo dikit-dikit lo nyempil di blog gue, mustinya lo bersyukur, ( daripada ngemis-ngemis biar tampil ) kalo engga siapa lagi coba yang mau ekspose lo? Wartawan rubrik “Nah, ini dia” di Pos Kota gitu? Semoga ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...