Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 27, 2015

traveler pemula in me

Kalo postingan kemaren ngebahas kriteria traveler pemula versi majalah traveling, nah, kali ini kriteria traveler pemula versi Joshua Matias, yang gue rangkum dari pengalaman selama traveling. Berikut 8 point yang termasuk sebagai traveler pemula, mari kita bahas...

1. Gak bisa bikin itinerary & booking apa-apa sendiri.

Awal gue jalan-jalan, gue juga gak bisa booking pesawat, keknya libet banget. Untungnya kita pergi ber-4, jadi masing-masing punya tugas. Yang satu booking pesawat, yang satu booking akomodasi, yang satu cari rental mobil dan gue kebagian bikin itin. Dan masing-masing sumbang ide cari objek wisata menarik di daerah yang di tuju. Kumpul-kumpul ngebahas printilan traveling sebelom berangkat jadi hal menyenangkan, berasa lagi traveling aja.

Pas traveling-nya ada yang bertugas menjadi Sie. Keuangan ngatur pengeluaran, kan libet kalo tiap mau keluar duit musti patungan dulu. Semua personil tinggal setor di awal, kalo pas pertengahan traveling duitnya kurang ya tinggal setor lagi. Perincian akhirnya nanti kelar traveling.

First step @ Batu Cave, KL - Malaysia
Nah, itu kalo jalan-jalannya barengan bisa bagi tugas, kalo sendirian? Deal it by yourself. Awal solo traveling, gue pergi ke Penang & KL, Malaysia. Hal pertama yang dilakukan adalah booking pesawat, siapin aja kartu kredit dan ngutak-ngatik website airline-nya sampe dapet tanggal yang dituju, termurah dan bayar. Seudahnya tinggal booking akomodasi, cari penginapan yang murah dan strategis lalu booking.

Untuk itin sih, gak terlalu susah, bikin aja garis besarnya gak perlu detail, nanti tinggal go show. Gue malahan lebih suka bikin itin daripada packing.


2. Bawa barang gak penting atau terlalu berlebihan.

Traveling 3 hari, bawa baju buat seminggu, nah ini dia yang gue sebut sebagai traveler pemula. Maksud hati sih buat persediaan tapi akhirnya malah ngeberat-beratin koper, belom lagi kalo nanti belanja, belinya baju juga.

Reasonable luggage @ Marina Bay Sands - Singapore
Bawa toiletries, macam shampoo bawanya yang botol gede. Kan ada yang namanya sachet, tinggal beli dan bawa sesuai kebutuhan aja. Bawa obat berlebihan atau hand body edisi 1 liter atau jaket aneka warna biar kalo di foto bisa ganti-ganti juga lumayan gak penting.

Memang gak ada yang salah kalo sampe dilakukan cuman menurut gue gak efisien dan akan jadi masalah kalo gak beli bagasi, belom harus nenteng kemana-mana, beratnya itu loh. Belom lagi bawa parfum baru malah disita sama petugas bandara karena isinya masih penuh. Sayang kan?


3. Selalu ikut tur atau open trip.

Gue garis bawahi kata selalu ya. Gak selalu jelek kok ikutan tur atau open trip.

Kemudahan ikutan tur bisa dipertimbangkan, sesekali ya oke lah. Gak pake mikir, tinggal jalan, tahu beres dan nyaman tapi kalo destinasinya Singapura atau Jogjakarta, enggak banget deh.

Apalagi sekarang banyak banget yang umroh ala backpacker. Sayangnya kalo mau ke Israel, musti kudu wajib pake tur.

Heritage Tour at Blue Mansion - Penang
Open trip juga kalo destinasinya ke Pantai Ora di Maluku atau Raja Ampat di Irian Jaya ya worth it, mengingat segala sesuatunya lebih murah bila dilakukan secara patungan tapi kalo ikut open trip ke Pulau Tidung misalnya, oh my God…

So, kalo dikit-dikit ikutan tur atau open trip, lo gak akan belajar betapa menyenangkannya kesasar di daerah yang lo gak kenal atau lo gak akan tahu betapa asiknya baca peta atau sumpah serapah yang keluar dari mulut kita ketika kena scam. Itu seru lagi…


4. Terlalu banyak belanja.

Lah, duit-duit gue, gue yang belanja, kok situ yang repot? Jangan emosi dulu, yang gue maksud adalah terlalu banyak belanja sampe nyusahin orang. Ya, kita jadi ikutan repot bawain barang-barangnya orang. Bukannya gue gak mau nolong loh, cuman ya males aja sih rasanya.

Pernah waktu mau pulang ke Surabaya dari Hongkong, ibu-ibu peserta tur pada borong 6 apa 7 botol wine di toko duty free shop Hongkong. Karena 1 orang cuman bisa bawa 1 botol, jadinya kita-kita pada bawain 1 botol. Udah nyampe, dia yang sibuk nagihin semua botol wine yang tersebar. Nyusahin? Banget. Kayaknya lebih bijak kalo bawa sesuai aturan dan gak perlu ngerepotin orang-orang.

Belanja oleh-oleh di Semarang
Atau yang demen telat selama ikutan tur gara-gara gak bisa nahan hasrat belanja. Itu juga gue kategorikan sebagai traveler pemula. Si guide udah wanti-wanti nih, acara belanja cuman dikasih waktu 1 jam, eh, ini kelarnya 1,5 jam dan itu berlangsung sepanjang tur berjalan. Udah gak tahu diri, egois pula. Kagak mikir kalo yang ikutan tur bukan cuman dia doang, otomatis banyak jadwal yang kepotong gara-gara ulah segelintir orang.


5. Gak berani makan di emperan jalan.

Banyak loh traveler yang anti makan di empire gara-gara mikir gak higienis lah, apa lah. Ya, milih-milih juga dong. Apalagi pas ke Semarang, nyobain nasi liwetnya, aduh enaknya makan rame-rame bareng keluarga. 

Makan empire dengan keluarga besar di Semarang
Waktu ke Thailand juga jangan sampe enggak deh makan food street-nya, mau buah kek, sea food kek pokoknya musti coba, udah murah enak pula. Kalo sampe sakit perut tinggal minum obat diare. Beres. Mungkin kalo ke India perlu hati-hati juga, gak semua makanan cocok sama lidah dan perut orang Indonesia.


6. Gak jujur.

Contoh gak jujur tuh misalkan pergi ke objek wisata, terus kita masuk tanpa bayar padahal jelas-jelas harus bayar. Alasannya gak ditagih atau pura-pura gak tahu.

Kita bisa jalan-jalan karena punya budget, jadi jangan dijadiin alasan untuk pura-pura gila maen nyelonong aja.

Museum Bank Mandiri - Jakarta
Rencana jalan-jalan selanjutnya, gue pengen ke Jepang. Nah, di Jepang banyak banget castle-castle bagus bertebaran di seantero kota. Rencana sih, kalo bisa foto-foto di depannya doang tanpa mesti masuk castle-nya ya kenapa enggak. Tiket masuknya rata-rata 500 ¥ - 1.000 ¥ dan di list gue ada sekitar 4 atau 5 castle yang wajib kunjung. Lumayan aja kan, mending duitnya buat makan.


7. Marah-marah karena gak sesuai keinginan.

Itinerary yang disusun sedetail apa pun, pada prakteknya gak selalu indah dengan kenyataan. Kita bisa tersesat, bisa ketinggalan kereta, bisa ditipu yang jualan sampai kecopetan. Gimana kita menyikapinya aja karena marah-marah juga gak menyelesaikan masalah, lebih baik pikirkan bagaimana solusinya atau kalo emang gak butuh penyelesaian, diam mungkin solusi terbaik atau tidur.

Pantai Tanjung Bira - Makassar
Gue pernah ke Pantai Tanjung Bira di Makassar. Perjalanan menuju ke sana sekitar 6 jam one way. Gara-gara driver gak tahu jalan, nyampe sana udah malem, sunset udah kelar dan gak ada yang bisa dilakuin lagi. Pagi-pagi, bangun tidur langsung ke pantai, ternyata pantainya biasa aja. Mau marah? Atau mau marahin pantainya? Apa mau ngutuk si empunya gambar Pantai Tanjung Bira yang ternyata tepu? Belom musti ngejalanin 6 jam lagi perjalanan pulang menuju ke Makassar. Sambil ngebatin...indahnya traveling...

Waisak 2013
Cerita lainnya waktu Waisak di Borobudur tahun 2013, gue pengen banget nerbangin lampion. Apa daya, hujan turun gak berenti-berenti. Pupus sudah harapan mau narsis romantis, foto-foto langit Borobudur dengan pendaran cahaya seribu lampion. Walaupun mulut monyong sepanjang malam itu dan keesokan harinya dan beberapa hari sesudahnya tapi ya harus dilewatin. Gue mesti sadar karena kondisinya hujan gede, gak bisa ngapa-ngapain lagi kecuali pulang dan menerimanya. Belom lagi, gue gak sendirian tapi bareng soul mate tercinta. Mungkin dia capek, mungkin dia juga udah gak mood, kita juga mesti mikirin orang lain. Apalagi kalo perginya dengan lebih banyak orang, matikan keinginan sendiri yang sifatnya bakal merugikan yang lain.


8. Selalu upload foto real time.

Buat gue, siapa pun dan mau foto apapun selama traveling terus diunggah di media sosial sama sekali gak masalah.

Hanya saja, gue menghimbau gak mesti pas lagi jalan-jalannya udah sibuk upload foto. Gak dapet sinyal malah marah-marah, atau jalan-jalan ke luar negeri mesti selalu terkoneksi dengan media sosial. Kalo sebatas buat navigasi atau buat ngabarin orang rumah sih masih wajar tapi kalo dikit-dikit upload foto atau pasang status lagi makan ini nih, mau gak, sambil upload foto makanannya, keknya lebay banget atau langsung posting di grup dengan alasan pengen kopdar atau pamer semata. Plis lah.

Me @ Singapore
Masih banyak waktu cuy. Itu bisa dilakukan ketika udah beres traveling kalau niatnya emang mau berbagi ya. Mending nikmatin yang ada di depan mata dengan seseorang yang spesial yang ada di dekat elo sampai titik darah penghabisan daripada terbuang percuma dengan orang-orang yang ada di dunia maya. Menohok kan kata-katanya?

Itu kan kalo berdua, bang! Kalo sendiri ya gak bisa dong. Lah, kalo sendiri ya me time dong. Kenapa jadi gak bisa? Me time itu saat-saat menyenangkan juga kok gak pake diganggu siapa pun. Nyebelin kan dikit-dikit diganggu bos cuman nanyain sales hari ini berapa? Gubrak...

Lagian, gue pribadi gak gitu, gue gak pernah beli sim card di negara tujuan kalo cuman buat ngabarin doang, soul mate sekali pun. Tunggu wifi gretongan aja kalo dapet, itu juga cuman mau kasih kabar doang, kalo enggak dapet wifi ya nunggu sampe Indonesia baru on lagi.

Sensei yang ngajarin bahasa Jepang malah bingung pas gue udah jalan-jalan kok gak upload foto di buku muka? Lah, emang harus ya? Gue lebih suka upload di blog, jadi orang-orang gak mesti tahu dan kepo juga dengan apa isi hati gue, ngapain dan ke mana aja. Kalo di buku muka kan kesannya suka gak suka pasti kelihatan ya.

Setelah nulis 8 point di atas, apa gue terbebas dari cap sebagai traveler pemula? Jawabnya, enggak saudara-saudara hahaha...nomor 2 ya, susah banget bawa barang seperlunya. Bak model, gue selalu bawa barang yang gak diperluin, emang well prepared banget tapi jadi gak efisien kaya bawa topi mesti 2, bawa jaket 2 juga, padahal mah 1 juga udah cukup. Cuman ya itu, paling gak mau kalo pic-nya nanti gak variasi. Hihihi...yah, itu kelemahan gue.

Sama nomor 7 rada susah buat move on karena pada dasarnya gue perfeksionis akut. Hal-hal kecil bisa bikin bete berat kalo gak sesuai kenyataan tapi gue banyak belajar kok dan sekarang udah gak separah dulu lagi.

Well, i’m just human who love travelling and not afraid of being judged by other to be a beginner traveler as i always be. But i do learn to be a better traveler, each and everytime in everywhere i am.

Dengan quote cantik seperti ini sepertinya gak susah buat dapetin Miss Pariwisata atau minimal juara dua pageant se-Indonesia. Hahahaha...lagian siapa yang peduli sih traveler pemula apa traveler expert...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...