Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 07, 2015

sudahkah anda mendengar kabar baik hari ini?

balai kerajaan saksi-saksi yehuwa

Ya, sudahkah anda mendengar kabar baik hari ini? Biasanya itu ucapan yang keluar ketika mereka baru pertama kali bertemu dengan kita walaupun pada kenyataannya gak selalu seperti itu.

Siapa sih mereka itu?

Mereka adalah saksi yehuwa.

Sebulan yang lalu, rumah gue kedatangan mereka. Tadinya, gue pikir temen nyokap atau siapalah gitu. Nyampe pagar, udah langsung nyerocos aja mereka sambil minta dibukain pintu. Dalam hati, hadeuh mereka lagi. Ya, ini bukan kali pertama mereka datang ke rumah gue. Sekitar sepuluh tahun yang lalu mereka pernah juga menyambangi gue dan waktu itu mereka udah di depan pintu, bukan di pagar lagi. Kebetulan gue lagi nyuci terus bilang nanti lagi ya. Emang beneran lagi nyuci dengan tangan belepotan sabun.

Kali ini alasan gue adalah lagi masak dan emang beneran lagi masak. Dooh, Cinderella banget sih, cyinn. Akhirnya mereka kasih selebaran dan suruh gue datang di kebaktian Jumat Agung sore hari dan mereka akhirnya pulang. Gue baca sekilas, hmmm watch tower, gak aneh.

Alasan mereka berkali-kali datang ke rumah gue karena dulu, si tante yang punya rumah adalah salah satu anggota mereka. Mereka tahunya rumah gue ini adalah rumah si tante. Ceritanya sih mau visiting jemaat kali ya.

2 Yoh 1 : 10-11 Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya. Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat.

Kemaren waktu maen ke Central Park, di depan mal banyak banget buku-buku dan selebaran keluaran watch tower yang dijagain anak muda. Semenjak agama ini diresmikan pemerintah, pertumbuhannya menjadi semakin naik dan kemunculannya di depan publik udah terang-terangan.

Temen nyokap malahan ada yang masuk sekte ini yang asalnya dari Katolik. Kasarnya, gimana gak mau ikutan kalo usaha yang mereka lakukan sangat gencar. Belom lagi, kalo bisa bawa jiwa dapet handphone dan entah apalagi benefit yang didapat ketika ikut mereka. Yang pasti, kekeluargaan mereka sangatlah erat. Ketika yang satu mengalami kesulitan, yang lain akan segera menolong. Siapa juga yang gak seneng diperhatikan dan ditolong bahkan melebihi kedekatan dengan komunitas Kristen pada umumnya.

Betul kan, gereja sekarang kan kebanyakan gue-gue elo-elo. Ketika simpati didapat dari yang lain seperti dapet angin surga dong. Tapinya ya dari kitanya sendiri harus punya iman dan pengetahuan Kristen yang benar, kalau asal-asalan ya gampang terbawa.

Orang-orang ini biasanya cenderung menutup diri dengan orang sekitar. Entah mereka di doktrin untuk tidak bergaul dengan orang sekitar atau mereka yang memang dijauhi publik. Gue juga kurang tahu. Nyokap gue sih biasa aja kalo ketemu temennya itu, cuman menyayangkan aja tapi pertemanan mereka masih terus berjalan. Kita juga musti tetep mengasihi mereka, bukan?

Jadi, siapa sih sebenarnya saksi yehuwa itu?

I Yoh 2 : 22-23 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.

Bahasa sederhananya, ngaku Kristen tapi ajarannya bertolak belakang dengan iman Kristiani.

Gue pernah baca blog seseorang yang akhirnya menginjili bapak-bapak dari saksi yehuwa ini sewaktu lagi car free day di daerah Sudirman. Mereka akhirnya kalah berdebat. Tumben ya, mereka kan emang jagonya. Jadi kemungkinan besar waktu heboh berita Kristenisasi sewaktu car free day, ya saksi yehuwa ini. So, jangan samakan mereka dengan Kristen ya.

Perbedaan mendasar antara Kristen dengan saksi yehuwa adalah Kristen mengakui adanya Tritunggal di mana ada Bapa, Anak dan Roh Kudus sedangkan mereka hanya mengakui Allah tapi tidak dengan Yesus Kristus. Sedangkan Roh Kudus adalah tenaga aktifnya. Untuk lebih jelasnya perbedaan antara Kristen dengan saksi yehuwa bisa dilihat mengenai pandangan GBI tentang saksi yehuwa. 

Makanya, sebagai orang Kristen bukan cuman rajin ke Gereja aja tapi bener-bener ngerti dan memahaminya, apalagi hal-hal yang mendasar. Baca Alkitab juga jadi gak gampang ditipu iblis.

Terakhir, gue mau cerita emaknya Meri, temen gue. Emaknya ini muslim terus didatengin saksi-saksi yehuwa. Dan entahlah ngomong apa aja tapi terakhirnya ditanya, "Bu, besok-besok kalo maen ke sini lagi boleh gak?" Jawabannya mau tau? "Ya, bolehlah masa namu gak boleh." Gue ngakak sekenceng-kencengnya walau cuma diceritain lewat bbm. Hadeuh mak, mending di dapur deh bikinin peyek buat gue.

I Yoh 4 : 3 dan setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

Jadi, kalau ada yang nanya, "Sudahkah anda mendengar kabar baik hari ini?" jawabannya apa?

Be careful guys and GBU all.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...