Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Januari 31, 2016

kamu makannya apa?


Akhir-akhir ini gue sering menemukan, katakanlah tempat makan entah itu kedai, gerobak, restaurant atau apapun itu namanya yang mempunyai pelayanan sangat buruk. Biasanya, orang cenderung untuk gak balik lagi ketika ada suatu hal yang tidak menyenangkan yang terjadi pada saat makan atau sesaat sebelum makan. Bahkan kita bisa mengurungkan niat untuk makan ketika dari mula ada sesuatu yang gak sreg.

Ngulik dari acara Detektif Rasa yang ada di TV, i’m not the biggest fans of the show. Sering nonton iya, sambil mantengin acara lain yang lebih ok. Sesekali kalo lagi iklan baru gue pindahin ke channel ini. Formatnya sih standart dan agak terlalu lebay dengan kualifikasi penilaian dari tempat, penampilan, harga & rasanya. Nah, seringnya udah icip-icip sambil merem melek makan enak, score untuk rasanya cuman 7. Nah, kalo yang puntennya 9 gimana? Udah ngejengkang kali dari kursi.

Memang betul, point-point tadi bisa menjadi tolak ukur dalam menilai suatu tempat makan tapi gak terlalu jaminan juga. Adapun penilaian gue untuk makan dari yang paling krusial adalah sbb :
1.       Service
2.       Cita rasa
3.       Atmosphere
4.       Harga
5.       Promosi

Service adalah segalanya. Bukan merasa sok artis tapi masa iya kalah sama pelayanan Indomaret dengan Sapa, Salam, dan tawaran isi pulsanya?

Cita rasa tentu saja penting. Rasa gak enak atau ala kadarnya ya jangan terlalu berharap datang lagi. Atau rasanya biasa aja tapi murah? Bisa jadi pertimbangan.

Suasana lumayan penting, terlalu sepi juga bikin males datang kan, dengan curigation gak laku nih.  Terlalu rame sampe waiting list? Tergantung. Biasanya gue males antri, mending cari yang bisa buat cepet makan apalagi kalo udah kelaparan tingkat dewa. Dalam kondisi gak terlalu lapar dan tempat makannya worth it, gue rela antri, tapi jarang gue lakukan.

Mengenai harga, kalo ada duit gak pernah mikir untuk urusan makanan. Kalo gak enak atau kurang dari ekspektasi ya besok-besok gak lagi, kalo mahal tapi enak, sesekali gak apa-apa.

Promosi sih bagus kalo ada, kalo gak ada ya udahlah.

Kemarin banget nih, gue iseng pengen makan pisang goreng di pinggir jalan. Bikinnya cuman pisang diiris tipis-tipis, digoreng lalu dimasukin ke box terus dikasih topping standart. Sepertinya baru beberapa hari jualan. Gue datang lihat-lihat, gak ada sapaan sopan atau senyum, ibaratnya lo mau beli sukur, enggak ya udah. Dalam hati udah males deh, pengen banget gak jadi beli. Ya seengganya lah tanya mau yang rasa apa? Berapa box? Ini asik aja bikinin buat pelanggan yang laen.

Sampe akhirnya gue bilang mau yang rasa A, satu box, baru deh dia bergeming. Ampun dah. Terus, pesanan 2 box orang lain udah selesai, pas orangnya bayar, dia gak ada kembalian. Jadilah yang beli, cari-cari duit kecil dulu entah ke mana.

Giliran gue lagi dibikinin, pas mau bayar sama juga gak ada kembaliannya dengan muka kesel gitu karena yang bayar pakai duit gede semua. Langsung aja gue tinggalin tanpa pengen gue cari-cari duit kecil. Udah jutek, gak mau ngembaliin dan taruh box pisang gorengnya gak kasih ke tangan gue. Ditaruh aja di mejanya dia. Gak niat jualan banget.

Lagian kalo gue itung, hasil penjualan dari 2 box sebelumnya ditambah 1 lembar lima ribuan bisa jadi kembaliannya. Lah masa jualan gak nyimpen uang kecil buat modal kembalian.

Pernah juga beli nasi kuning langganan, entah kenapa sambil kasih nasinya sambil bilang, “Nih…” Dari situ gak pernah beli lagi walaupun rasanya ngangenin.

Itu baru yang di gerobak aja loh, udah pada songong. Buset…

Kue cubit yang dijual di pinggir jalan adalah kue favorit gue sepanjang masa, ketika dijual di mal, harganya selain meningkat drastis, rasanya kadang sama aja tapi terkadang suka beli juga karena pengen tahu rasanya kayak apa. Nah, deket tempat tinggal gue yang sekarang, ada jual kue cubit ala-ala Jepang gitu, namanya Taiyaki. Ya, gue pengen coba dong. Baru masuk kedainya, dia langsung bacot, “Maap, ini buat pesenan, untuk jual eceran belom buka.” Maksudnya apa coba? Ya, kan bisa bikinin satu buat gue. Aneh gak sih? Gak pernah ke situ lagi.

Ada kedai vegetarian, gue sesekali nyobain. Pas ke sana, mbaknya lagi nyapu, gue pesen dong, minta dibungkus. Eh, diem aja. Gue panggil lagi dong, disautin,”Iya, bentar kenapa.” Sinting gak sih, nyaut enggak, tau-tau udah ngedumel. Apa yang kayak begini dijadiin langganan?

Pernah makan mie ayam engko-engko, kali itu nyobain pakai baso dan pangsit. Pas, gue bayar mendadak aneh, kok harganya gak sesuai. Setelah ditanya, mau tahu jawabnya apa? Ya, itu kan basonya kelebihan jadi harus bayar. Lah, emang siapa yang minta baso lebih? Kalo satu porsi basonya harus 2 ya kasih 2 aja. satu porsi harganya sekian ya harus sama. Betul kita harus makan sesuai yang kita makan tapi kan gak gitu juga.

Masih berurusan dengan kedai mie tapi beda tempat, gue udah langganan dari jaman kedainya masih kecil sampai pindah tempat lebih gedean. Karena pindah tempat, menunya ganti. Sekarang ada mie ukuran S, M dan L kek ukuran baju. Waktu itu gue pesen ukuran S karena masih agak kenyang dan cuman kangen aja pengen makan mie ini. Pesanan datang, kok lumayan banyak ya? Dalam hati, wah ini baru kedai mie, beberapa tahun berlalu rasanya gak berubah. Bencana datang pas mau bayar. Gue dicharge untuk mie ukuran M yang tentunya pasti lebih mahal. Gue protes dong, trus jawaban mbak waitressnya dong menohok hati, “Ya, kalo cowo makan yang ukuran S gak bakalan kenyang jadi saya pesenin yang ukuran M.” Gue gak tahu deh, mbak ini apa emang IQ-nya di atas rata-rata ya? Kayak kasus cerita sebelumnya banget. Sebagai pelanggan yang makanannya sudah habis dimakan ya harus bayar. Apa ini penipuan jenis baru gitu, biar omzet naik? Mau kesel juga gimana toh makanannya udah di perut. Maunya ya pesen A, datang A, bayar A. Gue gak mau pesen A, datang B, bayar B. Kejadian kek gini pernah terjadi di beberapa tempat makan lain. Gimana kalo terjadi sama elo? Mau marah? Aneh lagi, kesannya kita udah makan gak mau bayar.

Ok, memang itu skalanya rumahan, what do you expect. Tapi gue sering makan restaurant yang ada di mal, yang beberapa gue posting di blog ini. Ketika melihat sesuatu yang gak sreg, gue yakin gak lama lagi bakalan tutup dan akhirnya mereka tutup beneran. Bukan nyumpahin tapi yang lain pun merasakan hal yang menyebabkan gak bakalan makan di situ lagi dan pengunjung pun akhirnya sepi. Gak berarti semua yang gue review jelek bakalan sepi juga sih, banyak faktor.

Usaha makanan memang gampang-gampang susah. Nah, buat yang mau punya usaha makanan, harus bisa maintain deh. Dari lokasi, rasa, harga dan pelayanan harus paripurna. Soalnya kalo orang udah kecewa, gak bakalan datang lagi, lha wong tempat makan banyak banget. Gak suka, simple, tinggal cari yang lain.

Dan yang gak kalah penting, bumbu masakannya jangan pake sianida ya! Hahaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...