Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Februari 05, 2014

kembalikan klayar-ku



Haram hukumnya kalo ke Pacitan enggak mampir ke Pantai Klayar. Sekitar 4 tahun yang lalu gue sempet ke sana dari Jogja pake rental mobil. Gebleknya tu driver enggak tau banget-banget daerahnya, dia cuman tau Pacitan dan selesai. Sepanjang jalan, dia berenti dan nanya. Kadang inisiatif sendiri aja maen insting dan kadang instingnya itu salah jadi bikin tambah lama di jalan. Akhirnya sih nyampe tapi di pantainya cuman sebentaran karena masih banyak pantai yang ingin dikunjungi.


Sebelnya waktu itu yang punya rental masih sodaraan dan gue masih tahap pemula dalam hal traveling jadi gimana mau complain. Cuman berani merengut aja.


Libur Natal kali ini ke Solo, sepertinya sayang kalo melewatkan Pacitan begitu aja, toh jaraknya hanya 2-3 jam. Dan memang lebih nyaman dengan mobil sewaan dibandingkan dengan bis. Lagian kalo pake bis cuman nyampe kotanya aja dan untuk ke pantainya tidak ada angkutan sama sekali. 


Wanti-wanti driver rental mobil diperlukan sebelum terjadi kesepakatan dan pastikan kalo driver tau jalan. Kalo rese sih laen cerita. Tapi diawal biasanya bisa ditebak kalo rentalnya rese. Masa baru mau deal, baru tahap nanya - nanya udah larang kemana-mana cuman boleh ke sini dan sini aja. Terlalu banyak perhitungan. Akhirnya belom ada kata sepakat dong karena gue belom kasi DP, eh pas hari H-1 dia malah nanya kepastian kedatangan dan minta dijemput dimana. Nah lo?


Untung ketemu Jayatama Rent Car Solo ( 085647496060 ) dari dijemput di Stasiun Solo Balapan sampe dianterin ke hotel, gue bener-bener puas.  Drivernya yang bernama Bp. Bangun ( 085879231001 ) gak banyak omong, tau jalan dan nurut aja mau kemana. Itu yang gue suka. 


Jalan menuju ke Pantai Klayar beda jauh dengan 4 tahun yang lalu. Sekarang sepertinya lebih beradab dengan aspal dan penunjuk jalan yang lengkap. 


Tapi pas nyampe, gue ampe bengong. Kok rame banget? Pengunjungnya banyak, warung makannya  udah berderet dari ujung ke ujung. Kalo udah rame akibatnya apa? Banyak sampah dan kotor. Kala itu sepanjang pantai rame oleh rombongan yang lagi outbound. Pantai ini sebenarnya tidak cocok untuk dijadikan arena outbound mengingat ombaknya yang terkenal ganas. Ada-ada aja. 


Kalo udah rame dan kotor apalagi coba? Semua serba diduitin. Mau naek ke karang lihat seruling samudra musti bayar loh.  Memang bayarnya gak seberapa tapi teteup aja bayar. Kalo dulu modal manjat di belakang bukit, sekarang udah dibikinin tangga untuk mempermudah. Mudahnya iya tapi akhirnya jadi merusak pemandangan. 


Yang dimaksud seruling samudra adalah air laut yang masuk melalui celah karang dan karena hempasan ombak yang kuat, air laut tersebut menyembur dan menimbulkan suara seperti seruling.


Masi inget di otak kalo dulu pantai ini sepi, sunyi gak ada kehidupan, 1 warung makan, pasir yang bersih dan karang yang jantan. Walaupun sedikit mistis tapi gue lebih suka pantai ini 4 tahun yang lalu. 


Begitu cepat waktu berlalu dan membuat semuanya berubah. Yang gak berubah hanya ombaknya yang masih sangar seperti dulu. Sepertinya pantai ini kehilangan aura magisnya. Dan itu membuat gue kesel. Kenapa?  Disaat gue kembali untuk menikmatinya lebih lama ternyata hanya kekecewaan yang gue dapat. 


Manusia memang biang bencana. Memang sebaiknya pantai indah tidak perlu dinikmati oleh manusia. Percuma akses jalan lancar kalo ternyata pantainya sendiri tidak begitu bisa dinikmati. Atau mungkin gue nya yang punya ekspektasi berlebihan ? Entahlah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...