Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Februari 11, 2014

ngulik surakarta



Jalan-jalan ke kota Solo tidak direncanakan jauh-jauh hari seperti liburan biasanya. Berawal dari iseng lihat harga tiket kereta api dan besoknya udah booking sekaligus bayar via online. Sekarang apa-apa serba gampang, yang penting konek internet aja. Kalo kena charge admin doang mah oke lah.

Alasan Solo menjadi tujuan wisata gue kali ini dikarenakan belom pernah mengunjunginya secara personal selama 4 tahun seneng bepergian. Kalo lewatin doang sih pernah. 

Solo mempunyai banyak ragam museum tapi untuk kali ini gue coret agenda pergi ke museum. Prioritas lihat kota dan alam sekitarnya aja.


Stasiun Solo Balapan menjadi awal dimulainya petualangan kami. Stasiunnya gak besar dan bangunannya gak terlalu antik. Jam 5 pagi kami sampai di sini dan sepi. Enaknya kami dapat mempergunakan toilet dengan leluasa tanpa bakal digedor orang-orang. Toiletnya sendiri lumayan bersih untuk dipakai.


Malam ke-2 di Solo baru kami pergunakan untuk eksplorasi kota, itupun terjadi secara tak sengaja. Sepulangnya dari Tawangmangu, kami turun di halte Panggung dan kami sempetin makan mie ayam baso yang berada di perempatan jalan. Dari situ kan bingung, mau naek apaan ya untuk ke Amarelo hotel. Iseng nyobain GPS dan rutenya cuman lurus dan belok kanan doang ya udah deh kami putuskan untuk jalan kaki.


Ternyata perjalanan menuju ke hotel menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di jalan, gue sempet ke mini market buat beli shaver. Udah gitu lewatin papan harga komoditi pasar dan liat kelenteng, entah kelenteng apaan tapi bagus.

Lanjut jalan lagi, pas nengok belakang eh, Pasar Gede yang kemaren Imlek gelar Grebeg Sudiro.  Grebeg Sudiro diadakan menyambut hari raya Imlek sekaligus ulang tahun Pasar Gede. Grebeg Sudiro ini mempunyai 2 gunungan dengan aneka penganan peranakan.

Dan gak berapa lama nemu Alun-alun. Karena liat gue bawa kamera SLR, tukang becak di Alun-alun nawarin untuk ngebatik. Buset malem-malem begini ngebatik, mata gak jadi silinder juga bagus. Sebenernya pengen sih lihat sekatenan di Alun-alun tapi capek banget, toh besok juga masih bisa.

Terus lewatin toko-toko kembang yang dirangkai untuk ucapan selamat. Eh, gak sengaja lewatin Kampung Wisata Batik Kauman. Pantes aja tukang becak tadi nawarin ngebatik, lha tempatnya gak jauh dari Alun-alun. Gak nyangka ya semuanya bisa ketemu tanpa sengaja. Udah gitu ketemu pertigaan Restoran Bima. Ini sih udah nyampe judulnya tinggal jalan dikit lagi. Amarelo Hotel terletak di depan Batik Danar Hadi di Jalan Jend. A. Yani.


Besok paginya cari Kampung Batik Laweyan pake bus Damri. Liburan kali ini gak pake acara googling secara detail, langsung aja on the spot pake mulut, tinggal tanya dan jalan. Asik aja gak perlu mikir banyak. Semua orang yang kami tanya sangat membantu.  

Kampung batiknya sendiri gak terlalu gede tapi banyak gang. Kalo penasaran dengan pabriknya seperti apa dan prosesnya gimana, lebih baik masuk ke dalam. Sebelomnya gue juga gak kepikiran kayak gimana sih kampung batik itu. Oh ternyata cuman gitu doang. Ada yang komplit pabrik dengan gerainya ada juga yang cuman toko doang. 

Ngiter-ngiter bentar terus bosen akhirnya nyobain masuk gerainya yang berada di jalan raya. Kami pilih yang pengunjungnya banyak biar kalo gak beli gak malu-malu amat. Haha...

Tempatnya nyeni dengan ibu-ibu yang lagi mbatik, ruangannya ber AC tapi harganya lebih mahal daripada baju bermerk. Mending keluar aja daripada puyeng di dalem. Toh gak bakalan beli ini.


Lanjut ke Kauman yang semalem udah dilewatin. Ternyata ini lebih gak menarik lagi, tapi karena kami gak expect apa-apa ya udah...

Yang sebel, di situ ada tukang becak yang maksa mau anterin ke toko batik dengan harga Rp 3.000,- udah bilang enggak dia masih aja kekeuh...

Sebenernya 2 tempat ini sama aja, tapi kalo ditanya lebih menarik yang mana? Tentu aja gue jawab Laweyan karena lebih original.

Asal tau aja sih, kalo sampe gak ke sini yang ada jadinya gue uring-uringan karena penasaran. 


Keraton Kasunanan menjadi tempat yang wajib kunjung selanjutnya. Pengennya sih kalo sempet ke 2 keraton yang ada di Solo, tapi karena udah kesorean ya udah yang sempet aja.


Setelah dari keraton, mampir bentar ke Pasar Klewer yang berada tepat di sebelah keraton. Gue sih jujur bukan pengen liat pasarnya tapi lebih tertarik untuk foto di depan gapuranya. Lagian udah nawar celana batik dari Rp. 40.000,- gue minta Rp 15.000,- gak dikasih yo wis males jalan lagi sampe ke ujung-ujung. Lagian gak niat banget. Hehehe...

Terakhir, lihat Mesjid Ageng yang masih satu kompleks dengan keraton dan Pasar Klewer. Gak sampe masuk cuman foto di depan doang.


Hari ini lumayan banyak yang bisa dilihat demi memuaskan rasa penasaran yang ada. Seneng sih, karena objek yang pengen dilihat kesampean juga. Itu gak kurang karena seseorang yang setia nemenin perjalanan ini menjadi lebih sempurna.

Solo pas event Batik Carnival lebih seru kali ya.

Thank you untuk semua orang Solo yang mau ditanya-tanya dan sangat ramah. Itu semua sangat membantu dan terasa lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...