Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 27, 2017

the best highlight of my adventure : seharian di bagan


Dari Hostel Song of Travel - Inle Lake, gue dijemput tuk-tuk sekitar pukul 18.30 dan masih keliling-keliling untuk pick up penumpang yang lain.

Pukul 19.00, bis yang hanya berpenumpang dibawah 10 orang langsung cuss menuju ke Bagan.

Sempat 1x stop untuk makan malam dan finally tiba jam 02.00 dini hari di terminal Nyaung-U. Rombongan bule-bule cowok langsung minta diantar ke penginapan yang telah di booking. Gue masih plonga-plongo.


Jetlag dan bingung karena belum booking penginapan. Seperti biasa, gue langsung dikerubutin calo menawarkan jasanya dan rada maksa. Gak ada cara lain memang selain berurusan dengan mereka. 

It's 02.00 AM and i'm in the middle of nowhere. 


Terminal masih terlalu dini dan belum ada aktifitas berarti. Mau beli tiket buat nanti malam ke Mandalay juga belum buka.

Satu-satunya yang harus dilakukan adalah cari penginapan untuk taruh barang bawaan.

Mereka menawarkan 10.000 Kyat untuk cari penginapan sampai ketemu. Mahal bingit dan gak ada pilihan lain. Eh, baru deal yang satu, si calo nawarin gue untuk beli tiket ke Mandalay juga. Mikirnya, gue tuh mangsa empuk kali, udah dapat duit untuk transport cari hostel, dia masih usaha biar gue beli tiket bis pula.

Sempet adu mulut dan sempet nanya sama si calo, kenapa lu jadi marah sama gue? Kan yang gue butuhin saat ini adalah penginapan bukan tiket bis, walaupun tiketnya butuh juga tapi nanti. Yang jual tiketnya aja gak ada, kok lu musingin gue untuk beli tiket sih?

Jam 2 pagi man, berantem di negeri orang, ngeributin hal gak penting. Langsung melek mata gue. 


Akhirnya dia tutup pintunya dan mobil dengan type L300 dengan drivernya langsung jalan cari penginapan. Mati ya tuh orang, gue merasa ada penolong yang mau nolongin, itu thank you banget tapi dia maksa biar dapet untung yang lebih besar dengan sok-sok peduli.

Gak berapa lama jalan, ketemu loket yang mengharuskan bayar Bagan Archaeological Zone sebesar 25.000 Kyat berlaku selama 5 hari.


Driver berhenti dan mencoba gedor-gedor di penginapan yang pertama. Harganya gak masalah tapi gak bisa urusin pesen e-bike. Haduh, gue pusing kalo gitu. Akhirnya cari lagi ke tempat berikutnya. Harganya murah banget, bisa langsung check in, penjaganya bisa sedikit-sedikit Bahasa Inggris dan penyewaan e-bike tinggal nyebrang. 

Ya udah, settle dan bayar walaupun setelah lihat kamarnya cukup mengerikan sih tapi gue mikir lagi, lah cuman bentar doang, gak sampe bermalam, ngapain cari yang mahal dan bagus juga?

Kamar mandinya seperated dan lebih horor. Sambil mbatin ya sudahlah... buktinya sampe mandi 4 kali juga di sini. Hahaha...  


Beres mandi, beres-beres barang yang mau dibawa dan tiduran bentar, tahu-tahu udah jam 5 aja. Langsung ke depan ke tempat penyewaan e-bike.

E-bike tuh motor yang gak perlu bensin, beroperasinya dengan di charge pakai listrik seperti handphone.

Gue mikirnya bisa pake gak ya? Karena belom pernah nyobain naik motor sih sejujurnya dan motornya gak pake pedal sepeda seperti yang gue lihat di blog-blog orang. Mati lu...

Si ibunya, lancar banget Bahasa Inggrisnya, semangat dia nerangin cara naik motornya. 

Dia minta dibayar di awal 5.000 Kyat, untuk sewa seharian. Sambil baca-baca buku daftar penyewaan kok ada yang bayar 3.000? Katanya itu untuk sepeda. Sambil memicingkan mata curiga. Hahaha...


Setelah bayar berarti saatnya mencoba, puter kuncinya, gas dikit dan jalan...yeay bisa....tapi pas mau nyoba belok, ini tangan masih belum terbiasa jadinya malah tambah nge-gas. Tahu-tahu udah jatuh dan nabrak pot tanaman sampe pecah. Sementara motornya udah teguling. Ibunya marah-marah.

Damn it!

Gak ngerti kenapa dia marah-marah. Mustinya dia nyadar dong, masa iya gue minta diajarin naik motor kalau udah bisa? Lagi dia kan belom ngajarin cara beloknya gimana. Terus malah ngancem kalo gue nanti harus bayar pot tanaman tetangganya itu.

Terus curhat, kalo tetangganya itu nyebelin dan dia gak akur. Akhirnya ngancem lagi, pokoknya harus bayar. Gue bilang aja, lu gak usah pusing deh, nanti tanyain aja berapa harganya. Gue gak akan kabur kok.

Udah gitu mulai ramah dan ngajarin lagi cara beloknya gimana. Hahaha...


Pelan tapi pasti, motornya mulai jalan. Berbekal peta dari hostel, eksplorasi Bagan dimulai.


Karena naik sepeda sudah bisa, naik motor gak ada masalah sebenarnya. Pelan-pelan aja. Di Myanmar kan setir di kanan, arah juga di kanan, ya membiasakan seperti itu.

Palingan kalo mau belok, gas-nya dikurangin dan pelan-pelan banget. 

Jalan utama sih udah pake aspal, yang masih pasir itu kalo mau jalan ke temple-temple-nya.

Ini kan kali pertama gue ke Bagan, jadi jalannya santai. Lihat ada temple, melipir atau ngurangin gas-nya. Udah bosen tancap gas lagi. Gak buru-buru ngejar sunrise juga, wong udah telat.

Eh, udah jalan di pinggir, masih aja ada yang klakson-klakson, eh trus melotot juga. Gak ngerti kenapa, padahal udah jalan di pinggir. Ternyata sama aja ya kayak di Jakarta.


Fokus di temple-temple besar aja. Temple pertama yang gue sambangi yaitu Ananda Phaya. Bagus sih, cuman lagi di renovasi. Banyak yang bilang, kalau temple ini menjadi tempat terbaik untuk melihat sunrise. Mungkin informasinya benar, tapi karena masih di renovasi jadi kita dilarang untuk pergi ke atas.


Sulamani Guphaya menjadi temple berikutnya. Ini juga bagus. Rata-rata di dalam temple tersebut ada patung Buddha di ke-4 sisinya.


Temple Shwe San Daw mirip seperti Candi Borobudur yang ada di Indonesia atau Wat Arun di Thailand dengan tangga curam dan bentuk berundak dengan stupa utama di bagian atasnya.

Tidak ada patung di dalamnya dan tidak ada yang terlalu istimewa tetapi tempat ini menjadi tempat paling tepat untuk melihat sunrise terlebih sunset.

Yang sangat disayangkan dari tempat ini karena menjadi spot favorit, banyak penduduk yang berjualan, pakai acara memaksa dan keadaan sekitarnya menjadi kumuh.


Temple yang paling menarik adalah Thatbyinnyu Phaya. Bentuknya yang eksotis dengan puncak keemasan membuatnya tergoda untuk melihat dari dekat ketika pertama melihatnya dari ketinggian Shwe san Daw.


Hari mulai beranjak siang, akhirnya gue bergegas untuk keluar dari kawasan Old Bagan dan kembali ke Nyaung U untuk makan siang.

Banyak restaurant sekitar Old Bagan tetapi sepertinya lebih mahal, karena melihat banyaknya orang lokal yang sedang makan siang, tanpa ragu, akhirnya motor diparkir dan pesan mie goreng, cakwe dan juice mangga. Pas bayar, untungnya gak mahal...lega.

Hari sangat terik saat itu. Bulan Mei termasuk summer di Myanmar, panasnya nampol sangat. 


Beres makan lanjut nemu toko baju, akhirnya gue beli baju baru. Untuk ukuran kaos sih sebenarnya so so, tapi karena gak branded jadinya terbilang mahal.

Gara-gara koper ditaruh di Yangon dan gak sempet ambil baju, jadinya persediaan cukup terbatas.

Untungnya, di hostel yang gue inapi di Bagan ini bisa laundry, itungannya Rp. 2.500,- /pcs. Langsung aja gue cuci semua baju kotor yang tersisa. 

Tahu gitu gak beli baju ya...


Motor dikembaliin dulu sebentar untuk dicharge, dan ibunya langsung tagih 10.000 Kyat untuk biaya pot yang pecah. Gue akting gak percaya, masa pot begituan aja bayar segitu mahalnya? Gue nego 5.000 Kyat

Dia bilang sih itu emang pot gede, harganya ya segitu. Untuk pot ukuran kecil memang harganya 5.000 Kyat. Okelah, gue bilang nanti sore pas ambil motor lagi baru gue bayar.


Di hostel, gue mandi dan tidur-tiduran plus maskeran, kipas angin cukup membantu di tengah hawa Bagan yang sangat menyengat.

Sekitar jam 3 sore, kembali mandi dan pakai baju baru, lanjut ambil motor dan bayar 10.000 Kyat. Cuih, nyebelinnya....ibunya sumringah banget seudah terima duit. Amit...


Lanjut ke Htilo Minlo Temple, bentuknya yang megah, menjadi favorit gue so far. Sebelah Htilo Minlo ada Shew Leik Too. Kontras dengan Htilo Minlo yang ramai, Shew leik Too sepi dari pengunjung. Hanya ada pelukis lokal yang mengajak untuk naik ke lantai atas. 

Karena ketinggian temple yang tidak seberapa, sepi, gue hanya menggelengkan kepala, menolak ajakan si pelukis itu.


Mahabodhi Temple menjadi temple terakhir yang gue kunjungi selama di Bagan. Sempat beli Thanaka di depan temple, karena ibunya pinter merayu. Emang pengen beli juga, pengen tau kayak apa sih rasanya.

Beli sugarcane dan rasanya sama aja gak ada bedanya dengan yang biasa gue beli di mal.

Sekitar jam 5 sore, balik lagi ke Shwe San Daw untuk melihat sunset, sayangnya gak ada sunset walaupun langitnya sangat cerah. Yang ada malahan lihatin turis China yang heboh dengan kameranya yang berlaras panjang. Masing-masing orang bisa bawa minimal 2 kamera. Oh, Tuhan itu bagasinya gimana, udah kaya yang profesional banget. Lha, wong sunsetnya juga ora ono. Keknya dimana gak dimana turis China emang annoying, makan tempat dan nyebelin.


Sekitar jam 18.30, melihat kenyataan kalau sunset yang gak akan ada, gue berbegas pulang sebelum gelap tiba. Kecewa? Rasanya enggak. Hepi-hepi aja.

Karena malas makan berat, akhirnya gue mampir ke cafe yang jual es cream. Ini cafe memang udah gue incer dari pagi. Belilah gue Lemon Coffee dan Banana Split yang ternyata mengecewakan. Kalau lihat dari penampakannya keknya lebih terlihat tutti frutti ya. 


Walaupun demikian, gue cukup menikmati, karena lebih ngerasain atmosphere-nya. Selesai makan, gue buru-buru pulang untuk bersiap menuju ke Mandalay.


Mampir sebentar ke toko si empunya pot yang pecah terbelah. Lihat orangnya dan gue ambil kesimpulan, oh...emang nyebelin orangnya. Sotoy, ...hahaha...


Nyampe hostel, mandi ( lagi ) dan packing. Siap-siap menuju Mandalay.

Akhirnya, selesai juga petualangan gue di Bagan. Seru banget dan berkesan, karena emang pengen banget ke sini, terutama pengalaman naik motornya. Memorable banget...

Yang harus dipersiapkan selama di Bagan adalah : masker, sunblock dan topi. Bagan is very hot. Jangan pakai sepeda untuk keliling Bagan, mendingan pakai motor, capeknya gak worth it. Believe me.

Cu Bagan and go Mandalay...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...