Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 16, 2012

traveler sejati itu gak impulsif


Zaman sekarang, orang yang bepergian untuk traveling semakin banyak. Mau ransel atau koper terserah, yang penting jalan-jalan. Keliling Indonesia boleh, ke luar negeri juga ok. 

Sepertinya semakin banyak destinasi yang sudah terpenuhi maka akan semakin prestisius. Gue pikir juga gitu. Masa pas ditanya sama sesama traveler, "Udah kemana aja?" Jawabnya "Belom kemana-mana" hmmm...gengsi dong...

Paling engga negara-negara di Asia Tenggara udah dong...

Pasang foto hasil travelling di media sosial juga menjadi suatu kebanggaan. Semakin banyak folder destinasinya semakin keren, lumayan buat pamer...apalagi kalo banyak di like orang atau sampe di komen. Sepertinya gimana gitchu...

Gue pribadi, gue suka upload foto di media sosial setelah gue pulang jalan-jalan, urusan di like apa engga, di komen atau enggak, gak terlalu pusing. Gue suka travelling titik. 

Memang semakin banyak destinasi yang tercapai dalam setahun sepertinya pencapaian luar biasa. Namanya objek wisata gak akan semakin sedikit. Yang ada akan semakin banyak. Apalagi kalau sering browsing dan baca majalah travelling, pasti ada aja sesuatu yang menarik dan akhirnya menjadi kepengen, gak bisa tidur dan akhirnya berakhir di agenda jalan-jalan tahun ini. 

Sah aja sih,  gak akan ada yang melarang selama ada waktu dan ada duit.

Tapi,

Gue pernah baca curcol nya anak traveler di komunitas jalan-jalan. Memang dia udah ke mana-mana, tapi akhirnya duitnya abis dan minta-minta kerjaan ke sesama traveler. Menurut gue itu bloon banget. Masa udah jalan ke sana-sini trus abis duit malah jadi desperate?

Plis dong.

Jadi selama jalan-jalan dapet apa aja? Cuma kesenangan sesaat, pamer sama temen udah ke sana-sini, dibilang hebat, abis itu apa? nothing? Hmmm....mengerikan. Dangkal banget...Beda tujuannya dari goal traveling yang sebenarnya yaitu refreshing atau alasan klise nya "Mencari jati diri" *Halah...

Jadi inget bulan kemaren gue diajakin jalan ke Karimun Jawa. Destinasi yang menarik, karena buat gue pantai adalah segalanya tapi jatah cuti gue cuman sisa 2 hari untuk tahun ini. Belom lagi kalo ke KJ ini gak tentu, kalo ombak bersahabat, kapal bisa beroperasi, kalo enggak bisa stay di situ sampe ombaknya aman untuk dilalui. Gue pernah baca blog orang yang gagal pulang dan akhirnya musti extra stay di sana selama 2 harian lagi dan harus skip ujian kuliah. Menurut gue ini gila.

Lagi temen gue itu udah beli tiket duluan baru ngajakin gue. Well, mending enggak dulu deh. Mana kerjaan di kantor juga lagi overload. Kapan-kapan aja lah...

Pikir dua kali kalo gara-gara travelingan ini gue dipecat. Well gue masih butuh gawe untuk biayain jalan-jalannya gue.

Terus karena hobby gue browsing pas istirahat di kantor, gue sering nemu beberapa blog yang menarik. Sampe ada satu kata yaitu impulsif. Hmmm kosa kata baru nih...apa sih artinya? *Penasaran...

Menurut kamus bahasa Indonesia, impulsif itu berarti : bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati.

Ohhh itu artinya. 

Setelah gue pikirin dalem-dalem, emang bener sih seorang traveler, sejatinya gak perlu pake impulsif. Yang ada akhirnya merugikan diri sendiri. Lebih baik yang sewajarnya aja. Traveling-nya gak perlu main kuantitas tapi kualitas

Percaya deh, kalau orang udah dewasa pasti pikirannya udah lebih berkembang, gak cuman kenikmatan sesaat yang jadi prioritas. *Cieee....

Mau pake budget gembel sekalipun, teteup aja expend...

Karena dalam hal bepergian itu yang terpenting adalah dengan siapa kita pergi. Dengan sahabat dekat atau dengan teman baru kenal tentunya berbeda. Buat gue, soul mate gue saat ini sangat berarti banget. So pasti jalan-jalan sama dia kemanapun tujuannya pasti bakalan light up the whole journey. Pasti bakal ada ngambek-ngambek-nya sih sepertinya, soalnya gue perfectionist tingkat kecamatan tapi gak tau juga sih, soalnya belum pernah travelling bareng.

Dia paling bisa meredam kemarahan gue dengan kelembutannya yang udah mencapai tingkat dewa. Gak sabar deh pengen pergi bareng doi...pasti seru...anggap aja lagi shooting Amazing Race. Hihihi...cuman gak ada hadiahnya. Ada denk...Cinta yang gak pernah putus....*Lebay

Kadang ada hal yang gue gak tau juga kok, gak selamanya tahu. Dan itu bisa jadi info yang berharga kalo keluar dari mulut dia. Maklum dia pemalu dan jarang curcol tapi sekalinya ngomong, terkadang bisa  jadi nyebelin...*Weeee...

Emang sih semakin banyak objek yang udah kita lihat pasti semakin puas. Tapi yang namanya kepuasan gak akan berenti sampai di situ aja. Berasa kurang dan kurang....belom ke sana, belom ke sini...well gak ada habisnya. Apalagi kalo lihat temen udah kemana-mana. Sirik dalam arti positive pasti selalu ada.

Travelling itu biasanya dilakukan kalo udah suntuk banget sama kerjaan, atau ada hari kejepit yang mau dimanfaatkan. Bukan sampe menjadikan traveling segalanya, kecuali kalo kerjaannya jadi Tour Leader...hihihi. Dan memang hak seseorang kalo mau jadi fakir promo tiket, mungkin banyak waktu luang dan duitnya gak ber-seri. Silahkan saja...

Jadi termasuk traveler jenis apa kamu? Impulsif kah? C'mon wake up friend...traveler sejati itu gak impulsif.

Semakin cepat sadar semakin baik. Daripada terlambat di kemudian hari.

Agenda akhir tahun ini udah planning mau ke P. Bangka trus mau beli kamera DSLR, ke Vietnam 2 minggu, pertengahan tahun mau ke Aceh & Sabang plus Borobudur, libur lebaran mau ke Thailand, akhir tahun ke.....

*Shut up

Ternyata yang impulsif itu diri gue sendiri...HELP!
bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/impulsif#ixzz2CMTuIg55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...