Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 16, 2011

my pen pal


Kelas 6 SD, gue begitu tergila-gila dengan majalah Kawanku. Kayaknya cocok dengan umur gue saat itu. Ada rubrik ASBAK, asal tebak yang bisa ditanyain pada Bung Asbak. Nanyanya konyol, jawabnya juga gelo. Namun dari semua rubrik yang gue suka tuh bagian sahabat pena, kayaknya asyik ya ngirim pic & biodata ke majalah trus entah darimana surat-surat pada berdatangan deh.

Waktu itu sahabat pena kayaknya ngetrend banget.

Di kelas yang langganan majalah Kawanku gak cuman gue, tapi ada beberapa. Ada satu yang jerit-jerit pas gue masuk majalah di rubrik sahabat pena. Woah senengnya ya...

Gak berapa lama, muncul surat dari seseorang di Jakarta, namanya Ivon Lazuardy. Katanya mau jadi sahabat pena gue. Dia juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke -12 buat gue. Langsung dong gue balas. Bermodal perangko Rp. 140,- surat balasannya langsung gue kirim ke kantor pos.

Setelah itu, surat-surat dari dia yang sampai langsung gue balas. Malah rasanya lama banget nunggu balasan dari dia. Eh, ternyata dia juga begitu, gak sabar nunggu balasan surat dari gue. Diitung-itung waktu dari kirim ke nyampe dibutuhin 5 hari.

Apapun bisa jadi omongan diantara kami, soal dia suka ama guru les-nya lah, yang ternyata guru les-nya udah punya pacar dan bikin dia patah hati atau kelakuan temen-temen skulnya yang udah pada ngerokok, atau peliharaan kelincinya yang lagi beranak. Apapun diceritain sampai akhirnya giliran gue yang cerita kalo gue naksir temen skul dan bikin dia jeles banget. Hahahaha...

Beneran tuh anak jeles, sampe surat-surat gue gak dibales-bales. Dan gak cuman jeles tapi juga sirik karena ternyata gue bisa suka ama orang. Tapi entah juga ya, dulu gue sempet sebel kalo dia cerita tentang si Iwan, guru les-nya itu. Apa mungkin dari dulu kami saling mencinta? Hahay...

Sempet ngambekan, gak surat-suratan. Tapi saling minta maaf seudahnya. Dasar ABG.

Oya beda umur kami sekitar 2 tahunan. Dia lebih muda.

Cerita rencananya mau skul di Jepang bikin gue ngamuk. Kenapa Jepang? Jauh amat. Seperti biasa ngambekan lagi walau akhirnya baean lagi dengan surat yang datang bertubi-tubi. Cintakah?

Walaupun dia udah les bahasa Jepang ternyata keberangkatannya itu gak jadi. Horeeeeeeeeeeeeee...

Kelas 3 SMP, ulang tahun yang ke-15 dia kasi gue kartu telpon yang pulsanya Rp. 150.000,- katanya dia nemu waktu nyapu-nyapu di rumahnya dengan pesan biar bisa sering-sering telpon dia. Jaman itu kartu telpon lagi booming dan pulsa sebanyak itu lumayan banget. Keluarganya memang termasuk orang berada.

Tiba waktu mau masuk SMA dan gue pengen skul di Van Lith, Muntilan. Ternyata gue gak diterima. Langsung telpon dia pake kartu telpon-nya itu ngabarin kalo gue gak diterima & malahan disambut gembira, karena dia pengen banget gue skul di Jakarta. Dasar...

Masa-masa SMA masih sering surat-suratan walaupun frekuensinya gak sesering dulu. Tapi sekali dateng bisa 10 robekan kertas buku tengahnya. Tapi dia sih baik, malah suka kasi permen karet dari Jepang, oleh-oleh dari bokapnya buat nemenin gue baca surat-suratnya yang segambreng. So sweet...

Waktu liburan sekolah, gue nginep di Jakarta. Dia langsung ngajakin ketemuan. Kebetulan saudara gue kerjanya di daerah Glodok dan dia tau tempatnya ya udah ketemuan deh.

Pagi buta udah jalan ke Glodok. Nyampe jam 7 pagi, udah kucel. Eh, sampe jam 9 tu orang gak muncul-muncul. Sama sepupu jalan aja ke Gajah Mada, siapa tau nanti ketemu di sana, karena emang mau kesana nantinya.

Tapi di Gajah Mada pun gak ketemu. Sore-sore balik ke Glodok malah dapat kabar tadi jam 12 an orangnya ke sini tapi udah pulang lagi. Yah...gimana sih janji ketemu jam 9 dateng jam 12. Ada titipan dari dia berupa boneka anak kecil yang bisa digantungin di kaca...tuing ...tuing...gue ga mau boneka, gue mau ketemu dia...hiks...

Susahnya jaman dulu belom ada HP, gimana mau kontekan. Sorenya dia telpon, nyesel gak bisa ketemuan. Percuma deh, udah kecewa berat...tapi sambil janji suatu saat bakal ketemuan.

Ada satu lagu kenangan yang kami sama-sama suka, lagunya Dewa 19 " Kangen " gak tau kenapa, mungkin lyricnya yang keren itu mewakili perasaan kami. Halah...

Belom lagi tag line gue buat dia, " Aku milikmu " oemji...

Gak nyangkal, kami sama-sama tumbuh dewasa dengan kekonyolan kami, kepolosan, canda tawa bahkan amarah yang meletup-letup. Masa-masa indah tumbuh bersama seorang sahabat pena. Karakter dan sifat kami, sedikit banyak saling mempengaruhi. Gak ada batasan, ngomong apa aja bisa, gak di kotak-kotakin.

Akhirnya gue kuliah di Jakarta, tapi baru tahun ke-3 akhirnya bener-bener ketemu dia ( tahun 98 ). Di Gajah Mada, seperti janji kami tempo dulu. Dia tinggi, modis dan tomboy, sedikit jerawatan & bergigi kelinci. Lupa ngapain aja ya, kayaknya ke gereja bareng deh.

Pertemuan itu bukan pertemuan terakhir, selalu ada pertemuan berikutnya. Entah ketemu di mal, di kampusnya, di gerejanya, atau di rumahnya di bilangan Jembatan Dua juga pernah. Dan selalu menorehkan cerita di hati.

Kadang hati ini suka bertanya apakah dia memang jodohku?

Oya, setelah gue kuliah di Jakarta, otomatis udah gak surat-suratan lagi, juga gak telpon-telponan. Jaman itu HP baru booming setelah lulus kuliah tahun 2000.

Lepas kuliah, masuk ke dunia kerja kami masih suka kontek walaupun sangat jarang. Pertemuan juga masih ada. Kalo dulu becandanya gak karuan, sekarang udah lebih dewasa menata masa depan. Ngomongnya juga pake EYD...hehehe...

Ulang tahunnya yang ke-28 gue kirimin dia kue tart sebagai hadiah ulang tahun. Gue kirim sendiri ke rumahnya, sayang gak ketemu orangnya malahan ketemu engkonya. Seperti tertulis di atas kue, gue cuman bisa bilang " Happy birthday Cinta. "

Sampai blog ini ditulis, gue udah lost contact sekitar 3 tahunan. Kadang merindunya seperti dahulu.

Surat-suratnya yang mencapai 60-an entah kemana menghilang, seperti dirinya yang juga hilang.

Namun kartu natalnya yang dulu dikirim tiap tahunnya sewaktu masih bersahabat pena masih ada. Selalu kartu yang termahal & terindah untuk gue. Diiringi kata-kata manis contekan dari kartu natal yang laen. Hahaha...

Beberapa hari lagi dia akan berulang tahun yang ke-32 tanggal 19 November. Gue doakan yang terbaik untuk dia. Dimanapun dan bersama siapapun.

Untuk dia yang selalu di hati. Seperti pernah dia tuliskan disalah satu kartu natalnya buat gue, " You make a different color in my life."

Yes, you too, my pen pal. Happy Birthday. Miss you so so much...

4 komentar:

  1. Hebat artikelnya... penpals dr kecil jdnya? Hebat!
    Dulu, di majalah kawanku menulis biodata dan alamat rumah sprti itu, dikirim ke majalahnya ya? Sy lg tertarik dgn pen pals.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo...thank you udah baca blog ini ya.

      Sekarang di era teknologi seperti sekarang sepertinya udah gak asik lagi untuk dilakukan. Orang cenderung suka yang serba instan memakai gadget daripada musti bikin surat secara manual trus jalan ke kantor pos.

      Salut untuk yang masih menggunakan media seperti itu.

      Have a nice day and happy writing.

      Hapus
    2. sweet banget!!!
      pengen kyk gitu juga
      kelanjutannya gmna kak?

      Hapus
    3. Belom ada kabar, mungkin gue juga gak berani kontak... Mungkin belum saatnya...hahaha...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...