Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Februari 13, 2012

cap go meh sukabumi ( 2013 )










Setelah puluhan tahun ga pernah liat Cap Go Meh, akhirnya kemaren nonton juga. Kebetulan pusat perayaannya di Kelenteng deket rumah jadi ga pusing.

Biasanya cap go meh itu diperingati di hari ke-15 setelah imlek, tapi dari dulu untuk perayaan di Sukabumi biasanya molor dan gak pas 15 hari.













Orang bilang, perayaan tahun ini gak semeriah tahun lalu. Gue sih ga peduli. Buat gue lumayan meriah. Orang-orang dari siang udah rame, yang jualan makanan apalagi...udah stand by dari pagi. Belom lagi panitia Kelenteng yang pake baju merah-merah. Bahkan ujan yang datang tiba-tiba dari siang gak bikin bubar...










Kirab ngiterin kota dilakonin selama 5 jam dari start sampe finish di daerah Odeon, pecinan-nya Sukabumi.













2 jam terakhir sebelom perayaan ini berakhir, se-Sukabumi gue rasa tumplek di depan kelenteng. Gue juga udah ga peduli ujan-ujanan, becek dimana-mana sambil jeprat jepret kamera, belom lagi keinjek-injek orang & kecucuk payung orang. Huh...kapan lagi lah...denger-denger tahun depan belom tentu ada karena ada Pemilu.










Yang diarak tuh Toa Pe Kong dari Dewa dan Dewi yang mereka sembah. Disamping sebagai pelestarian budaya, kegiatan ini juga merupakan manifestasi dari pelaksanaan ritual keagamaan Tao, Budha, serta Khonghucu. Toa Pe Kong ngajarin rasa hormat, kerjasama agar setiap orang memiliki rasa kemanusiaan.










Selain Toa Pe Kong, ada puluhan barongsai & liong yang atraksi unjuk kebolehan. Pengunjung banyak banget yang kasi ampau sama barongsai, bahkan bapa-bapa sebelah gue kasih ampau ke semua barongsai, sambil elus-elus kepalanya. Hadeuh...maknanya apa ya? Biar berkah banyak rejeki kali ye...










Tapi barongsai yang paling keren dari semuanya adalah si Djie Say...garang, macho & matanya ijo...kembali ke puluhan tahun silam, saat gue masih kecil...gue pernah nonton cap go meh sambil duduk diatas pundak Babeh...saat itu gue ketakutan karena serem banget ya...kan ga ngerti juga itu apaan sih...*Ah ingetan gue masih ok ternyata.










Sayang, ujan ga bisa kompromi...jadi hasil foto juga ga gitu bagus. Belom lagi payung dimana-mana bikin rusak pemandangan aja...

Kemeriahan terus berlanjut sambil nyalain kembang api diatas langit kelenteng.

Ternyata yang partisipasi gak cuman dari Sukabumi aja, tapi juga dari kota-kota sekitar seperti Jonggol, Cianjur. Btw, Cianjur bahkan punya liong merah keemasan yang keren banget, Seluruh tubuhnya nyala pake lampu. Wuidih...

Sekitar jam 9-an kerumunan udah mulai bubar, pulanglah gue payungan sambil pelukin Mom...kalo Babeh sih pake topi jadi jalan duluan...hihihi.

Untung jaman udah berubah, pas jaman Soeharto mana ada beginian...semua disuru mingkem...Intinya budaya apapun akan terasa menarik, apalagi kalo tetap dilestarikan ampe generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...