Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 11, 2012

bekpek? kenapa enggak...

Bekpek ke luar negri?

Solo traveling ?

Yakin?

Apa sih yang harus dilakuin kalo udah niat solo traveling? Bekpek pula...

1. Booking pesawat lah.
Kalo gue sih ga mau booking pesawat sampe kelamaan dari 6 bulan sampe 1 taon sebelomnya karena ga pasti kan, pas tanggal segitu bisa jalan apa enggak. Memang harga bisa jauh lebih murah, tapi kalo akhirnya hangus? Murah tapi hangus? Buang-buang duit kan?

Pastiin tanggal nya lalu utak atik alternative penerbangannya,bisa dengan maskapai yang berbeda atau dengan yang sama tapi transit di kota lain atau Negara lain dengan harga, dengan kenyamanan dan waktu yang tersedia.

Pas gue mau booking malah ada alternative penerbangan baru yang harganya lebih murah, padahal gue beli tiketnya cuman 2 minggu sebelom keberangkatan loh. Lumayan lah.

2. Search tempat yang ingin dikunjungi secara kasar, buat nanti bikin itinerary yang sebenarnya.

3. Booking akomodasi. Kenapa akomodasi ga ditempatin di no 2? Karena kita kan blom tau daerahnya. Apakah deket dengan objek yang dituju atau enggak, apa dipusat kota, apa murah tapi jauh kemana-mana. Itu menjadi pertimbangan yang paling penting.

Banyak website yang nawarin hostel buat para backpacker di seluruh dunia, contohnya www.hostelworld.com. Nginep dihotel bintang 5? Hmmm emang mau bulan madu?

4. Booking transportasi lain seperti bis dari Singapura menuju ke Malaysia misalnya. Atau antar kota lain yang gak mau pake jasa penerbangan. Namanya bekpek pasti lumayan menghemat. Nah, mending pergunain jasa transportasi yang dipake waktu malem, biar pagi harinya udah nyampe di tempat tujuan & langsung bisa explore. Hemat biaya akomodasi, karena nginep di bis.

5. Susun itinerary yang lengkap. Googling aja. Biasanya semua informasi apapun ketemu. Jangan lupa juga baca blog orang lain mengenai perjalanan mereka, kadang2 sedikit membantu.

6. Bikin budget pengeluaran secara kasar lalu tukarkan uang rupiahnya ke mata uang yang dituju. Gak mesti bawa duit banyak, apalagi kalo belanja barang di mall, mereka terima kartu kredit kok. Dan kalo mau tuker duit, di Indo aja, kalo udah di luar negri, kurs nya lebih tinggi so duit yang kita dapet lebih sedikit.

7. Buat list untuk barang yang harus dibawa. Kalo gue dibagi 4 kategori. Yang pertama baju dan kawan-kawannya, lalu toiletries & obat, yang ketiga elektronik, dari charger sampe colokan dan yang terakhir surat-surat dari agenda, passport, fotocopy bookingan pesawat & akomodasi, peta, dompet, kartu kredit, duit rupiah & duit dengan mata uang asing.

Jangan bawa duit mata uang asing aja, emang nanti ga bayar airport tax? hahaha...

O, ya untuk colokan, kalo di luar negri biasanya pake colokan yang lobangnya tiga. Jadi siapin juga ya.

Walaupun lo pergi ke Negara tropis ga ada salahnya bawa jaket, syal, kain pantai atau sarung buat alas bantal kalo ternyata sarung bantal di hostel bau.

Untuk obat selalu gue bawa vitamin, tolak angin, sakit kepala & diare. Yang laen sih gak perlu kek nya.

Oya kalo lo ga beli bagasi, dan nginep di hostel ada baiknya bawa sabun batang aja, karena gue juga ga tau pastinya berapa ml cairan yang bisa dibawa ke kabin. Biasa 100 ml doang, tapi ga tau apa tiap negara sama. Gak lucu kan udah bawa Body Shop ternyata ga bisa masuk pesawat. Mau dibuang? Gila deh...

Sejauh yang gue tau hostel juga ga nyediain toiletries. Handuk sih iya.

8. Dua hari sebelom keberangkatan, confirm lagi flight nya. Apakah on schedule atau engga? Kalo engga ada perubahan berarti lo siap jalan.

9. Dan yang paling penting jaga kesehatan sebelum pergi. Banyak-banyak istirahat, karena nanti udah pasti capek & kurang tidur kalo traveling.

10.Buang jauh-jauh buku perjalanan wisata seperti 2 juta ke Thailand. Bacanya aja puyeng, trus kalo sampe ngikutin orang yang bikin buku keknya berasa bukan pengalaman traveling sendiri deh. Lagi ngapain ngirit banget sampe makan roti doang pagi siang malem? Duh itu sih bukan gue banget. Namanya traveling, berarti udah siap keluarin duit lah. Masa udah jauh-jauh melanglang buana sampe ga nyicip-nyicip makanan sono. Rugi bener...

Ayo bekpek...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...