Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 28, 2012

leong san tong khoo kongsi



Kalau ada bangunan di Penang yang begitu kaya akan detail, begitu memukau mata, dan juga penuh sejarah udah bisa dipastikan kalo itu adalah Kho Kongsi yang berada di 18, Canon Square, Penang.


Leong San Tong Khoo Kongsi adalah salah satu asosiasi yang khas klan Cina di Malaysia. Hal ini dikenal di seluruh dunia sampai garis keturunan yang dapat ditelusuri sampai 650 tahun kebelakang.

Bangunan ini termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2008. Dengan sejarah yang panjang serta arsitekturnya yang indah, Leong San Tong Khoo kongsi clanhouse adalah ikon warisan permata penang, yang terdiri dari clanhouse megah, panggung opera, halaman luas dan 4 baris rumah teras.

Pada tahun 2001 Khoo kongsi merayakan ulang tahun nya yang ke-100 yang dibangun kembali setelah bangunan aslinya dihancurkan oleh kebakaran pada tahun 1901. Clanhouse sekarang ini berfungsi sebagai contoh dari warisan konservasi dan restorasi.
 
Seluruh bangunan ditutupi dengan pekerjaan beling keramik yang rumit, lukisan mural, ukiran kayu,  batu yang disepuh emas. Keahlian dan kerajinan pada bangunan ini tak tertandingi di tempat manapun di Malaysia.

Clanhouse ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar dan lantai atas. Lantai dasar sebelumnya diduduki oleh Toon Boon Tong, atau Masyarakat keturunan. Saat ini, digunakan sebagai Khoo Kongsi Clan Museum. 
 
Lantai atas dapat diakses dengan tangga besar. Mengapit tangga adalah Dua Monks. Yang di sebelah kanan adalah Monk menangis. Di sisi lain adalah Monk tertawa.  

Sekarang kenapa biarawan itu tertawa? Carilah di bawah dia, lu pasti nemuin ada koin tembaga kecil tertanam di bawah pegangan tangga. The Monk tertawa itu ketawa karena ia duduk pada uang. Hohoho...

Ada tiga ruang utama di atas. Mereka adalah aula pusat, ruang leluhur, dan aula untuk dewa kemakmuran. Ruang tengah adalah yang paling banyak hiasan. Ruang leluhur dan lorong kepada dewa kemakmuran 

Siapapun yang melihat bangunan ini gak mungkin untuk tidak berdecak kagum melihat kemewahannya. Gue jamin akan hal itu. 

Yang kurang cuman gak ada tour guide yang bisa jelasin waktu kesini. 

Visiting hours  : 09.00 - 17.00
Admission fee :  10 MYR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...