Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 17, 2012

nginep di hostel malaysia

Kalo udah ambil jalur bekpek, nginepnya pasti di hostel. Masa bekpek tapi nginep di hotel berbintang? Bisa juga sih, kalo budget ada kan seneng juga tapi gak full hotel lah...

Waktu cari-cari hostel, pertama harus paham tempat tersebut ada di daerah mana? Apa deket kemana-mana? Atau malah murah tapi middle of nowhere? Mahal dikit tapi daerahnya ok sih kayaknya wajib dipertimbangin. Sukur-sukur dapet daerah bagus tapi harga murah.

Perhatikan fasilitas yang ada, apa bisa tidur dengan kipas angin aja? Dapet handuk buat mandi gak? Dapet  breakfast kah?

Kalo niat nginep di dormitory-nya yang kayak barak tentara dan super murah ( harga dibawah 100 ribuan/ malam ) harus siap nyampur dengan penghuni lain, jangan lupa lihat fasilitas hostel tersebut apakah ada loker buat simpen barang berharga? Gak lucu kan niat mau expend murah tapi malah kerampokan di kamar. Hahahaha...

Sukur-sukur kalo dormitory-nya pas dengan seluruh anggota bekpek untuk 4, 6 atau 8 orang. Jadi kan 1 room teman lo orang semua. Keamanan lebih terjamin.

Jangan lupa bawa gembok & kuncinya kalo pake loker, karena mereka gak sediain kunci, atau mungkin ada kuncinya tapi kan serem juga pake kunci mereka.

Setelah booking hostel lewat situs terpercaya, biasanya mereka kasih tahu peta atau denah hostel dan bagaimana caranya ke tempat tersebut dari Airport atau dari pusat keramaian.

Hostel yang ok tuh mustinya kalo kita udah booking, mustinya kirim email pemberitahuan basa basi. Juga pemberitahuan moda transportasi yang tersedia menuju hostel.

Berikut pengalaman gue untuk pertama kalinya nginep di hostel di Penang dan juga di Kuala Lumpur, Malaysia :

Pengalaman nginep di Penang, hostelnya tuh gak update kendaraan menuju ke hostel. Udah bis-nya jarang banget...bikin deg-degan, mana udah malem. Lumayan lama juga cengok di bandara. Sumpah deh ini bandara atau apaan...sepi bener...

Pas dapet bis dengan tujuan yang bener sesuai petunjuk dari hostel, gue naek lah sambil nanya juga ke bus driver-nya. Dia malah bilang enggak sampe ke tempat tujuan cuman sampe Komtar ( Pusat kota ).

Berhubung ada petunjuk menuju hostel dari Komtar, gue gak pusing yang penting gue udah jalan daripada gue bengong aja di bandara?

Sempet ngotot juga sama driver-nya masa salah sih? Gue sampe kasih lihat petunjuk dari hostel. Akhirnya dia kasih gue free ongkos transport. Bwahahahahha...lumayan...

Sampe Komtar, dia kasi tahu gue suruh naek shuttle bus.

Semua nomor bus yang direkomendasiin dari hostel, malah gak bawa ke sana, padahal jelas-jelas ada jurusan Lebuh Chulia, nama jalan di deket hostel. Sampe tanya berkali-kali bus yang lewat bilang enggak ke sana.

Lagi-lagi mereka recommend shuttle bus, dan ternyata shuttle bus itu bus hop on free. Tinggal tunggu di halte yang bener dan tinggal diangkut tanpa bayar. Oalahhh...pusingnya.

Di bus gue pasang mata terus nih bus udah sampe mana?

Bekel peta dari Airport lumayan membantu, karena bus driver-nya rese, mentang-mentang gretong jawab pertanyaan gue juga engga, iya kek engga kek, diem aja...geblek.

Akhirnya gue turun dan nanyak orang yang gue temuin di jalan. Nyari Lebuh Chulia tuh lumayan gampang. Banyak orang tahu, tapi pas nanya Old Penang Guesthouse...satu pun gak ada yang ngerti.

Ternyata Lebuh Chulia tuh panjang banget, bukan nyasar tapi gue salah arah, mustinya yang ke arah sana, bukan ke sini walau sama-sama Lebuh Chulia. Yah, tapi gue malah curi start duluan buat besok explore kota Georgetown karena gue udah nemu Little India & beberapa Temple yang ada.

Orang-orang gak ada yang tau Old Penang Guesthouse. Padahal kalo di hostelworld tuh top rated. Nanya 7 Eleven aja pada gak tau, modal kaki doang akhirnya nemu juga.

Berhubung udah keliatan 7 Eleven, gue bisa bernafas lega....ya udah gue makan malam dulu, karena banyak food street jual mie & juice.

Aihhh, murah banget tuh mie wonton, porsi kecil cuman 10 rebuan, juice aja gak nyampe 5 rebu. Yang makan ngantri bo, orang lokal & wisatawan nyampur jadi satu.


Beres makan langsung jalan lagi ke arah 7 Eleven, dan ada tulisan Love Lane...Yihaaa...hostel tempat gue nginep ada di daerah ini...tinggal jalan dikit dan voila, Old Penang Guesthouse...


Bangunan lama diterangi lampu temaram kuning. I think i'm gonna love it! Tanpa disangka ternyata penampilannya menipu...

Staff -nya gak gitu menyenangkan, sangat-sangat menyebalkan.

Dan ada peraturan kalo naek ke lantai atas musti buka sepatu. Huh...

Jadi penghuni di atas tuh gedubrakan suara kaki yang bergesekan dengan lantai papan, semaleman tidur gak nyenyak-nyenyak amat.

Hal yang menyenangkan di sini adalah sangat-sangat bersih untuk ukuran hostel & wifi-nya terkonek dengan sempurna juga ada water heater jadi mandinya gak pake kedinginan dan ada loker pula walaupun gue gak sempet pake karena pilih kamar private.


Pada akhirnya gue kasih bad review buat hostel ini. Gue sama sekali gak suka dengan hospitality-nya. Fasilitas lumayan bagus, tapi hmmm...staff-nya gak friendly. Kirim email aja gak dibales buat confirm bookingan. Jadi gak puas, bullshit dengan segala review top rated...buhuuuu...

...

Laen dengan hostel di KL...

Dari Penang ke KL gue naek bus malem, biar nyampe KL waktu subuh dan udah bisa langsung explore kota. Bener-bener subuh nyampe KL. Bus berenti di perempatan Pudu Raya jam 5 AM, masih gelap gulita & gue gak tau musti ke mana.

Ngikutin orang aja duduk-duduk di pinggir jalan, nunggu pagi menjelang.

Jam 6 AM, baru gue nyoba lihat peta untuk ke hostel. Setelah di cek sepertinya deket deh dengan posisi gue sekarang.

Ok gue coba.

Photo : Hostelworld
Patokan Maybank, terus cari 7 Eleven ( Lagi-lagi 7 Eleven ) terus nemu Temple belok kanan...hah kok gampang banget? Dan akhirnya nemu Asrama Step Inn guest house. Seneng banget, kok gampang ya...

Ketemu Vicky, staff-nya, dan dia sangat ramah. Pertamanya dia bilang belom bisa cek in, gue sih tahu, maksudnya gue mau taruh barang aja dan ternyata boleh loh.

Gue sampe bersih-bersih badan, ganti baju, dan ngecharge kamera & BB sebelom mulai explore KL.

Dia juga mau bantu jawab semua pertanyaan gue tentang jalan & tempat yang gue mau lalui, naek apa, ke mana dan dikasih map buat pegangan, lumayan membantu.

This is what i want & what i need.

Bahkan pas dinihari gue cek in, dia masi stay aja di situ dengan keramahannya. Jadi inget pas udah booking langsung ada feed back dari hostel soal arah menuju ke sana & basa basi terima kasih karena udah booking hostelnya. Sangat peduli...

Memang kamarnya sih standart tapi lumayan lah. Kamar mandi juga pake water heater & lumayan bersih. Breakfast tersedia pagi jam 8.

Komplain paling untuk wifi, gak konek-konek & kamar gak ac untuk single, cuman pake kipas angin tapi sekali lagi ini bukan komplain berat. Semuanya ketutup berkat staff-nya yang friendly abis.

Bahkan bayar hostelnya aja pas mau cek out...

Thx ya Vicky, great hostel anyway.

Buat gue pribadi, fasilitas no 2, walau jangan jelek-jelek amat. #1 nya teteup hospitality, biar orang nyaman & homey.

Jadi, nginep di hostel aja dong? Gue sih gak kapok dengan semua yang udah gue alamin. Teteup prefer hostel dibanding hotel, cuman nginep semalem atau beberapa malem aja kok selama traveling. Selisih duit hotel kan bisa buat oleh-oleh...hehehehe...

Happy travelling...

2 komentar:

  1. saya juga pernah nginap di step inn guesthouse di KL dekat puduraya, waktu iru receptionnya cowok india tapi ngomomongnya Inggris melulu (gak pake bhs melayu), apakah dia yg bernama Vicky? waktu itu sy juga check inn subuh & setelah mandi dia baik mengingatkan sarapaan. Selain itu pas check out dia ga ada kembalian duit kecil, sehingga 50 sen nya dia ikhlaskan
    salam kenal
    fakhruddin

    BalasHapus
  2. Hah, Vicky orang India? kek Melayu deh...
    traveling bareng yuk...hehehe salam kenal....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...