Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 18, 2012

transportasi di malaysia

Satu yang pasti, transportasi di Malaysia lebih rapi & modern dibandingkan dengan Indonesia. Dan lebih dari itu sangat nyaman, itu yang terpenting.


Selama di Penang, transportasi di sana cuman ada bus. Model busway gede gitu, cuman kursinya lebih sedikit. Di sebelah driver ada kursi satu, nah itu favorit gue, sekalian kalau mau nanya-nanya jalan sama driver-nya kan. Nah, di belakang kursi itu ada lagi kursi lain tapi buat penyandang cacat. Dan gue juga demen banget duduk di situ sebelom tahu. Tulisannya, tempat duduk orang kurang upaya...hahaha...sial...

Sesudah kursi untuk orang kurang upaya, ada lorong buat orang berdiri, baru setelah itu beberapa tempat duduk di bagian belakang menghadap kedepan. Pantas saja kursinya sedikit, yang naek juga gak penuh-penuh amat.


Di bagian kaca & pintu ada tulisan, " Cermin Kecemasan " & " Pintu Kecemasan ", gue sampe ngakak bacanya. Artinya kurang lebih kaca & pintu keluar kalau sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan karena ada tulisan Surf and Ride on Board, kek nya bisa wifi deh, cuman gue gak sempet nyoba.

Bayar ongkos bisnya tuh pas naik, beritahu mau turun di mana, lalu drivernya akan memberikan tarif sesuai tujuan & kita akan diberi tiket. Dulu di Jakarta juga ada bis seperti ini, duitnya dimasukan ke kotak sebelah driver setelah sebelumnya si driver cek, bener apa engga duitnya.

Dan kalau mau turun, tinggal pencet bel yang ada di setiap tiang, jadi mau yang duduk atau berdiri bisa pencet bel kalau mau turun, dan berhentinya di halte, gak bisa di sembarang tempat.

Selain bus berbayar ada juga bus " Hop on Free ", rutenya kelilingin kota George Town. Nunggunya memang rada lama, sekalinya datang langsung diserbu lha wong gretongan.

...

Di KL lain cerita, sarana transportasi lebih beragam. Puas deh sama transportasinya tapi gak nyobain bis-nya ya, gue pikir cukup lah selama di Penang.



Pertama kali nyoba, gue cobain KL Monorail yang di Indonesia gak jadi beroperasi.

Di loket pembelian tiket, dipasang petunjuk arah yang jelas dan tersedia 11 stasiun yang bolak-balik ngiterin Golden Triangle-nya KL. Tarifnya paling mahal 2,1 MYR = Rp 6.500,-  ( Tahun 2012 ) dari ujung ke ujung. Kalau cuman beberapa stasiun sih kurang dari segitu tarifnya.


Tiketnya itu berupa token berwarna biru. Cara pakainya, tempelin tokennya ke tempat yang udah disediakan dan voila....kebuka deh pintunya.



Dan yang paling penting jangan sampai salah arah, soalnya rutenya gak muter tapi 2 arah. Kalau ternyata berdiri di arah yang salah, naek jembatan & tunggu monorail-nya dari arah sebaliknya.

Sempet lihat ada warning seperti di bawah ini, kalau gak ada Bahasa Inggrisnya, gue gak bakalan ngerti deh. Hahaha...


Ternyata Monorail itu dalamnya seperti kereta saja, cuman pakai 2 gerbong doang. AC-nya kenceng banget jadi lumayan nyaman.


Selain bisa beli tiket di loket yang tersedia, bisa dibeli juga di mesin ( ticket vending machine ) yang disediakan seperti mesin yang berisi minuman ringan. Biasanya petugasnya gak ada kalau jam makan siang atau kalau sudah larut malam.



Pertama nyoba mesin ini, sudah jam 11 malam lebih, petugasnya sudah gak ada. Mau gak mau harus di coba kalau mau pulang. Dibantuin sama orang lokal juga sih. Layarnya touch screen, tinggal pencet mau ke mana, nanti keluar tarifnya, setelah masukin duitnya ( duit kertas juga bisa ) tiketnya keluar deh dari arah bawah.

Eh, giliran orang tadi yang abis ngebantuin mau pakai mesinnya, dia gak punya uang pas, mau nukerin, gue juga gak punya, jadi minta 1 MYR ke gue...huuuu perasaan jadi ada ongkos belajar mesin tiket deh .... hahaha...

Setelah naik Monorail lalu turun dan mau keluar dari stasiun Monorail, masukin token tadi, baru pintunya bisa terbuka ( Jadi gak bisa disimpan buat kenang-kenangan kecuali kalau belinya lebihan ).

Jam operasi KL Monorail dari jam 06.00 - 23.30

...

Selain KL Monorail ada juga KTM Komuter.



Kereta biasa sih dan murah banget. Petunjuknya juga jelas jadi gak nyasar, asal tahu mau turun di mana.



Jam operasinya dari jam 6.00 AM - 9.30 PM

...



Selain itu ada Putra LRT ( Light Rail Transit ) dengan 2 jalur utamanya Kelana Jaya Line & Ampang Line.



Kalo LRT gak cuman di daerah pusat saja tapi sampai ke penjuru kota.



Jam operasinya kurang lebih sama sampai midnight & tiketnya pakai token juga.

...

Di KL ada juga Hop on Hop off bus, cuman bus yang di KL ini bayar walaupun namanya Hop, karena gak pake free...hehehe. Tarifnya 38 MYR untuk 24 jam, mau naek turun sesuka hati pokoknya berlaku selama 24 jam. Mau 48 jam bisa juga malahan tarifnya lebih murah.

Kalau mau city tour sih boleh juga naek bus ini tapi buat gue, objek wisata yang dilewatin jalur bis ini gak gitu menarik, jadi enggak deh.

...

Banyak yang bilang transportasi di KL rada libet, tapi saya sih gak setuju. Memang sih pertamanya bingung tapi 2 hari di KL langsung gape kok. Pokoknya kita musti tahu mau naik apa dan berhenti di mana. Simple. Tinggal bawa peta ini deh dan go show...



Jadi, menurut gue, jalan-jalan ke luar negeri itu bukan cuman ke objek wisatanya saja tetapi mencoba moda transportasinya. Semakin maju negaranya semakin canggih lah. China saja sampai punya bullet train... hmmm... pengen coba deh...

Indonesia kapan ya secanggih negara-negara di Asia Tenggara soal sarana transportasinya? Busway? Membantu sih untuk jarak jauh dan dari segi harga terbilang murah. Cuman untuk ukuran kenyamanan sangat jauh. Kejambak, keinjek, kesenggol jadi makanan sehari-hari belom copetnya. Yah, gitu deh problem negara dengan penduduk terpadat di dunia. Fiuhh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...