Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 03, 2012

1 jam di kek lok si temple



Sepertinya belom ke Penang kalo belom nginjek Kuil Agung Bliss atau yang lebih dikenal sebagai Kek Lok Si Temple, berdiri tegak di lereng bukit yang menghadap kota Ayer Itam.

Perjalanan dari George Town sekitar 1 jam dengan menaiki bus no. 201. Pas udah keliatan Pagoda-nya itu, gue udah bilang sama drivernya minta turun, apalagi pas makin menjauh. Gue udah bertanya-tanya apa dianter sampe pintu gerbangnya langsung? Dia dengan santainya cuman bilang "Beloman."


Ternyata gue malah diturunin jauh dari Temple dan disuruh naek bis lagi yang bernomor sama. Hah maksudnya apa? Malah gak ngerti. Akhirnya setelah tunggu lama, baru deh ada bis lagi yang lewat.

Memang bukan bus bernomor sama tapi gak ada salahnya kan nanya dulu? dan drivernya orang India. Huh...jawabnya "NO NO NO" sambil kasar gitu...No-nya banyak amat ya? Setan...emang musti terbiasa deh dengan orang India sepertinya.


Akhirnya bus 201 lewat & langsung naek, tahu gak ternyata oh ternyata...bus yang ini tuh cuman belok dikit ke arah Temple. Penting gak sih? Kan sebenernya naek bus yang pertama juga bisa. Gelo...



Di sepanjang jalan ini banyak food street...gue udah rencana bakal makan nanti sepulang dari temple.


Jalan menuju ke temple-nya lumayan capek, panas banget soalnya. Sampe dapet papan nama ini baru deh yakin akhirnya.


Eh, ternyata banyak yang jualan souvenir di sini, tapi jem udah nunjuk ke 05.30 sore...aduh entaran deh takut gak cukup waktu untuk explore semuanya.


Ternyata kompleks temple-nya tuh luas banget, gak nyangka aja. Sebelom sampai temple ada Liberation Pond berisi kura-kura. Tradisi China percaya kalo kura-kura adalah lambang umur panjang. Pembebasan spiritual terjadi ketika kura-kura ditangkap dan dilepas di kolam ini.


Sebelum sampai ke Pagoda, banyak bangunan yang didirikan seperti tempat pemujaan & toko-toko souvenir. 


Awal mulanya di tahun 1890 dan sampai sekarang pembangunan tidak pernah berhenti. Apalagi proyek ini mendapat dukungan dari perwakilan konsuler Cina di Penang & persetujuan dari Kaisar Manchu Kuang Hsi.


Pada tahun 1930 Pagoda ini diberi nama Rama VI, sebagai penghormatan bagi Raja Thailand yang meletakan batu pondasi. Tapi Pagoda ini lebih dikenal dengan nama Pagoda 10.000 Buddha.


Pagoda 7 tingkat ini menggabungkan dasar segi delapan China dengan tingkat menengah desain Thailand, Burma dan sebuah mahkota yang mencerminkan  Mahayana dan Theravada Buddhisme. Biaya masuk Pagoda ini adalah : 2 MYR.


Pengen tahu ada apa aja sih di dalam Pagoda, jadi naek lah gue ke atas. Di tiap tingkatnya ada patung Buddha yang berbeda dengan yang lainnya. Bahkan beberapa dindingnya juga bergambar Buddha. Lumayan ngeluarin energi untuk naik apalagi waktu sudah menunjukkan mau tutup, gue bergegas ke atas untuk melihat-lihat sejenak dan kembali turun. Pokoknya kesampean naek ke atas Pagoda karena memang landmarknya Kek Lok Si Temple, ya Pagodanya ini.


Pas turun, biksuni-nya sudah siap-siap mau gembok gerbangnya. Mati deh kalo ke kunci di sini semalaman



Penambahan terbaru di kompleks ini adalah patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30.2 M yang terbuka untuk umum pada akhir 2002. Sayang banget, pas gue ke sini sudah tutup. Jadi harus cukup puas melihatnya dari kejauhan. Padahal, pemandangan dari atas sana bagus banget. Untuk sampai ke Pavilion Kuan Yin ini bisa naek lift dengan biaya 2 MYR.


Perjalanan turun, toko-toko souvenirnya masih ada yang buka untungnya. Iseng nanya berapa dan nawar setengahnya untuk 2 barang. Pertamanya sih gak dapet, pura-pura jalan aja eh, dipanggil lagi deh. Lumayan kan. Trus nyoba lagi ke toko yang lain, dapet juga dengan harga sama. Sempet mikir apa gue yang salah nawar? Soalnya cepet banget langsung dikasih? Tapi setelah gue ke KL dan membandingkan untuk barang yang sama hasilnya jauh lebih murah waktu beli di sini. 



Dan seperti kepengen gue di awal, gue mau nyobain food street-nya. Nemu Asam Laksa, very popular in Malaysia. 

Okelah pesan satu mangkok. Pas lihat, beneran deh gak selera, kek makan mie lumpur soalnya hitam dan rasanya kecut-kecut gitu. Seperti ada rasa kecombrang. Gak tau juga deh. 

Apalagi lihat sisa-sisa makanan dari asam laksa yang gak kemakan sama pembeli lain. Mereka buang dalam satu wadah dan itu ada di depan gue. Iyuhhhhh...Makanan gue gak abis.



Pas nunggu bis yang bakal bawa gue kembali ke George Town, gue lihat pelangi. Wow...seemed to be blessed. What a wonderful journey, anyway...

Gue datang bukan pas Imlek sih, kalo iya pastinya bakal meriah dan lebih cantik lagi dengan lampion-lampion yang menjuntai. Menurut gue, Kek Lok Si Temple adalah tempat yang harus dikunjungi ketika berada di Penang. I love it...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...